Bagaimana Memilih Susu Formula Untuk Ibu Hamil Yang Baik dan Benar?

ibu hamil sehat

Selamat datang masa kehamilan, masa yang sangat penting dalam memperhatikan nutrisi yang harus diperoleh ibu hamil. Demi janin yang tumbuh dengan sehat dalam kandungan, tak jarang mengonsumsi susu khusus ibu hamil sebagai gizi tambahan di masa kehamilan juga dianjurkan.

Dengan meminum susu formula untuk ibu hamil secara rutin, maka nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan calon buah hati dapat terpenuhi dengan sangat mudah. Untuk itu, sebagian besar dokter menyarankan Bunda yang sedang mengandung untuk mengkonsumsi susu formula ibu hamil agar bayi dapat lahir dengan sempurna dan sehat.

Dari sekian banyaknya susu khusus ibu hamil yang beredar di pasaran, Bunda harus lebih pintar dalam memilih yang terbaik bagi masa kehamilan. Tidak hanya harus enak diminum, susu ibu hamil juga harus memenuhi nutrisi seimbang yang dibutuhkan bunda dan calon buah hati agar dapat tumbuh secara optimal hingga kelahiran nanti. Maka, Bunda juga wajib memperhatikan secara cermat nilai gizi dan kandungan dalam susu ibu hamil yang wajib dikonsumsi selama masa kehamilan.

Sebaiknya pilih susu khusus ibu hamil yang diperkaya dengan vitamin, DHA, asam folat, zat besi, dan berbagai zat lain yang bermanfaat bagi tumbuh kembang janin.

4 Unsur Nutrisi Penting yang Wajib Bunda Ketahui Dalam Memilih Susu Formula

Nutrisi apa sajakah yang sebaiknya Bunda ketahui secara lengkap yang dapat diserap tubuh secara optimal selama masa kehamilan dalam kandungan susu formula untuk ibu hamil?. Simak ulasan dibawah ini.

Vitamin dan mineral

Unsur dasar yang sangat penting sebagai pondasi nutrisi utama untuk kesehatan ibu hamil dan kehamilannya. Kebutuhan harian vitamin serta mineral bagi Bunda dan calon buah hati dapat terpenuhi oleh kedua nutrisi ini. Apabila selama masa kehamilan, Bunda akan lebih sering merasa letih dan lemas dibandingkan sebelum mengandung. Hal tersebut merupakan indikasi bahwa Bunda kurang asupan nutrisi yang mengandung dua nutrisi ini yang tak terpisahkan.

Yang fungsinya, apabila ibu hamil mendapatkan asupan yang cukup untuk vitamin dan mineral adalah untuk  menjaga daya tahan tubuh Bunda serta membantu mengoptimalkan tumbuh kembang calon buah hati. Hal ini akan berimbas juga kepaada calon buah hati di dalamnya yang lama kelamaan janin bisa melemah dan potensi Bunda mengalami keguguran menjadi semakin tinggi. Oleh karena itu, vitamin dan mineral dianggap memiliki peranan yang sangat penting dalam masa kehamilan oleh para dokter dan ahli-ahli kandungan lainnya.

susu formula ibu hamil
Sumber Gambar: id.wikipedia.org

DHA

Tidak cukup hanya vitamin dan mineral yang diperlukan Bunda saat hamil dalam memilih susu formula, di dalamnya juga hatus mengandung DHA yang bisa membantu janin agar semakin kuat dalam kandungan di masa kehamilan. DHA dapat ditemukan di setiap bagian tubuh, tetapi paling banyak terdapat di otak. Tidak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan otak janin saja, DHA juga penting bagi kesehatan matanya di masa depan, dan juga baik bagi sistem sarafnya.

Saat Bunda mencapai pada masa kehamilan trimester ketiga, DHA menjadi nutrisi yang wajib karena di saat itulah tumbuh kembang otak terjadi. Jika pada masa kehamilan Bunda mengonsumsi DHA yang cukup, menjadikan calon si buah hati lahir dengan sehat dan cerdas.

Asam Folat

Mengapa asam folat dianggap sangat penting? Asam folat berfungsi untuk membentuk tabung saraf yang merupakan awal dari pertumbuhan otak bayi di dalam kandungan. Kekurangan asam folat selama masa kehamilan dapat memberi dampak buruk untuk janin karena akan mengakibatkan cacat tabung saraf saat bayi lahir. Cacat tabung saraf ini akan mempengaruhi tampilan fisik dan juga keadaan mental anak.

Oleh karena itu, Bunda harus memperhatikan apa saja asupan nutrisi yang baik sejak dini bahkan sebelum masa kehamilan, terutama yang mengandung asam folat. Ini diperlukan agar buah hati Bunda lahir dengan otak yang sempurna dan tumbuh cerdas di masa depan.

Zat Besi 

Mengapa zat besi dianggap sangat penting? Seberapa penting kah zat besi untuk kesehatan ibu hamil? Tahukah Bunda bagaimana cara tubuh menghantarkan nutrisi penting bagi pertumbuhan pada janin? Makanan yang dikonsumsi Bunda akan diubah sedemikian rupa sehingga dapat dibawa oleh darah yang akan menembus plasenta lalu diserap oleh janin. Oleh sebab itu, darah menjadi penghantar yang sangat penting bagi saat kehamilan berlangsung.

Dalam susu formula yang mengandung nutrisi zat besi sangat berguna bagi pembentukan hemoglobin yang berfungsi sebagai pembawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh melalui sel-sel darah merah.
Adanya zat besi yang cukup akan sangat membantu proses pertumbuhan janin dalam kandungan agar bisa memperoleh asupan oksigen yang cukup. Jika pasokan oksigen terhambat, maka janin yang dalam kandungan Bunda bisa mengalami kelainan, seperti cerebral palsy, penyakit jantung setelah kelahiran, sampai meninggalnya janin dalam kandungan.

Selain itu, zat besi yang menjadi penyedia sel-sel darah merah sangat berguna untuk menyalurkan makanan bayi dalam bentuk nutrisi yang akan dialirkan hingga menembus plasenta melalui darah. Asupan nutrisi bagi janin juga tentunya akan terganggu jika Bunda tidak mendapat zat besi yang cukup. Oleh sebab itu, jika terjadi kekurangan zat besi, Bunda dapat terkena anemia yang akan menyebabkan terhambatnya asupan nutrisi bagi calon buah hati.

Pilihlah susu formula yang terbaik yang sesuai criteria 4 nutrisi penting untuk kesehatan ibu hamil untuk asupan pelengkap masa kehamilan Bunda. Pintar memilih dan bijaksana adalah ciri ibu yang cerdas. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Bunda, dan terima kasih telah berkunjung ke artikel ini. Salam sehat untuk Bunda dan calon buah hati.