3 Ciri Kesehatan Ibu Hamil yang Wajar dan Tahap Membahayakan

Menjaga lebih baik daripada mengobati”. Ungkapan yang sangat pas rasanya untuk mengungkapkan tentang kesehatan ibu hamil. Kegembiraan Bunda akan datangnya calon buah hati jangan menjadikan terlena dalam memperhatikan kesehatan Bunda dan janin. Serta faktor-faktor lagi yang mempengaruhi adanya gangguan kesehatan ibu hamil dan janin.

Memang tidak mudah Bunda, tidak seperti membalikan telapak tangan untuk mewujudkan tujuan tersebut, tentu saja Bunda harus melakukan banyak hal yang tidak mudah untuk di lakukan. Selalu memperhatikan semua tips menjaga kesehatan ibu hamil agar Bunda dan janin sehat selalu sehat.

kesehatan ibu hamil

Keluhan Tahap Normal untuk Kesehatan Ibu Hamil

Wajar adanya apabila Bunda dalam masa kehamilan banyak mengalami keluhan-keluhan yang di rasa sangat tidak biasa seperti mual, pusing, mudah lelah, sakit pinggang, kram, anemia, dan lain sebagainya. Jangan heran karena keluhan-keluhan tersebut merupakan sifat hormonal yang dipengaruhi oleh produksi hormon dalam tubuh atau juga disebabkan oleh asupan nutrisi ibu hamil yang tidak seimbang yang Bunda konsumsi.

Dan dalam keluhan-keluhan ibu hamil tersebut merupakan ciri khusus yang normal pada ibu hamil. Dan bagaimana untuk mengantisipasinya? Kembali kepada istilah di atas, untuk menjaga kesehatan ibu hamil atau meminimalisir keluhan-keluhan yang tidak di inginkan lebih, Bunda harus banyak mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil yang sesuai dengan takaran nutrisi untuk Bunda dan janin, dan jangan lupa untuk konsultasi kehamilan dengan bidan atau dengan dokter kandungan. Agar kesehatan kehamilan Bunda tetap terjaga kesehatan dan perkembangannya.

Tanda-tanda keluhan Bunda yang tidak lazim untuk kesehatan Ibu Hamil

Selain harus memperhatikan keluhan-keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil, penting juga bagi Bunda untuk mengetahui keluhan-keluhan sebagai tanda jika kesehatan ibu hamil perlu penanganan yang serius. Keluhan seperti apa kah itu? Silahkan simak uraian di bawah ini.

Berat Badan Tidak Ada Kenaikan Saat Hamil

Apakah berat badan Bunda naik saat masa-masa kehamilan? Itu Ideal. Karena naiknya berat badan Bunda saat hamil akan terus bertambah setiap bulannya. Ibu hamil sehat akan memiliki berat badan yang lebih tinggi dibandingkan saat Bunda belum hamil tapi apakah ada berat badan ibu hamil yang tidak naik? Dan setelah di cek dokter menyatakan bahwa kesehatan ibu hamil sangat ideal dan baik. Kok bisa?

berat badan ibu hamil

Tidak terlalu panik saat Bunda menghadapi masalah kehamilan seperti ini, penjelasannya adalah saat berat badan ibu hamil tidak naik maka ada dua kemungkinan yang mungkin dialami oleh kehamilan Bunda. Apakah itu? Yang pertama adalah berat badan Bunda menurun saat hamil. Dan yang kedua adalah berat janin tidak naik. Nah, inilah yang harus menjadi perhatian khusus Bunda bila Kemungkinan yang kedua, karena pada kasus yang kedua tersebut berat janin dalam kandungan tidak naik, dan ini menandakan kalau perkembangan janin maksimal atau tidak ideal. Konsultasikan segera sebagai antisipasinya ya Bunda.

Muntah Yang Terlalu Over

Memang muntah adalah hal yang lumrah saat hamil. Muntah pada ibu hamil sering juga disebut morning sickness. Penjelasannya muntah dalam tahap yang normal adalah menjadi pertanda bahwa produksi hormon yang dibutuhkan untuk perkembangan janin untuk terus berkembang baik dalam kandungan Bunda. Agak memuakan juga sih pada masa kehamilan tersebut, namun Tentu Bunda harus senang saat ibu muntah karena itu tanda janin berkembang normal dan sehat pada masa awal kehamilan.

Perlu Bunda catat juga, bahwa tidak sedikit ibu hamil yang kehilangan tenaga saat masa muntah-muntah di pagi hari. Semua asupan yang belum sepernuhnya di serap oleh tubuh Bunda keluar semua sehingga tidak hanya tenaga yang terkuras habis, tetapi juga asupan makanan banyak yang hilang.

Bagaimana menandai kalau keadaan ini di nyatakan tidak baik untuk kesehatan ibu hamil? Bunda akan merasa lemes sesudah itu. Tanpa asupan dan air di dalam tubuh. Dan inilah yang berbahaya untuk Bunda. Akibat yang akan di timbulkan adalah kesehatan ibu dan janin akan terganggu.

Rasa Ngilu yang terlalu menyakitkan Bunda

Kekurangan kandungan kalsium mungkin dapat menjadi masalah kesehatan ibu hamil untuk yang satu ini. Sejatinya, janin yang kekurangan asupan kalsium akan mempunyai efek terhadap Bunda yang merasakan sakit ngilu yang terlalu pada tulang.

Menurut para ahli kesehatan ibu hamil saat rasa ngilu yang menyakitkan menyerang pada ibu hamil dikarenakan janin dalam kandungan tidak mendapatkan kalsium dengan jumlah yang sesuai dengan kapasitasnya sehingga janin akan mengambil kalsium dari tulang dan juga gigi ibu hamil.

Dan itulah jawaban bagi Bunda yang sekarang sedang merasakan ngilu pada tulang yang menyakitkan dan juga sakit gigi saat masa kehamilan Bunda. Itu bukan hanya tanda kesehatan ibu tidak baik, namun ada indikasi janin dalam kandungan tidak berkembang dengan baik.

Apabila tiga tanda-tanda khusus yang salah satunya Bunda alami, maka segeralah konsultasikan dengan ahlinya agar cepat mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikian beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan dalam masa kehamilan yang kelihatannya sepele, namun apabila tidak mendapatkan penanganan yang serius akan bisa berakibat fatal. Karena menjaga akan lebih baik dari pada mengobati. Maka jagalah selalu kesehatan kehamilan Bunda dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda semuanya, dan terima kasih telah berkunjung.