5 Cara Tepat Mencegah Stretch Marks Ibu Hamil Sejak Dini

Gangguan-gangguan kesehatan ibu hamil saat datang masa kehamilan sangatlah banyak akan Bunda temui. Antisipasi kepada gangguan kecil sampai mewaspadai kepada gangguan kesehatan ibu hamil yang besar lebih baik untuk Bunda lakukan sejak dini. Agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga perkembangannya sesuai dengan harapan dan doa Bunda untuk mendapatkan buah hati yang sehat dan cerdas.

“kok guratan pada perut saya makin melebar ya Dok?”, “berbahaya gak Dok?”. Sedikit pertanyaan dari konsultasi seorang ibu hamil muda. Maklum saja, sebab biasanya ibu hamil muda lebih banyak pertanyaan dari pada yang sudah banyak berpengalaman dalam kehamilan. Walaupun ibu hamil muda sudah banyak melakukan sharing dengan banyak teman yang banyak pengalaman namun pertanyaan ini masih terlontarkan kepada dokter saat konsultasi.

Strech Marks ibu hamil

                                 Sumber gambar: Strech Marks ibu hamil

Yang ibu hamil tanyakan yang di maksud adalah Stretch Marks. Betul sekali stretch marks adalah guratan-guratan yang muncul di kulit tubuh terbentuk karena adanya peregangan pada kulit, akibat adanya pembesaran kehamilan dan akan berangsur-angsur menghampiri dari bulan ke bulan masa kehamilan Bunda.

Tidak sedikit gangguan stretch marks ibu hamil ini menjadi salah satu gangguan yang serius khususnya untuk ibu hamil muda. Tahukah Bunda Stretch marks biasanya banyak muncul di area perut, paha, lengan dan dada. Jangan heran yang Bunda, sebab hampir 75 % ibu hamil mengalami masalah gangguan yang tidak terlalu berbahaya berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan janin ini.

Tips Mencegah dan Menghilangkan Stretch marks yang Mengganggu

Dan bila stretch marks ibu hamil ini menjadi masalah dan gangguan ibu hamil yang serius buat Bunda, karena terlihat tidak seksi dan tidak enak untuk di pandang karena adanya guratan-guratan yang banyak muncul dalam tubuh saat Bunda hamil, di bawah ini ada beberapa cara yang dapat Bunda aplikasikan dengan benar supaya Stretch marks dalam tubuh Bunda saat hamil tidak akan muncul.

Biasakan minum air putih saat Hamil

Banyak sekali manfaat yang dapat Bunda peroleh dari mengkonsumsi air putih saat masa kehamilan. Selain mencegah dari dehidrasi atau dapat menambah cairan untuk tubuh agar selalu bugar. Konsumsi air putih untuk ibu hamil dengan cukup setiap harinya dapat membantu kulit agar selalu terjaga elastisitasnya, sehingga dapat membantu meminimalisir terjadinya stretch marks untuk ibu hamil yang gelisah akan datangnya gangguan kehamilan yang satu ini.

Gunakan Pelembab yang lembut untuk kulit

Selain konsumsi air putih agar elastisitas kulit saat ibu hamil tetap terjaga, Bunda dapat menggunakan pelembab yang terbuat dari bahan-bahan alami yang lembut untuk tepat di area yang rawan terkena stretch marks. Tandanya dalam memilih pelembab yang lembut adalah dengan melihat pelembab yang banyak mengandung vitamin E. Dan untuk penerapannya adalah lakukan pemijatan ke kulit yang rawan akan munculnya stretch marks sebelum Bunda mandi.

mengatasi stretch marks ibu hamil

                            Sumber gambar: stretch marks ibu hamil

Kontrol selalu berat badan ibu hamil

Berat badan ibu hamil yang ideal harus di perhatikan secara serius. Karena pengaruh berat badan ibu hamil sangat berpengaruh kepada kesehatan ibu hamil dan janin nantinya. Dan sebaiknya menghindari kenaikan berat badan yang terlalu drastis ya Bunda.

Dalam masa kehamilan, kenaikan berat badan ibu hamil ideal adalah antara 12-15 kg, bila kenaikan berat badan ibu hamil yang kurang ideal kurang baik bagi kehamilan Bunda. Pengaruhnya terhadap kulit juga akan terlalu banyak mengalami peregangan sehingga rentan terkena stretch marks saat berat badan ibu hamil yang tidak terkontrol berat badannya.

Rutin melakukan olahraga untuk ibu hamil yang aman

Untuk memperoleh tubuh yang segar, terhindar dari rasa lemas yang selalu menghantui selama masa kehamilan perlu adanya aktivitas yang cocok untuk Bunda lakukan. Olahraga ibu hamil menjadi solusi yang pas untuk Bunda. Efek yang bagus dari olahraga yang aman untuk ibu hamil adalah lancarnya sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh. Sehingga dapat membantu mengurangi akan stretch marks datang mengganggu kehamilan Bunda. Konsultasikan dengan benar kepada dokter olahraga ibu hamil yang aman dan tepat untuk Bunda lakukan.

Konsumsi nutrisi makanan sehat untuk ibu hamil

Mengkonsumsi nutrisi makanan yang sehat untuk ibu hamil wajib hukumnya. Makanan yang banyak mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah-buahan yang baik untuk ibu hamil dapat membantu mencegah terjadinya stretch marks yang menakutkan bagi Bunda. Selain itu, konsumsi juga makanan sehat ibu hamil yang banyak mengandung vitamin A, E dan C seperti wortel, susu, telur, kacang kedelai, paprika merah atau kuning, tomat, semuanya sangat di anjurkan untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sangat di sarankan sekali untuk Bunda, khususnya untuk kesehatan ibu hamil muda untuk sapat melakukan cara-cara di atas secara rutin dan sejak masa awal kehamilan agar pencegahannya lebih dapat terlihat hasilnya sejak dini.

Jangan lakukan pemijatan pada kulit dengan menggunakan cream yang mengandung Retin-A. Karena cara ini sangat berbahaya bagi ibu hamil, dan efek sampinnya dapat mengakibatkan gangguan pada janin dalam perut Bunda. Maka dari itu, cara terbaik yang bisa ibu hamil lakukan untuk mencegah atau meminimalisir datangnya stretch marks saat ibu hamil adalah seperti tips yang dirangkum di atas, walaupun memerlukan kedisplinan Bunda untuk melakukannya, namun akan lebih terlihat hasilnya.

Demikian rangkuman menarik tentang tips yang jitu untuk mencegah datangnya stretch marks ibu hamil secara dini. Semoga selalu bermanfaat untuk di lakukan dan terima kasih telah berkunjung. Salam Bunda sehat.