Manfaat Berpuasa Untuk Ibu Hamil

puasa ibu hamilPuasa bagi ibu hamil itu sehat. Kata-kata ini juga berlaku untuk Bunda yang sedang hamil. Dapat menjalankan dua ibadah akan banyak manfaatnya untuk ibu hamil dan janin yang ada di dalamnya. Yang pertama puasa merupakan ibadah yang menyehatkan. Dan yang kedua, ibu hamil juga merupakan ibadah yang tidak dimiliki oleh semua kaum lelaki yang ada di dunia ini. Karena mereka tidak akan pernah merasakan masa kehamilan.

Berpuasa untuk ibu hamil juga harus memperhatikan faktor medis. Karena dokter atau ahli kandungan yang dapat mendiagnosa kandungan dalam keadaan sehat atau tidak. Dan memungkinkan untuk dapat menjalankan ibadah puasa atau tidak.

Tidak usah takut berpuasa untuk Ibu hamil

Setelah dapat diagnosa dari dokter bahwa ibu hamil sehat, maka Bunda dapat tetap menjalankan ibadah puasa seperti lainnya. Akan tetapi, Bunda wajib juga memperhatikan asupan nutrisinya agar kehamilan tetap sehat, dan janin tetap mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkan dalam menjalani puasa. Hal ini penting, karena pola makan ibu hamil sangat menentukan kesehatan dan kecerdasan bayi di masa mendatang.

Makanan ibu hamil yang di konsumsi saat menjalankan puasa harus dijaga. Dan berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil selama berpuasa:

Makan makanan yang berat yang banyak mengandung karbohidrat secara perlahan-lahan. Supaya tidak kaget buat Bunda dan calon buah hati dalam kandungan. Nutrisi ini sering terdapat di dalam gandum atau beras merah, makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan, sayuran serta buah-buahan. Jenis makanan ini dapat membantu ibu dari risiko sembelit yang sering dialami saat Bunda hamil.

Konsumsi minum air putih sebanyak-banyaknya, dan kurangi makanan serta minuman manis saat sahur dan berbuka. Makanan maupun minuman manis akan meningkatkan kadar gula darah secara drastis, hal ini akan menyebabkan ibu hamil cepat merasa lelah.

brokoli untuk ibu hamil

Perbanyak konsumsi protein dari kacang-kacangan, daging, ikan dan telur yang dimasak sampai matang. Jenis makanan ini dapat dikonsumsi saat sahur maupun berbuka.

Memilih makanan ringan yang rendah gula dan lemak yang banyak terdapat dalam makanan olahan. Kentang atau buncis kukus, buah-buahan segar tetap merupakan pilihan camilan yang lebih baik.

Konsumsi air kelapa untuk memperoleh minuman segar dan manis alami untuk berbuka. Karena biasanya bila datang bulan puasa akan mudah untuk memperoleh air kelapa muda. Yang tentunya banyak sekali manfaatnya untuk ibu hamil.

Bila perlu untuk nutrisi tambahan untuk ibu hamil dapat mengkonsumsi susu yang disarankan oleh dokter tentunya.

Manfaat berpuasa untuk ibu hamil

Ibu hamil bukanlah sesuatu hal menjadi hambatan untuk tetap menjalankan ibadah puasa di bulan puasa. Selama ibu hamil dalam keadaan ibu hamil sehat, dan telah melalui pemeriksaan oleh dokter, segeralah berpuasa, karena akan banyak manfaatnya untuk ibu hamil.

Tidak lupa juga untuk konsultasi ke dokter guna mengetahui nutrisi atau asupan lainnya yang dibutuhkan saat berpuasa untuk memastikan risiko puasa pada kehamilan, dan dokter dapat memberi nasihat sesuai dengan standar kesehatan ibu hamil, biasanya dokter akan memberi penilaian melalui kondisi berat badan, cek darah, dan lainnya.

Yang Bunda bisa dapat melihatnya adalah apabila kenaikan selama awal kehamilan tidak mencapai 3,5 – 4 kilogram atau di akhir masa kehamilan kenaikannya masih di bawah 12,5 – 14 kilogram, maka ibu tidak disarankan untuk berpuasa. Karena berat badan ibu dianggap kurang, dan dikhawatirkan akan menganggu perkembangan janin.

Dan berikut beberapa dari banyak manfaat puasa bagi ibu hamil yang perlu Bunda ketahui, dan sebaiknya Bunda simak.

  1. Berpuasa dapat membantu mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Overnutrisi dapat mengakibatkan kegemukan bagi ibu dan janin. Hal ini dapa menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol, jantung koroner, kencing manis dan lain-lain.
  2. Puasa merupakan terapi detoksifikasi atau pembersihan tubuh dari kotoran dan racun.

Berpuasa dapat mencerdaskan janin

Keteraturan aktivitas dan pola makan secara tidak langsung memberikan pelajaran kepada calon buah hati yang ada di dalam perut Bunda. Dan ini bagus untuk kecerdasannya kelak setelah lahir.

Melatih kecerdasan buah hati tidak selalu setelah ia lahir ke dunia, namun mendidik, membiasakan, melatih anak dilakukan mulai dari dalam kandungan. Emosi psikis antara Bunda dan calon buah hati dalam kandungan juga sudah mulai terjalin erat semenjak ia sudah memasuku trimester kedua, atau sudah menginjak pada bulan ke empat. Jadi, berpuasa mempunyai manfaat yang besar untuk janin dalam tahap pembelajaran yang Bunda berikan kepada calon bayi sewaktu masih dalam kandungan.

Penting sekali untuk Bunda perhatikan, jika kondisi kesehatan dinyatakan baik, dan memperhatikan asupan nutrisi, maka berpuasa akan dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil dan janinnya. Prioritasnya adalah kesehatan ibu hamil yang utama.

Demikian ulasan manfaat berpuasa untuk ibu hamil dan dan janin. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. Terima kasih telah berkunjung.