Tips Tentang Ibu Hamil Mengatasi Keputihan

keputihan pada ibu hamil

Membahas kebahagiaan tentang ibu hamil memang tiada habisnya. Banyak cerita yang akan Bunda ceritakan dan berbagi pengalaman tentang ibu hamil yang penuh perjuangan. Perlu di ketahui juga banyak gangguan penyakit yang mengintai Bunda pada saat awal kehamilan. Jadi, berhati-hatilah dalam menjaga kesehatan ibu hamil, terutama bagi Bunda yang baru mengalami awal masa kehamilan.

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana tips mengatasi keputihan saat kehamilan alangkah lebih Bunda membahas sebab-sebab datangnya keputihan menghampiri Bunda saat hamil. Karena Bunda yang baru mengindap keputihan tidak mengeluhkan bahwa kehamilan dalam keadaan yang sehat. Dan anggapannya bahwa itu merupakan hal biasa dan tidak mengganggu kesehatan ibu hamil. Apabila Bunda merasakan hal tersebut sampai masa yang lama akan membahayakan loh Bunda, di sadari atau tidak keputihan saat ibu hamil sangat berbahaya untuk kesehatan kehamilan Bunda.

Kenapa kok masalah keputihan mudah menyerang ibu hamil? Karena pada masa kehamilan Bunda terjadi perubahan hormonal yang mengakibatkan peningkatan produksi cairan dalam tubuh Bunda dan begitu turun drastisnya  kadar keasaman pada area kewanitaan Bunda yang dimana akan mengakibatkan datangnya keputihan melanda Bunda. Yang lebih mencengangkannya lagi sebagian Bunda yang sedang dalam masa awal kehamilan tidak menyadari ataupun mengeluh tentang keputihan yang dideritanya.

Bahaya-bahaya apa saja sih yang ditimbulkan oleh keputihan?

Yang paling sering terjadi kasus bahaya keputihan ibu hamil adalah persalinan prematur atau persalinan yang terjadi sebelum waktunya. Ini karena keputihan pada masa kehamilan dapat menyebabkan ketuban pecah sebelum pada waktunya serta kelahiran bayi dengan berat yang relatif mini atau kecil tidak sesuai dengan bobot bayi normal pada umumnya.

Sangat disarankan sekali apabila masalah besar ini di alami untuk segera melakukan pemeriksaan kandungan, karena keputihan telah bersarang di dalam kehamilan Bunda. Jangan sampai terlambat untuk mengatasinya untuk masalah keputihan karena bisa berakibat fatal. Indikasi yang nyata bahwa keputihan Bunda telah parah adalah daerah kewanitaan Bunda mengeluarkan bau yang tidak sedap menyengat.

Adapaun beberapa bahaya keputihan ibu hamil dimana telah menjadi referensi bahaya keputihan di dunia internasional yang rata-rata wanita di dunia yang mengindap keputihan itu menyerang bagian-bagian yang sangat sensitif wanita dan sangat membahayakan untuk kesehatan ibu hamil.

bahaya keputihan ibu hamil

Yang pertama adalah Kandidosis Vulvovaginal. Bahaya Keputihan Kandidosis vulvovaginal terjadi disebabkan karena pertumbuhan berlebihan sel-sel jamur. Keadaan yang paling memudahkan Bunda untuk yang ini adalah kehamilan. Sedangkan hal-hal lainnya seperti; pemakaian antibiotika berlebihan, menstruasi, diabetes mellitus serta penyakit-penyakit lainnya  yang dapat menurunkan daya kekebalan tubuh. Gejala yang timbul akibat bahaya ini antara lain; cairan kental, berbau sangat tajam dan disertai dengan rasa gatal akibat cairan keputihan sudah mengiritasi daerah sensistif wanita.

Untuk yang selanjutnya adalah bahaya keputihan Vaginosis Bakterialis yang disebabkan oleh berkurangnya jumlah laktobasili normal yang merupakan efek dari perubahan ekosistem di wilayah kewanitaan Bunda. Dan untuk ibu hamil cenderung lebih mudah terkena dibandingkan dengan Bunda yang tidak dalam kondisi hamil. Munculnya cairan kental dan berbau sangat tajam merupakan indikasi yang nyata bahwa virus ini sudah merasuki daerah kewanitaan Bunda. Dan pada kondisi rasa gatal yang terlalu akan timbul di daerah sensitif Bunda tersebut.

Dan yang terakhir bahaya keputihan Trikomoniasi. Ini adalah berupa jamur yang mempunyai sifat flagel, pada manusia biasanya terdapat di saluran kemih. Keputihan jenis ini ditularkan pada umumnya melalui hubungan bunda dengan suami. Dan gejala yang timbul berupa iritasi pada area genital, rasa panas, gatal dan nyeri yang dapat terasa di daerah vulva dan paha, dapat pula disertai nyeri saat melakukan hubungan suami istri. Tanda yang nyata untuk Trikomoniasis akan keluarnya cairan keputihan yang berbuih dan berwarna putih keabuan atau berwarna kuning kotor kehijauan serta berbau busuk yang sangat menyengat.

Dan inilah Tips cantik untuk mengatasi masalah keputihan pada kehamilan Bunda

  • Menjaga kebersihan¬† area sensitif terutama setelah mandi dan buang air kecil, apalagi untuk Bunda yang sedang dalam masa hamil untuk menghindari tumbuhnya jamur, dan biasakan membersihkan area kewanitaan dengan arah depan ke belakang. Karena saat ibu hamil lekuk kulit banyak yang susah di jangkau untuk membersihkannya.
  • Usahakan organ kewanitaan Bunda tetap kering dalam kondisi apapun. Dan bila habis mandi hendaklah di lap memakai bahan yang mudah menyerap air.
  • Hindari penggunaan sabun pembersih dan pewangi untuk daerah kewanitaan
  • Jangan sungkan konsultasikan masalah yang timbul indikasi tentang keputihan dengan dokter.

Dan demikian pengetahuan tentang keputihan pada ibu hamil. Sebab timbulnya keputihan serta bagaimana ngerinya bahaya yang akan muncul bila Bunda tidak mengetahuinya. Namun bunda dapat tenang karena bisa bagaiman tips cantik diatas bisa membantu Bunda untuk mencegah serangan keputihan ibu hamil. Semoga bermanfaat untuk bunda dan terima kasih.