5 Tips Mengatasi Stres Ibu Hamil Yang Menyiksa

 stres pada ibu hamilBagi Bunda yang sedang dalam kegembiraan dan kegalauan tentang kehamilannya, belajar melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk menghilangkan stres pada ibu hamil, berlatih yoga, mengobrol bersama teman, melakukan rutinitas sederhana seperti menekuni hobi. Melakukan hal yang kamu senangi akan mengurangi stres. Selamat menunggu kehadiran buah hati.

Apabila saat ini merupakan kehamilan pertama untuk Bunda, sebaiknya lakukan aktivitas yang positif dan fun untuk menghilangkannya, jangan merasa takut dan stres. Tidak perlu panik, karena Bunda tidak sendiri. Banyak yang mengalami hal yang sama seperti Bunda rasakan saat menjalani kehamilan pertama. Ketakutan itu hal wajar, karena memang ibu hamil adalah pengalaman pertama Bunda. Tapi bukan berarti kamu larut dalam ketakutan dan menjadi stres yang akan berkepanjangan selama 9 bulan. Bukan begitu juga kali Bunda?

Hindari aktivitas yang negatif, yang Bunda rasa adalah sesuatu aktivitas yang dapat menghilangkan stres untuk ibu hamil. Merokok adalah suatu aktivitas yang sudah tidak asing bagi kita semua. Meski tidak asing, disarankan agar sebisa mungkin kita menghindari rokok ya? Bagaimana pun, merokok merupakan salah satu aktivitas yang sangat tidak baik buat kesehatan. Bukan hanya tidak baik buat sang perokok, merokok juga sangat tidak baik buat kesehatan orang-orang sekitar yang tidak merokok. Hindari aktivitas ini sejauh mungkin, demi kesehatan ibu hamil.

5 Cara mengatasi stres pada ibu hamil

Stres pada ibu hamil memang terlihat seperti masalah biasa bagi yang belum mengalaminya ataupun tidak akan pernah mengalami. Namun untuk masalah yang satu ini Bunda harus perhatikam secara benar.

Akibat yang di timbulkan dari stres ibu hamil berimbas pada kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam perut Bunda. Dan yang lebih tidak di inginkan lagi adalah terjadinya keguguran. Dan hal ini sangat-sangat tidak di inginkan oleh semua ibu hamil. Dan di bawah ini beberapa tips mengatasi stres ibu hamil dapat Bunda simak pada ulasan di bawah ini.

  • Tekan Emosi saat hamil
    Hal ini sering terjadi pada awal kehamilan Bunda atau saat kehamilan pertama kali, perasaan campur aduk membuat emosi kamu tidak terkendali. Gembira, senang, merasa tidak nyaman, panik dan bingung. Semuanya bercampur menjadi satu, namun hal ini merupakan hal yang biasa dialami seorang calon ibu untuk pertama kalinya. Hindari pikiran negatif. Cobalah untuk lebih tenang. Saat seperti ini dukungan dari suami akan membuat kamu lebih tenang. Karena dukungan suami adalah segalanya, selain keluarga Bunda

olahraga ibu hamil

  • Berolahraga
    Meskipun dalam kondisi hamil, olahraga merupakan aktivitas yang bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi stres ibu hamil. Bagi Bunda yang biasa dengan aktivitas ini, kurangi porsinya, karena mengingat kondisi kehamilan Bunda. Mungkin Bunda sudah terbiasa rutin berolahraga, tetapi tentu olahraga untuk ibu hamil berbeda. Konsultasikan kepada dokter, olahraga apa yang cocok untuk Bunda lakukan saat hamil. Pilih olahraga yang membuat kamu nyaman dan tenang. Dan tidak banyak menguras tenaga.

  • Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
    Ini menjadi sangat penting untuk menjaga keseimbangan emosi Bunda. Bunda tahu kan kalau orang hamil itu mudah lapar?. Makanan untuk ibu hamil perlu Bunda perhatikan juga, makanan yang Bunda konsumsi saat hamil sangat tergantung dengan apa yang kesehatan ibu hamil dan kandungan Bunda Makanan yang sehat akan membantu Bunda menjaga nutrisi yang Bunda konsumsi. Apa yang kamu konsumsi berpengaruh pada kesehatan janin.

  • Kurangi Khawatir yang Berlebih
    Jangan menyepelekan hal kecil saat hamil, khawatir yang terlalu tinggi juga sangat berpengaruh dengan stres ibu hamil yang punya imbas yang buruk juga untuk kandungan Bunda. Rileks,  untuk lebih tenang dan santai. Khawatir berlebihan justru akan membahayakan kehamilan Bunda loh.

  • Sharing dengan Yang sudahak Berpengalaman
    Selain berkonsultasi dengan dokter, untuk mengurangi stres yang mempengaruhi ibu hamil. Banyak-banyaklah sharing dengan ibu hamil lainnya yang banyak berpengalam tentang ibu hamil. Bunda dapat berbincang dengan suami atau keluarga. Mengobrol akan membuat kamu lebih tenang dan terhindar dari perasaan khawatir yang berlebih.

Mewaspadai lebih penting daripada sudah terjadi baru merasakan penyesalan. Memperhatikan itu penting untuk Bunda lakukan sebagai improvisasi seorang ibu untuk kepentingan kesehatan ibu hamil dan calon buah hati.

Demikian artikel tentang mengatasi stres pada ibu hamil dan akibat yang ditimbulkan. Semoga bermanfaat bagi Bunda, dan terima kasih telah berkunjung di artikel ini.