Kenapa Harus Konsumsi Buah Untuk Ibu Hamil?

Buah-buahan untuk ibu hamil sehat

Selain mendapatkan nutrisi  utama makanan sehat untuk ibu hamil, disarankan untuk Bunda memberikan asupan tambahan makanan sehat  lainnya. Seperti halnya buah-buahan. Banyak sekali macam-macam buah yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Ada sebagian Bunda saat memasuki masa kehamilan sangat suka mengkonsumsi buah-buahan. Hal itu sangat baik untuk Bunda dan kehamilan Bunda, namun catatan penting yang harus Bunda ketahui adalah buah-buahan yang Bunda konsumsi benar atau tidak saat hamil? Artinya boleh disarankan untuk dikonsumsi atau tidak oleh ahli gizi untuk di konsumsi ibu hamil sehat.

Maka dari itu, Bunda wajib paham mengenai buah-buahan yang boleh dan tidak untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Sebelum membicarakan hal tersebut, alangkah baiknya Bunda jelasin bahan yang terkandung di dalam buah yang baik dan yang tidak baik untuk Bunda konsumsi saat masa kehamilan.

Kandungan dalam buah yang baik untuk di konsumsi untuk ibu hamil

Kebutuhan nutrisi yang Bunda konsumsi dari buah-buahan sangat banyak. Di antaranya adalah buah yang mengandung nutrisi yang cukup di antaranya adalah:

buah pisang untuk kesehatan ibu hamil

Vitamin A
Vitamin A biasa berfungsi sebagai daya tahan tubuh sang ibu untuk menghindari rasa kelelahan untuk ibu hamil. Bunda akan mendapatkan nutrisi penting ini apabila mengkonsumsi buah pisang atau papaya. Buah yang sangat banyak ditemui disekitar kita ini ternyata mempunyai nutrisi yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan vitamin A untuk ibu hamil.

Vitamin B1
Untuk buah-buahan yang banyak mengandung nutrisi ini terdapat pada buah anggur atau semangka. Karena vitamin B1 berguna untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi morning sickness. Selain itu, vitamin B1 mempunyai peran yang sangat penting untuk menyiapkan produksi ASI setelah melahirkan calon buah hati.

Vitamin B2
Vitamin ini yang membantu tubuh kita memproduksi energi dalam sel, memproduksi sel-sel darah merah, dan mengolah nutrisi dalam sistem kardiovaskular Kita. Jika tubuh kita kekurangan vitamin B2, maka bisa mengalami sariawan, sakit tenggorokan, radang mulut, anemia, bahkan kekurangan zat besi. Sedangkan untuk awal kehamilan, vitamin ini sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan embrio. Untuk vitamin B2 banyak terdapat pada sayur-sayuran, namun apabila Bunda suka mengkonsumsi tomat ataupun jus tomat juga sangat baik untuk nutrisi ini saat masa kehamilan Bunda.

Vitamin B3
Untuk buah yang mengandung vitamin B3 banyak terkandung pada buah mangga. Buah yang sering sekali di cari walaupun tidak musim. Maka berbahagialah Bunda hidup di Negara Indonesia yang begitu banyak buah yang walaupun tidak musim, masih bisa menikmatinya.

Untuk usia awal kehamilan vitamin ini sangat penting untuk mengurangi rasa mual dan juga dapat membantu perkembangan otak calon bayi.

Vitamin B5
Kegunaan nutrini ini adalah untuk menjaga kebutuhan sel darah merah di dalam tubuh ibu hamil. Dan vitamin B5 dapat Bunda peroleh dengan mengkonsumsi buah alpukat.

Vitamin B6
Sebenarnya sama hal nya dengan vitamin B5 untuk dapat Bunda memperoleh nutrisi ini. Vitamin ini juga bisa disebut dengan nama piridoksin yang dapat membantu sang ibu dalam mengubah lemak menjadi energi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah melon adalah salah satu buah yang dapat Bunda konsumsi untuk memperoleh nutrisi vitamin ini. Melon adalah buah yang berwarna hijau dengan daging buah juga berwarna hijau. Ada juga yang berwarna kuning daging buahnya. Buah melon termasuk buah yang banyak mengandung vitamin dan juga kaya akan air.

buah untuk ibu hamil

Vitamin C
Buah jeruk, leci, strawberry dan manggis adalah beberapa dari banyak buah-buahan yang dapat Bunda konsumsi untuk mendapatkan nutrisi ini. Vitamin ini dapat larut dalam air sehingga dapat menjaga kekebalan tubuh sebagai antioksidan alami. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi.

Vitamin E
Papaya merupakan buah yang banyak mengandung nutrisi ini. Badan kaku dan peregangan pada masa kehamilan dapat dikurangi oleh vitamin E. Selain itu, vitamin ini dapat menjaga asam lemak yang dibutuhkan oleh calon bayi.

Vitamin K
Buah kiwi dan dan anggur banyak mengandung vitamin K yang diperlukan saat ibu hamil. Dan untuk ibu hamil itu sendiri vitamin K disebut juga Koagulasi yang berfungsi untuk mencegah pendarahan pada bayi serta dapat menjaga kepadatan tulang pada ibu hamil.

Buah-buahan yang tidak di anjurkan untuk di konsumsi saat masa kehamilan

Selain buah-buahan yang dianjurkan tentunya ada juga buah-buahan yang tidak dianjurkan untuk di konsumsi untuk ibu hamil. Dan untuk mengetahui buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil silahkan Bunda simak ulasan di bawah ini.

Buah Nanas
Kenapa buah ini selalu menjadi momok menakutkan untuk ibu hamil? Terutama hamil muda? Ya Bunda, sebab buah nanas merupakan buah yang banyak mengandung zat bromelai yang sangat tinggi. Zat ini bisa melunakkan leher rahim anda dan bisa menyebabkan bayi anda lahir prematur pada persalinan dini. Ini yang sering memacu terjadinya keguguran, maka alangkah baiknya untuk menghindari mengkonsumsi buah ini saat hamil, terlebih lagi untuk Bunda yang masih masa awal kehamilan.

Buah Durian atau Duren
Untuk Bunda yang maniak dengan buah yang satu ini, hendaknya menghindari saat masa kehamilan. Walaupun buah ini banyak juga yang diperlukan untuk menambah nutrisi ibu hamil, namun ada kandungan lain dalam buah ini yang Bunda harus mengetahuinya. Dan apakah itu? Dalam buah durian atau duren memiliki kanduangan zat yang di sebut asam arachidonat dimana senyawa tersebut adalah senyawa kimia yang dapat memicu terbentunya prostaglandin. Untuk prostagladin sendiri merupakan senyawa yang dapat merangsang kontraksi pada rahim anda. Ini akan menimbulkan dampak buruk yang sangat berbahaya bagi janin anda yaitu keguguran.