Ibu Hamil Sehat Walaupun Tetap Bekerja, Why Not?

Saat Bunda sudah berada dalam sebuah sistem pekerjaan rutin yang tidak bisa mengambil masa cuti kehamilan sewaktu-waktu, maka Bunda harus lah selalu pintar dalam mengatur jadwal catatan kecil Bunda. Bekerja dalam kondisi tidak dalam keadaan hamil saja sudah menguras tenaga, apalagi bekerja dalam kondisi ibu hamil yang sangat banyak sekali pengaruhnya untuk ibu hamil.

Kehamilan bunda adalah hal yang tidak menghalangi untuk tetap bekerja. Saat ini banyak sekali wanita karir yang tetap bekerja walaupun mereka sedang hamil. Namun tetap memperhatikan kehamilannya. Jika kondisi Ibu dan janin dalam keadaan baik dengan kehamilan normal tidak ada salahnya jika Ibu tetap bekerja seperti biasa. Namun memang harus diperhatikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil sehat,  Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil jika masih ingin tetap bekerja.

ibu hamil saat bekerja

Faktor mudah lelah, emosi yang tidak stabil saat hamil menjadi faktor penting dalam bunda melihat kondisi Bunda yang sedang hamil. Berkarir merupakan hal yang penting karena dunia kerja bukan hanya untuk kaum pria saja melainkan wanita juga berhak terlibat.

Ibu hamil biasanya sangat lebih sensitif dan hal ini biasanya sangat berpengaruh di tempat kerja. Selama trimester pertama sampai trimester ketiga ibu hamil sering merasa kelelahan, ketidaknyamanan dan pelupa. Untuk menjaga profesionalitas dalam bekerja, cobalah untuk tidak mudah mengeluh atau berbicara terlalu banyak tentang kehamilan Bunda karena itu bisa jadi bumerang bagi Bunda sendiri. Terlebih jika rekan atau atasan Bunda tidak terlalu menyukai kehamilan Bunda.

Banyak hal yang harus dilakukan oleh wanita karir selama menjalani kehamilan. Salah satu hal yang sangat dianjurkan yaitu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Dan yang sangat perlu Bunda perhatikan dalam menjalani masa kehamilan walaupun tetap bekerja adalah kesehatan Bunda sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

2 Hal penting yang harus Ibu Hamil lakukan saat bekerja

makanan sehat untuk ibu hamil

Yang pertama, Bunda harus memperhatikan pola makan dengan nutrisi yang cukup apabila Bunda hamil tetapi tetap bekerja di luar rumah. Namun Bunda harus perhatikan asupan makanan, konsumsi 3 sampai 5 jenis makanan sehat untuk ibu hamil dalam sehari. Selain itu juga perlu konsumsi makanan ringan bergizi seperti irisan sayuran, buah-buahan, yoghurt, kacang-kacangan, kecambah, kedelai, susu dan produk telur. Jangan biasakan makan cemilan yang tidak sehat saat Bunda bekerja, ataupun dalam posisi di lingkungan rumah sekalipun cemilan yang tidak sehat tidak baik untuk Bunda konsumsi sebaiknya di hindari.

Yang kedua, Untuk menghindari dehidrasi karena aktivitas yang tinggi karena kehamilan bagi wanita hamil, maka penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda selama bekerja dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari. Namun apabila Anda merasa bosan maka bisa menggantinya dengan susu atau jus buah yang rendah gula. Kekurangan cairan pada waktu hamil bisa menyebabkan dehidrasi sehingga membahayakan kesehatan janin. Oleh karena itu, konsumsilah air putih secara rutin selama Bunda bekerja. Dan bila perlu mengkonsumsi susu formula ibu hamil yang cukup untuk mengimbangi kesehatan ibu hamil.

Makanan ringan yang sehat untuk ibu hamil saat di Kantor

Bunda faham kan?, bahwa Ibu hamil biasanya lebih mudah lapar, terlebih lagi ketika bekerja. Maka dari itu disarankan bagi ibu hamil untuk membawa cemilan sehat ke kantor. Makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil yaitu roti gandum, biskuit, buah-buahan dan makanan sehat ibu hamill lainnya. Cemilan sehat sangat berguna untuk wanita karir yang sedang hamil dalam menunjang ibu hamil yang sehat dan janin.