Ciri-Ciri Ibu Hamil Sehat Dan Tips Sehat Bunda Ami

Ibu hamil sehat
Kondisi kehamilan Bunda memerlukan perhatian khusus yang super menguras emosi dan tenaga. Bunda memerlukan tindakan ini tidak hanya berguna bagi Bunda yang sedang hamil, tapi sekaligus untuk sang buah hati yang ada dalam perut Bunda. Berbgai pengalan dengan teman dalam kegiatan ibu hamil dapat membantu mencari referensi tentang tips yang bisa Bunda terapkan untuk menunjang kesehatan buah hati dan Bunda. Termasuk yang sedang jalani sekarang untuk mencari artikel berbagai tips tentang ibu hamil.

Semuanya Bunda lakukan semuanya demi kebaikan dan kesehatan ibu hamil. Dan beberapa ciri-ciri ibu hamil sehat akan Bunda kupas tuntas di artikel ini. Dan apa sajakah cirri ibu hamil sehat itu? Silahkan Bunda simak ulasan dibawah ini.

Bagaimanakah Ciri Ibu Hamil yang Sehat?

Ciri ibu hamil sehat dapat terlihat pada ciri fisik Bunda saat hamil. Beberapa ciri fisik sangat nyata kelihatan apakah kehamilan Bunda sehat ataukah tidak. dan dibawah ini beberapa kriteria ibu hamil hehat yang baik untuk Bunda simak.

Keluhan-Keluhan Sebagai Indikasi Kehamilan Bunda
Untuk ciri yang ini biasanya malah suami Bunda yang pusing sendiri. Karena tidak mengetahui apa yang dirasakan Bunda. Suami mau pegang ini salah, pegang itu salah, jadi serba dilema salah buat suami Bunda. Dan disinilah keunikan pasangan suami istri yang sedang menikmati masa kehamilan.

Tetapi apabila keluhan yang dirasakan Bunda masih bersifat fisiologis seperti mual di pagi hari, mudah lelah, kesemutan, atau susah buang air besar bukanlah kelainan kehamilan. Itu semuanya merupakan ciri-ciri yang lazim untuk Bunda pada masa kehamilan. Namun ada keluhan ibu hamil sehat berpengaruh pada kondisi fisik ibu hamil.

Misalnya ibu hamil pingsan, perdarahan, nyeri ulu hati berat, mata berkunang-kunang, mual-muntah hingga lemas, dan jantung berdebar-debar. Keluhan tersebut mengarah pada penyakit kehamilan tertentu yang harus diwaspadai. Dan jangan sungkan untuk segera berkonsultasi pada dokter ataupun bidan Bunda.

kesehatan ibu hamil

Periksa Tanda-Tanda Vital Bunda Di Puskesmas atau Dokter
Kesehatan ibu hamil tidak dilihat hanya dari ciri-ciri diatas. Bunda juga harus mengidentifikasi melalui tanda-tanda vital yang meliputi tekanan darah, suhu tubuh, denyut nadi permenit, dan pernafasan permenit. Ibu hamil sehat akan terlihat dari normalnya tanda vital tersebut.

Perhatikan Pembesaran Perut Bunda Saat Hamil
Ada sebuah teori ataupun pengalan yang menguatkan tentang hal ini. Dan berdasarkan teori mengenai pembesaran perut ibu hamil sehat terdapat ukuran khusus untuk menilai pembesaran perut ibu hamil sesuai usia kehamilan. Ukuran perut ibu hamil yang melebihi ukuran normal dikhawatirkan mengindikasikan kelainan seperti bayi besar, bayi kembar, ataupun kemungkinan lainnya.

Pergerakan Calon Buah Hati dalam perut Bunda
Bila bagi Bunda yang baru merasakan kehamilan untuk pertama kalinya mungkin agak tersiksa dengan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh calon buah hati di perut Bunda. Atau mungkin malah terlihat lucu, kaget dan sebagainya. Karena gerakan-gerakan calon bayi pada perut Bunda hamil menunjukkan adanya perkembangan motorik dan saraf otak yang merupakan tanda ibu hamil sehat. Karena jika janin tidak mengalami pergerakan selama beberapa hari, malah ini menjadi pertimbangan Bunda, dan sebaiknya Bunda memeriksakanya ke dokter atau bidan langganan Bunda.

Beberapa Tips Bunda untuk Ibu Hamil Sehat

Tips ibu hamil sehat ini baik untuk Bunda lakuin demi kesehatan ibu hamil yang berkelanjutan sampai Bunda melahirkan dengan baik dan buah hati yang sehat pula. Hal ini sangat menunjang Bunda dalam kesehatan masa kehamilan. Hal dasar yang wajib bagi seorang ibu hamil yang memperhatikan kehamilannya alangkah baiknya memperhatikan tips-tips dibawah ini.

  • Memeriksakan Kandungan Bunda secara rutin ke ahlinya
    Untuk mengetahui kesehatan ibu hamil sebaiknya sangat dianjurkan untuk Bunda lakukan secara rutin setiap bulannya. Ini bertujuan untuk mengontrol kesehatan ibu hamil dan calon buah hati dalam kandungan Bunda. Supaya apabila ada masalah atau terjadi gangguan kehamilan dapat segera diketahui dan cepat dapat solusi dari sang ahli untuk dapat diambil penanganannya dengan tepat.
  • Mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang banyak mengandung nutrisi terbaik. Untuk Bunda yang sedang dalam masa kehamilan sangat membutuhkan gizi dan nutrisi lebih banyak dibanding Bunda yang tidak dalam kondisi hamil. Oleh sebab itu untuk bisa dikatakan ibu hamil sehat dianjurkan untuk memperbanyak asupan nutrisi dan gizi yang banyak untuk kehamilan Bunda dan tumbuh kembang calon sang buah hati.

merokok saat ibu hamil

  • Merokok. Terkena asap rokok saja sudah merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil. Apalagi sampai merokok saat hamil. Ini sangat sangat harus Bunda hindari, ingat Bunda sedang hamil dan tidak sendiri, tetapi ada yang istimewa dalam perut Bunda. Jadi, hilangkan untuk hobi yang satu ini, khususnya untuk kesehatan ibu hamil.
  • Istirahat yang cukup
    Lakukan aktivitas istirahat yang cukup saat hamil ya Bunda, ini akan sangat baik bagi Bunda dan kehamilan Bunda untuk menjaga agar kehamilan Bunda sehat.
  • Olah Raga setiap pagi
    Lakukanlah aktivitas olah raga untuk Bunda yang sedang masa kehamilan minimal 15 menit setiap pagi. Dan aktivitas olahraga ibu hamil seperti jalan pagi yang sehat, senam hamil adalah olahraga yang paling dianjurkan untuk Bunda yang sedang dalam masa kehamilan.

Beberapa tips di atas semoga bermanfaat bagi Bunda. Untuk Bunda terapkan dalam masa-masa yang paling penuh penantian yang menggembirakan, yaitu masa kehamilan Bunda. Ibu hamil sehat tetap merupakan harapan setiap bunda.

Selalu jaga apa yang seharuskan Bunda jaga. Karena tidak semua wanita bisa merasakan seperti yang Bunda rasakan sekarang. Jadilah ibu yang sesungguhnya dan bijaksana dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan calon si buah hati.