6 Tips Ibu Hamil Agar Mudah Melahirkan

tips ibu hamilRasa penuh harap dan khawatir yang cukup besar akan hadirnya calon buah hati membuat Bunda mengalami stres yang cukup tinggi. Ingat Bunda, melahirkan memang penuh perjuangan. Namun dengan memperhatikan dengan langkah tertentu yang di sarankan oleh ahlinya, proses melahirkan Bunda bisa lebih lancar. Dan ini tentunya sesuai dengan keinginan dan harapan serta doa bunda tentunya agar proses persalinan berjalan mudah dan lancar.

Tahukah Bunda seperti apa rasanya proses melahirkan? Melahirkan itu seperti di peras, sakit, nyeri, kaku dan tegang pada perut, khususnya bagian bawah, atau mulas seperti ingin buang air besar semuanya bercampur jadi satu.

Dan Bunda harus tahu bahwa normalnya,di minggu ke 38-40 kehamilan, kepala janin sudah mulai turun ke rongga panggul. Bersamaan dengan itu, otot-otot rahim pun mulai melakukan gerakan mengerut dan meregang secara bergantian, terus-menerus secara teratur. Gerakan otot rahim seperti inilah yang disebut dengan kontraksi.

Sewaktu jarak antar kontraksi masih jauh, mungkin rasa nyeri terasa hanya pada bagian atas perut. Namun seiring dengan kemajuan proses awal ini, rasa nyeri semakin menjalar ke bagian bawah perut, bahkan ke arah bawah punggung dan belakang pinggang. Saat mulut rahim sudah membuka sempurna, rasa nyeri yang hebat di daerah tadi akan terasa sangat kuat.

Demi untuk mempersiapkan proses melahirkan mudah dan aman, di bawah ini beberapa langkah penting yang baik untuk Bunda lakukan untuk merencanakan proses persalinan yang sesuai dengan harapan Bunda.

Hal-hal Penting Yang Bunda Harus Lakukan Agar Persalinan Berjalan Mudah

Yang pertama adalah posisi bayi meluncur. Untuk posisi bayi meluncur dimana posisi kepala bayi di bawah. Ini bertanda bahwa posisi bayi bisa di katakan siap untuk keluar. Proses kelahiran normal dan menjadikan proses kelahiran akan lebih mudah. Biar semuanya berjalan seperti ini hendaknya hal ini Bunda lakukan semenjak kehamilan memasuki usia bulan ke-8. Caranya adalah setiap pagi hari lakukan aktivitas berlutut di lantai, membungkuk dengan bertumpu pada kursi, atau nungging dalam posisi masih di tempat tidur selam 10 menit. Ini bertujuan untuk agar posisi lutut lebih rendah dari bokong dan membantu bayi turun kebawah dan lebih mudah untuk proses melahirkan.

tips melahirkan dengan mudah

Yang kedua, biasakan naik-turun tangga saat olahraga ibu hamil di taman atau di sekitar rumah. Bunda akan menyadari bahwa perut sudah semakin membesar, rasa malas untuk beraktivitas olahraga ibu hamil seperti naik turun tangga di Taman, tanpa di sadari bahwa naik turun tangga dengan rutin sangat besar manfaatnya untuk membantu janin turun untuk menemukan jalan keluarnya.

Yang ketiga, menjaga kesehatan ibu hamil dengan baik. Kesehatan ibu hamil berkaitan erat dengan asupan nutrisi ibu hamil yang Bunda konsumsi saat hamil. Pilihlah menu makanan sehat untuk ibu hamil yang bergizi seimbang agar kondisi kehamilan Bunda tetap terjaga. Istrirahat yang cukup dan sebagai pelengkap konsumsi susu formula ibu hamil bila perlu.

Yang ke empat, melakukan pijat perineum. Pada usia kehamilan Bunda memasuki 8 bulan usia kehamilan, maka rajinlah melakukan pijat perineum, dimana hal ini bertujuan untuk pelenturan di wilayah sentitif Bunda agar kawasan tersebut lebih lentur dan tidak kaget sewaktu melahirkan nantinya.

Yang ke lima, gunakan waktu istirahat dengan baik. Waktu pembukaan biasanya memerlukan waktu yang sangat lama, menunggu pembukaan sampai selesai rasanya sangat membosankan dalam detik-detik yang penuh perjuangan, dan Bunda akan merasakan yang terlalu lelah. Usahakan istirahat untuk mengembalikan enegi yang terkuras.

Dan yang terakhir adalah mengejan. Dengan mengikuti alunan irama tubuh saat mengejan adalah solusi yang tepat waktu mengejan. Satu hal yang perlu Bunda ingat dalam mengejan jangan pernah menahan nafas, atau menahan dorongan mengejan itu sendiri sehingga tidak maksimal.

Menjelang datangnya kontraksi, hindari bernafas cepat-cepat dan pendek karena akan menjadikan Bunda tegang. Tarik nafas panjang, rasakan oksigen yang Bunda hirup masuk ke dalam tubuh dan menguatkan otot-otot. Kemudian, manakala Bunda mengalami kontraksi, hembuskan nafas pelan-pelan. Ikuti semua instruksi dari dokter saat Bunda mengejan, tarik nafas panjang, mengejanlah dengan kuat sambil mengembuskan, kemudian istirahat sambil bernafas pendek-pendek lewat mulut.

Demikian sedikit tips agar proses melahirkan Bunda terasa mudahdan aman. Dalam hal ini berdoa juga merupakan hal sangat Bunda perlukan, dan sangat penting sekali dalam hal ini agar semuanya dapat diberikan lancar, sehat, aman dan selamat. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan terima kasih telah berkunjung. Salam Bunda sehat.