Si Orange dan Si Hijau Menu Makanan Bayi Sebagai Tameng Tubuh

menu makanan bayi

Asupan makan sangat penting bagi kehidupan sehari-hari untuk setiap kalangan. Asupan makanan tersebut juga berbeda-beda  jika diukur dari usia maupun kebutuhan tubuh masing-masing. Makanan bagi setiap orang juga harus terdapat nilai gizi yang baik bagi tubuh dan tidak merusak atau bahkan memberikan efek negatif bagi tubuh.

Misalnya asupan makanan bayi. Hal itu tentunya membutuhkan perlakuan khusus dengan kandungan nutrisi dari bahan makanan tersebut yang lebih banyak karena untuk menunjang pertumbuhan bagi si bayi.

Menu makanan bayi yang perlu Bunda ketahui tidak harus selalu mahal ataupun mempunyai merek dsgsng yang terkenal yang harus Bunda beli ataupun harus di datangkan dari luar negeri untuk memberikan nutrisi yang terbaik untuk kesehatan bayi Bunda. Makanan bayi dapat dibuat dengan bahan yang ada disekitar kita seperti wortel, brokoli sesuai kreatif Bunda, dan lain-lain yang banyak dijual dipasar-pasar. Wortel, brokoli tersebut dapat dijadikan bahan tambahan untuk olahan bubur untuk konsumsi makanan bayi.

Bubur Sebagai Menu Makanan Bayi Dengan Bahan Murah Namun Banyak Nutrisi

Pengolahan bubur sebagai menu makanan bayi ini disesuaikan dengan kondisi bayi yang belum memiliki gigi secara sempurna yang dimiliki oleh orang dewasa. Bubur tersebut telah dikenal sejak dari dulu yang sekarang telah dikembangkan dalam bentuk instan dan tentunya yang banyak mengandung bahan-bahan kimia di dalamnya yang kurang baik bagi tubuh jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

Oleh karena itu, untuk menghindari adanya bahan-bahan kimia tersebut, dapat diatasi dengan membuatnya sendiri dengan bahan ada di sekitar kita seperti di pasar-pasar tradisional.

Bubur bayi tersebut sangat baik bagi kesehatan bayi karena tanpa mengandung MSG atau bahan kimia lainnya. MSG dalam olahan makanan dapat merugikan bagi kesehatan terutama pada tumbuh kembang seorang bayi seperti mempengaruhi kerja otak bagi di bayi. oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran bagi sang ibu untuk memberikan asupan nutrisi yang baik. Bubur dengan campuran sayuran menjadi solusi yang tepat sebagai menu makanan bayi.

Pada dasarnya bubur ini merupakan nasi yang dibuat bubur tetapi untuk menambah nilai gizi bubur tersebut maka ditambahkan dengan bahan-bahan seperti wortel maupun brokoli tersebut yang hanya ditambahkan garam secukupnya untuk menambahkan rasa dalam bubur tersebut. Sudah terbukti bahwa sayuran seperti wortel maupun brokoli memiliki kandungan yang sangat bagus. Sayur-sayur tersebut memiliki warna yang sangat menarik.

Umumnya buah maupun sayur yang memiliki warna yang cerah terdapat senyawa antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh si bayi.

bubur wortel makanan bayi

Kandungan Nutrisi dalam Wortel dan Brokoli Banyak diperlukan oleh Tubuh Bayi

Banyak manfaat lain dari sayur-sayur tersebut yang telah dibuktikan oleh para peneliti. Kekebalan tubuh menjadi hal yang sangat penting terutama bagi bayi yang masih memerlukan perlindungan yang berasal dari makanan, vaksin maupun asupan lainnya. Dengan begitu, si bayi tidak mudah terserang penyakit.

Dalam pembuatan bubur tersebut, harus memperhatikan gizi yang terkandung dalam sayuran tersebut. Takaran dalam pembuatan bubur tersebut juga harus memperhatikan kebutuhan si bayi. Misalnya dalam mengolah atau merebus wortel dan brokoli tidak dalam waktu lama.

Pada umumnya buah maupun sayur yang direbus dalam jangka waktu yang lama akan mengurangi nilai gizi dalam sayuran tersebut. Jadi dengan kata lain perebusan dilakukan hanya untuk membuat layu sayuran atau mengurangi bau sayuran yang tidak disukai banyak orang.

bubur brokoli makanan bayi

Pembuatan Bubur Wortel dan Brokoli

Dalam pembuatannya dapat dilakukan sebagai berikut; pertama, rebus semua bahan yang ada yaitu beras, wortel serta brokoli. Dalam merebus nasi usahakan menambahkan air yang banyak layaknya membuat bubur. Seperti yang telah di jelaskan dalam merebus sayuran jangan dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Setelah terebus semua, sayuran tersebut dicincang dan dicampurkan serta ditambahkan dengan garam secukupnya. Dalam penambahan garam selain sebagai menambah rasa juga memberikan ion tambahan bagi bubur si bayi. garam yang diguanakan merupakan garam beryodium yang sangat dibutuhkan bagi semua orang terutama seorang bayi.

Kualitas bubur tersebut sudah tidak diragukan lagi karena banyak manfaat yang di dapat dengan pengolahan yang baik dan tepat. Tidak adanya bahan pengawet menjadi nilai plus  tersendiri. dengan begitu tidak ada rasa kekhawatiran bagi si ibu dalam memberikan makanan bagi si bayi. Makanan bayi ini juga dapat dikonsumsi secara sering yang divariasi dengan sayur-sayur lainnya. Hal itu juga diimbangi dengan susu ataupun olahan yang mengandung nilai gizi yang tinggi yang tentunya menambah kekebalan tubuh seorang bayi.

Demikian sedikit tips menu makanan bayi yang murahuntuk buah hati Bunda. Semoga bermanfaat, dan terima kasih telah berkunjung.