Bahaya dan Manfaat Kafein Untuk Minuman Ibu Hamil

minuman ibu hamilTidak banyak ibu hamil yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman ibu hamil yang minuman berenergi maupun minuman yang mengandung kafein. Mungkin Bunda akan bertanya, boleh atau tidak kah mengkonsumsi kopi saat ibu hamil?, ada efeknya atau tidak? Bahayanya apa?.

Sebenarnya pertanyaan-pertanyaan itu banyak sekali dapat Bunda temukan dalam artikel-artikel yang sering Bunda baca, atau saat menanyakannya kepada dokter atau Bidan Bunda. Apabila Bunda adalah sosok yang menyukai konsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum datangnya masa kehamilan, dan terbawa saat masa kehamilan datang karena tidak bisa meninggalkan mengkonsumsi minuman tersebut. Bolehkah mengkonsumsi minuman berkafein saat hamil?.

Yang perlu Bunda ketahui bahwasannya minuman ibu hamil yang mengandung kafein bukan hanya terdapat pada kopi. Kafein juga banyak terkandung dalam minuman ibu hamil yang mungkin Bunda gemari, seperti; teh, soda, minuman energi dan cokelat. Tidak semua teh herbal yang bebas kafein jadi pastikan Bunda membaca label bahan komposisi apabila Bunda menyukai teh sebagai minuman kegemaran saat hamil.

Ada juga loh Bunda, ibu hamil yang menyukai minuman yang mengandung kafein saat sedang dalam keadaan hamil. Inilah keanehan yang terjadi saat hamil, keinginan yang besar seperti bawaan sang calon buah hati. Biasanya dalam keadaan ini di sebut masa ngidam. Beda dengan Bunda saat belum memasuki masa kehamilan, Bunda yang notabene nya tidak menyukai kopi, namun saat Bunda hamil rasa yang besar untuk mengkonsumsi kopi rasanya enak sekali. Bahayakah yang Bunda konsumsi tersebut?.

Manfaat Kafein sebagai Minuman Ibu Hamil

Jangan khawatir tentang Bunda yang suka mengkonsumsi minuman ibu hamil yang mengandung kafein. Yang perlu Bunda ketahui bahwa Kafein mempunyai manfaat yang bertindak sebagai stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan pada diri, detak jantung dan metabolisme dalam tubuh. American College of Obstetricians dan Gynecologists menyatakan bahwa asupan harian kafein (200 mg) tampaknya aman dan masih diperbolehkan untuk di konsumsi untuk ibu hamil, yang merupakan perkiraan jumlah kafein dalam dua cangkir 8 ons kopi. Atau dalam minuman bersoda yang dengan takaran 18-48 mg.

Tentunya ini menjadi kabar baik buat hamil yang suka mengkonsumsi kopi atau teh saat hamil. Hanya saja penting untuk memperhatikan dan membatasi asupan Bunda saat mengkonsumsinya. Karena menurut penelitian bahwa semua wanita dalam masa usia reproduksi seharusnya tidak lebih dari 300 mg kafein sehari. Hal tersebut sama dengan dua cangkir kopi disaring atau tiga cangkir teh.

Saat hamil, sangat disarankan sekali dalam mengkonsumsi kafein sebagai minuman ibu hamil akan lebih baik untuk mengurangi jumlah konsumsi yang tidak lebih dari 200 mg per hari. Apabila lebih dari itu telah dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko berat terhadap keguguran dan tidak baik untuk calon bayi Bunda saat lahir yang dapat menyebabkan masalah serius tentang kesehatanpada bayi. Konsumsi minuman untuk ibu hamil yang mengandung kafein maksimal 1-2 cangkir kopi sehari di antara waktu makan, hal tersebut akan banyak manfaatnya buat Bunda.

manfaat kafein untuk ibu hamil

Bahaya Kafein Untuk Ibu Hamil

Selain ada manfaatnya tentunnya kafein juga mempunyai mudharat atau bahaya yang mustinya bunda ketahui. Apakah bahaya kafein untuk ibu hamil?

Kafein adalah zat yang memiliki efek tidak baik untuk perkembangan pada janin Bunda ketika Bunda mengkonsumsi kopi, teh, minuman bersoda atau minuman lain yang banyak mengandung kafein. Namun hal ini bila Bunda konsumsi berlebih dari ukuran yang disarankan untuk minuman ibu hamil.

Bahaya kafein apabila konsumsi yang berlebih akan dapat memicu keguguran janin. Beberapa studi menunjukkan hubungan antara kafein dan tingkat keguguran dari American College of Obstetri dan Ginekologi (ACOG) mengklaim bahwa tidak ada bukti bahwa kafein menyebabkan keguguran, tetapi juga merekomendasikan bahwa demi kesehatan ibu hamil sebaiknya untuk membatasi asupan kafein selama kehamilan.

Dengan membatasi konsumsi kafein saat hamil sesuai dengan yang di anjurkan akan lebih baik untuk Bunda. Konsumsi kopi atau teh saat hamil tetap dapat Bunda konsumsi dengan aman. Namun semuanya sesuai dengan apa yang di sarankan oleh dokter atau ahli kesehatan ibu hamil lainnya.

Demikian sekilas tentang manfaat dan bahaya kafein untuk ibu hamil. Minuman ibu hamil yang mempunyai manfaat tanpa menghilangkan kebiasaan dan memperhatikan bahayanya untuk ibu hamil merupakan hal yang bijaksana. Semoga informasi ini bermanfaat. Dan terima kasih telah berkunjung dalam artikel ini. Salam Bunda sehat.