Hal yang Mempengaruhi Kesehatan ibu hamil Efek dan Solusi untuk Bunda

kesehatan ibu hamil

Hamil atau mengandung adalah momen yang sangat dinantikan bagi setiap wanita terutama bagi mereka yang telah menikah. Untuk setiap ibu hamil tentunya harus bisa menjaga kesehatan yang dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan dokter secara rutin. Umumnya pemeriksaan dilakukan minimal setiap trimester. Hal itu juga untuk melihat kondisi si bayi dalam keadaan baik.

Kesehatan janin dalam kandungan juga sangat dipengaruhi oleh kesehatan ibu hamil itu sendiri. Terkadang masih banyak calon ibu yang mengabaikan kesehatan pada masa-masa hamil. Hal ini juga bukan semata-mata kesalahan dari ibu hamil itu sendiri. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan faktor yang tidak dapat dihindari adalah faktor hormon yang ditandai dengan berbagai gejala mulai dari pusing, mual, nafsu makan hilang, gangguan pencernaan dan gangguan-gangguan lainnya.

Selain itu, gangguan psikologis sering terjadi pada ibu hamil yang ditandai dengan seringnya marah-marah atau bahkan murung yang tidak diketahui sebab permasalahannya.

Telah disebutkan bahwa kesehatan ibu hamil merupakan penunjang kesehatan janin dalam kandungan. Tetapi sehat atau tidaknya saat hamil tidak semata-mata diakibatkan oleh faktor luar atau asupan makanan yang dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Kesehatan ibu hamil dapat dipengaruhi oleh faktor luar dan faktor dalam.

Pengaruh adanya bahan kimia yang dikonsumsi oleh ibu hamil mungkin tidak langsung terlihat jelas, tetapi memiliki efek jangka panjang terhadap perkembangan bayi dalam rahim. Dalam hal itu dapat dilengkapi dengan susu formula khusus ibu hamil.

Alternatif yang dilakukan saat masa-masa kehamilan yaitu dengan mengkonsumsi susu formula khusus ibu hamil. Susu formula khusus ibu hamil saat ini sangat mudah dijumpai di berbagai di pasaran. Bahkan banyak variasi rasa yang bisa menjadi pilihan sesuai dengan selera masing-masing ibu hamil.

Biasanya susu formula yang ada dilengkapi dengan komposisi yang baik bagi ibu hamil itu sendiri maupun perkembangan janin dalam rahim. Di jaman sekarang ini, telah banyak inovasi atau telah dikembangkannya produk-produk susu khusus ibu hamil.

Pengembangan-pengembangan ini tentunya demi tumbuh kembang sang janin tanpa mengabaikan kesehatan sang ibu itu sendiri. Hal ini juga harus kembali ke pernyataan awal bahwa harus adanya konsumsi yang seimbang seperti sayuran dan buah-buahan serta ikan atau daging sebagai sumber protein.

Faktor luar yang mempengaruhi kesehatan ibu hamil

makanan sehat untuk ibu hamil

Faktor luar yang utama bagi kesehatan ibu hamil berasal dari konsumsi makanan sehari-hari. Makanan untuk ibu hamil yang baik yaitu makanan yang banyak mengandung nilai gizi yang sangat baik serta tidak mengandung banyak bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan bila di konsumsi secara terus menerus.

Selain itu, lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh bagi kesehatan ibu hamil. Contohnya dukungan serta perhatian dari orang-orang di sekitar yang dapat mempengaruhi psikologi ibu hamil itu sendiri. Dukungan-dukungan ini bisa dari orang tua atau bahkan dukungan dari sang suami yang sangat berperan penting. Mungkin hal ini ada beberapa calon ibu yang bisa mandiri tetapi banyak juga calon ibu yang sangat membutuhkannya.

Faktor-faktor dari dalam yang mempengarui kesehatan ibu hamil

Sedangkan faktor dalam yaitu hormon. Hormon ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil. Pengaruh hormon ini pada masing-masing individu memiliki respon yang berbeda-beda. Misalnya terjadi gangguan pencernaan pada saat kehamilan. Gangguan ini sangat sering dialami oleh para ibu hamil.

kesehatan ibu hamil

Hal ini sangat dimungkinkan oleh konsumsi makanan yang kurang sesuai yang dikarenakan hormon. Maksudnya adalah hormon ini berperan mempengaruhi nafsu makan. Pada kondisi ini, biasanya ibu hamil tersebut tidak memiliki keinginan untuk makan. Tetapi, kondisi ini tentunya tidak dialami oleh semua ibu hamil. Bahkan kebalikannya ada ibu hamil yang nafsu makannya bertambah.

Kesehatan ibu hamil juga dapat ditingkatkan dengan sering melakukan relaksasi untuk menghindari stress atau gangguan psikologi. Karena sangat tidak jarang bahwa ibu hamil itu mengalami gangguan psikologis. Gangguan ini kembali lagi berhubungan dengan adanya hormon yang sering berubah pada diri ibu hamil.

Selain relaksasi, juga dapat dilakukan dengan berjalan tanpa alas kaki setiap pagi hari atau senam khusus ibu hamil. Relaksasi atau senam khusus ini dapat dilakukan di rumah sendiri atau tempat perkumpulan senam khusus ibu hamil.