Perlukah Ibu Hamil Konsumsi Suplemen atau Vitamin, Kenapa?

Tidak usah tergesa-gesa untuk Bunda yang menginginkan sebuah kehamilan dengan mengkonsumsi suplemen ataupun vitamin penyubur. Sebenarnya tidak ada masalah untuk itu, karena apabila Bunda mengkonsumsi suplemen atau vitamin, hal ini punya alasan karena bahan-bahan suplemen tersebut akan susah larut dalam tubuh, dan kemungkinan yang tidak di inginkan adalah terganggunya sistem metabolism tubuh, karena zat lain di dalam suplemen atau vitamin tidak bisa dikeluarkan atau perlu proses yang lama untuk keluar dari dalam tubuh.

Saya merasa lemah Dok”, kata seorang ibu yang mengutarakan keluhannya kepada seorang dokter. “Dan saya butuh suplemen untuk saya siap hamil”, sambung ibu tersebut. Namun jawaban dokter spesialis ini cukup simpel dan sangat sederhana sekali karena merupakan dokter spesialis kandungan yang terkenal di tempatnya, walaupun dia tidak akan pernah berpengalaman untuk merasakan yang namanya hamil, karena kebetulan beliau adalah seorang laki-laki.

“berdoa”, ya simpel kan jawaban dokter tersebut. Karena doa adalah suplemen yang paling kuat untuk menunjang Bunda dalam mempersiapkan kehamilan Bunda.

mempersiapkan kehamilan

Pengganti suplemen dan Vitamin untuk mempersiapkan Ibu hamil

Tetapi dalam konsultasi tersebut dokter memberikan tips khusus asupan makanan sehat untuk ibu hamil, ataupu yang dalam proses menginginkan kehamilan. Dalam uraian konsultasinya disebutkan bahwa makanan khusus untuk mempersiapkan Bunda yang sedang dalam proses menginginkan kehamilan adalah banyak mengkonkumsi makanan atau buah-buahan yang banyak mengandung asam folat.

Kenapa asam folat?, karena Ia dengan mudah dapat dikeluarkan dari tubuh melalui air seni. Kemungkinan terjadinya penumpukan sangat kecil. Karena itu, asam folat lebih aman dibandingkan kelompok suplemen atau vitamin tidak mudah larut air.

Kebutuhan akan asam folat sangat penting sekali ibu hamil atau ibu-ibu yang merencanakan akan hamil. Vitamin ini diperlukan dalam pembentukan sel baru termasuk sel syaraf dan butir darah merah. Jika kadar asam folat cukup dalam tubuh seorang ibu yang akan hamil maka keadaan ini dapat mencegah terjadinya gangguan otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Maka dari itu, Bunda yang akan mempersiapkan kehamilan apalagi yang sedang hamil perlu asupan asam folat yang cukup setiap hari.

Apa akibat kekurangan asam folat bagi ibu hamil?, kekurangan asam folat dapat menimbulkan kurang darah, murung dan kebingungan, gangguan orientasi, peradangan pada lidah, mencret, dan lain-lain. Defisiensi asam folat sebelum hamil juga dapat mengakibatkan gagalnya pembentukan syaraf, bibir sumbing, kelainan saluran kemih, dan gangguan jantung pada janin. Sedangkan bila kekurangan asam folat terjadi selama kehamilan  dapat  menimbulkan meningkatkan resiko kelahiran lebih awal, gangguan tumbuh kembang janin,  abortus spontan, bayi lahir dengan bobot badan rendah, dan komplikasi kehamilan seperti kerusakan plasenta.

Asupan makanan yang banyak mengandung asam folat untuk Ibu Hamil

Sayur-sayuran
sayuran untuk ibu hamilSayuran memang banyak sekali manfaatnya tanpa kita sadari. Dalam sayur-sayuran Bunda dapat menemukan kandungan asam folat seperti asparagus, lobak Cina, bayam, dan lain-lain sangat kaya dengan asam folat. Di samping itu, sumber makanan lain yang kaya asam folat juga dapat Bunda temukan dalam makanan sehari-hari seperti: kuning telur, hati, ginjal, kacang-kacangan dan lain-lain.

Buah-buahan
buah untuk ibu hamilBagi Bunda yang suka ngemil buah-buahan dapat juga menjumpai buah yang banyak mengandung kadar asam folat yang tinggi dan bagus untuk Bunda konsumsi saat mempersiapkan kehamilan atau untuk ibu hamil. Sedangkan jenis sayuran dan buah-buahan yang mengandung asam folat dalam jumlah sedang adalah tomat, kubis, nenas, jeruk, semangka, anggur, melon, jagung, dll.

Untuk meningkatkan kesuburan wanita dapat dilakukan dengan mengkonsumsi asam folat yang cukup. Dengan asupan asam folat yang cukup akan memudahkan terjadinya kehamilan yang diinginkan. Ingat, kebutuhan asam folat tidak harus dengan meminum suplemen tambahan. Kandungan asam folat yang ada dalam makanan tertentu  yang kaya asam folat dapat memenuhi kebutuhan sehari, tanpa meminum suplemen atau vitamin asam folat.

Dan berdoa adalah yang utama untuk mendapakatkan apa yang kita inginkan dan mempertahankannya. Termasuk Bunda yang mempersiapkan sebuah anugerah sebuah kehamilan atau Bunda yang sedang masa kehamilan.