Waspadai Gangguan Ibu Hamil pada Setiap Trimester

 gangguan ibu hamil trimesterBetapa bahagianya mendengar berita dari dokter bahwa Bunda di nyatakan positif hamil. Kebahagian ini harus Bunda pertahankan sesuai dengan Bunda mempertahankan masa kehamilan sampai melahirkan. Dan mempunyai buah hati yang sehat seperti keluarga bunda harapkan.

Awal kehamilan adalah masa yang rentan untuk ibu hamil. Masa di mana Bunda harus menjaga kemungkinan dari terjadinya keguguran. Aktivitas Bunda sebaiknya di kurangai apabila Bunda memasuki awal kehamilan. Dan ini penting demi menjaga kesehatan ibu hamil trimester awal kehamilan.

Apakah Trimester pada Ibu Hamil?

Pada masa kehamilan menurut usia mempunyai tiga tahapan masa hamil , yaitu trimester pertama, kedua, dan ketiga. Trimester pertama merupakan usia kehamilan yang menginjak 0 sampai 14 minggu usia kehamilan. kehamilan trimester kedua 14 sampai dengan 28 minggu dan kehamilan trimester ketiga 28 sampai 42 minggu.

Dan yang harus Bunda pahami pada masa trimester kehamilan adalah masalah dan gangguan ibu hamil. Gangguan-gangguan tersebut ada yang mempunyai tingkat normal untuk ibu hamil, namun ada juga yang mempunyai tingkat tinggi, yang perlu mendapatkan penanganan serius dari pihak ahli.

Gangguan Ibu Hamil trimester pertama

Usia kandungan yang masih relatif sensitif dengan aktivitas dan makanan yang Bunda lakukan dan konsumsi. Dan untuk masa awal kehamilan ini, Bunda sudah cukup paham betul dengan adanya gangguan seperti mual dan muntah, lemah dan pusing. Dua gangguan ibu hamil tersebut merupakan wajar adanya.

Bagaimana solusinya? Kurangi aktivitas yang membebankan Bunda. Olah raga cukup dengan jalan kaki setiap pagi kurang lebih setengah jam. Apabila Bunda merupakan seorang wanita karier namun tetap bekerja, sebaiknya kurangi jam kerja Bunda apabila melihat kondisi kehamilan Bunda lemah. Sebaliknya apabila memungkinkan kehamilan Bunda kuat menurut dokter, bawalah makanan sehat untuk ibu hamil ke tempat kerja Bunda, demi kesehatan bunda dan calon buah hati dalam perut.

Untuk menjaga ibu hamil pada trimester pertama adalah menjaga makanan yang Bunda konsumsi. Perhatikan apa yang menjadi asupan penting makanan yang harus Bunda konsumsi dan mana yang di larang untuk Bunda konsumsi menurut dokter dan ahli lainnya.

Gangguan Ibu Hamil trimester kedua

Masa ibu hamil trimester kedua mungkin masa menyakitkan bagi suami Bunda. Karena pada masa usia kehamilan masuk pada trimester kedua sering yang di sebut dengan ngidam. Dan hal tersebut wajar juga untuk ibu hamil pada usia ini. Keinginan mengkonsumsi makanan yang aneh-aneh yang membuat suami kelimpungan mencarinya.

Badan terasa aneh, perut terasa aneh. Dan yang Bunda rasakan adalah capek, mengeluh dan sebagainya. Gangguan ini wajar kok Bunda, asal ada suami siaga yang setia mendampingi Bunda, semangat baru akan muncul dan menjadikan Bunda semangat lagi menjalani gangguan ibu hamil trimester kedua ini.

Gangguan ibu hamil trimester ketiga

Pada trimester ini harus banyak mendapatkan penanganan serius dari pihak medis. Gangguan ibu hamil trimester ketiga seperti tekanan pada dada, sariawan, atau gangguan buang air besar mungkin bunda cukup melakukan penanganan sendiri sebagai solusinya.

Tetapi adakalanya gangguan ibu hamil yang tidak di inginkan seperti, wasir atau ambeien, varises dan keputihan perlu konsultasi dengan dokter ataupun ahli lainnya untuk segera mendapat solusinya. Agar gangguan ibu hamil ini tidak menghampiri Bunda, sebaiknya Bunda selalu menjaga kesehatan ibu hamil dengan panduan yang tepat.

Gangguan-gangguan lain pada ibu hamil yang tidak disebutkan dalam artikel ini yang mungkin mengganggu kesehatan ibu hamil dan calon buah hati sebaiknya konsultasikan kepada dokter Bunda. Karena ibu hamil itu unik Bunda. Ibu hamil itu spesial. Mengetahui dan menemukan solusi untuk gangguan yang ada adalah tipe Bunda yang bijaksana untuk mendapatkan buah hati yang sehat dan cerdas pula.

Demikian sekelumit informasi tentang gangguan ibu hamil trimester yang pasti menghampiri masa-masa kehamilan, namun berbeda macamnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda semi mengetahui masa-masa indah kehamilan. Dan juga gangguan-gangguan ibu hamil tersebut tidak menghalangi Bunda untuk mencari solusinya. Dan selalu sehat untuk Bunda dan calon buah hati, untuk yang terakhir, terima kasih telah berkunjung.