Susahnya Posisi Tidur Ibu Hamil Pada Trimester Terakhir

Banyak sekali ibu hamil mengeluh dan tersiksa bila datang masa kehamilan menginjak usia trimester terkhir kehamilan. Aktivitas yang Bunda lakukan akan sering menimbulkan kontraksi yang spontan pada calon bayi yang ada dalam kandungan, dan pergerakkan si calon bayi juga akan mengagetkan Bunda yang mengandung.

Pada masa trimester ini Bunda sangat di anjurkan sekali menjaga kesehatan ibu hamil supaya bila masa persalinan dapat berjalan lancar dan sehat semua tanpa kurang suatu apapun. Kurangi aktivitas seperti membilas cucian, duduk terlalu lama, dan aktivitas yang cukup menguras tenaga dan membuat Bunda merasa kaku bila melakukannya.

posisi tidur ibu hamil

Gerakan-gerakan calon buah hati dalam posisi tidak tidur saja buat ibu hamil akan terasa nyeri, sakit, kaku, kram dan lain sebagainya. Bunda bisa merasakan bila calon bayi menendang, memutar, menggeliat saat Bunda sedang tidur. Kaget, nyeri, begah dan sesak dan semuanya Bunda rasakan saat itu. Dan bila hal ini terjadi maka cari posisi yang enak menurut Bunda dan nyaman juga terasa kandungan Bunda yang sudah tinggal menunggu waktunya saja untuk melihat buah hati hadir bersama Bunda dan keluarga.

Utamakan Kenyamanan dan Keamanan untuk posisi tidur ibu hamil

Istirahat yang cukup merupakan salah satu tips yang harus Bunda perhatikan dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Apalagi dalam masa usia tua masa kehamilan. Dalam masa trimester terakhir kehamilan ini, posisi tidur Bunda akan semakin sulit dan pandai untuk mensiasati posisi ibu hamil yang baik dan benar. Dalam arti, nyaman untuk Bunda dan aman untuk kandungan Bunda.

Posisi tidur ibu hamil tidak hanya sebatas mencari kenyamanan untuk Bunda semata, namun mencari juga menerapkan posisi aman untuk kandungan Bunda. Untuk dapat melakukan itu semua Bunda dapat menyimak dalam tiga posisi tidur nyaman dan aman untuk ibu hamil.

2 Posisi tidur untuk Ibu Hamil Yang Nyaman dan Aman

Yang pertama, miring. Posisi ini merupakan posisi tidur ibu hamil yang paling nyaman dan aman untuk Bunda dan calon buah hati. Dalam posisi ini agar terasa nyaman pinggang Bunda ditumpu pada bantal kecil yang empuk. Sebagai tumpuan pinggang agar tidak terlalu berat menanggung beban. Karena selain beban pada perut yang berat, area sekitar pinggul dan pinggang dalam posisi ibu hamil juga akan menjadi beban juga.

Cara posisi tidur ibu hamil miring ke kanan atau ke kiri dengan tumpuan bantal ini sangat safety sekali untuk bunda praktekan. Namun satu hal yang perlu di ingat dalam posisi tidur untuk ibu hamil yang satu ini adalah kram, kaku serta nyeri pada area pinggul ke bawah. Dan di situlah fungsinya bantal penyangga, untuk mengurangi rasa nyeri dan kaku yang Bunda rasakan dalam posisi tidur yang ini. Bila perlu sediakan bantal satu lagi untuk menyangga area sekitar paha, dan posisi tidur ibu hamil ini akan terasa lebih nyaman untuk Bunda.

Yang kedua, telentang. Posisi tidur ibu hamil yang umum di gunakan. Dalam posisi ini Bunda juga memerlukan bantal yang empuk sebagai tumpuan area wilayah tulang belakang. Dan adakalanya dalam posisi tidur ibu hamil ini, kedua kaki ditekuk, kemudian selipkan bantal pada kedua sikunya. Atau kalau Bunda ingin ganti posisi dengan cara kaki diluruskan, namun tetap bantal di taruh pada bawah siku kaki Bunda.

Posisi tidur yang di larang untuk Ibu hamil lakukan

Tidur telungkup. Posisi tidur ibu hamil ini sangat berbahaya, terutama untuk kandungan Bunda. Dalam posisi ini perut yang sudah kelihatan besar itu akan tertekan, dan di takutkan bayi dalam kandungan Bunda tidak dapat bergerak bebas di dalam perut.

Semua informasi tentang posisi tidur ibu hamil yang boleh dan yang dilarang di atas adalah sebagian kecil yang mestinya Bunda terapkan pada masa usia kehamilan lanjut. Dalam prakteknya, Bunda musti perhatikan dua faktor kenyamanan dan keamanan. Tetapi dua faktor ini menyatu seperti antara Bunda dan kehamilan Bunda. Jadi, buat posisi tidur Bunda nyaman dan pastikan kandungan Bunda terjaga dengan aman, maka semua posisi tidur ibu hami boleh untuk Bunda lakukan.

Demikian artikel mengenai posisi tidur ibu hamil ini di sajikan untuk Bunda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Dan terima kasih telah berkunjung dalam artikel ini.