Tips Menu Sarapan Ibu Hamil Sehat ala Bunda

ibu hamil sehatSarapan adalah hal yang dilakukan setiap hari oleh semua kalangan. Berdasarkan ahli, umumnya sarapan dilakukan satu jam setelah bangun pagi yang tentunya diawali dengan meminum air putih terlebih dahulu. Sarapan untuk ibu hamil yang baik juga dilakukan diawali dengan memakan makanan seperti buah-buahan maupun makanan yang mudah diserap.

Hal itu karena pada dasar nya organ tubuh khususnya organ-organ yang berperan dalam pencernaan memerlukan makanan yang memiliki kandungan gula sederhana. Perlu diketahui bahwa sistem pencernaan pada manusia memiliki perbedaan seperti pada lambung yang bisa menerima makanan dengan takaran tertentu. Begitu juga yang terjadi saat kehamilan yang dialami oleh para calon ibu. Hal itu mungkin sudah tidak perlu untuk menekankan pentingnya sarapan pada ibu hamil di pagi hari.

Umumnya pada ibu hamil muda memang memiliki nafsu makan yang besar walaupun ada beberapa yang tidak bisa menerima makanan yang disebabkan oleh hormon yang telah diketahui oleh khalayak ramai. Telah disebutkan bahwa sarapan umumnya dilakukan pada saat satu jam setelah bangun pagi.

Saat kehamilan biasanya porsi dalam sarapan meningkat atau dengan kata lain bisa disebut dengan 4 sehat 5 sempurna. Mungkin tidak sepenuhnya sempurna tetapi setidaknya mewakili kebutuhan yang sangat dibutuhkan saat kehamilan yang mungkin jarang dikonsumsi pada saat tidak hamil.

Pentingnya sarapan untuk Ibu hamil

Telah terbukti bahwa kebanyakan ibu hamil memiliki keluhan seperti anemia, gangguan saluran pencernaan dan lain sebagainya. Selain dengan adanya suplemen-suplemen penambah darah ataupun obat lainnya yang bisa menyembuhkan anemia maupun gangguan saluran pencernaan juga dapat dicegah dengan melakukan sarapan untuk ibu hamil setiap pagi.

Hal tersebut adalah beberapa manfaat yang bisa di peroleh dari sarapan ibu hamil yang dilakukan setiap pagi. Selain sebagai langkah penambah darah, sarapan juga dapat memberikan daya tahan tubuh sehingga ibu hamil maupun bayi yang dikandungnya tersebut terhindar dari penyakit.

Daya tahan tubuh sangatlah harus diperhatikan demi mencegahnya hal-hal yang tidak diinginkan saat kehamilan. Perbedaan sarapan pada saat kehamilan dan tidak, bukan didasarkan enak atau tidaknya suatu makanan tersebut melainkan sehat atau tidaknya serta porsi yang dikonsumsi bagi ibu hamil itu sendiri. Karena semua makanan yang enak ataupun mahal belum tentu menjamin kesehatan ibu hamil itu sendiri atau malah bayinya.

Terkait dengan makanan yang dikonsumsi untuk sarapan memang merupakan hal sepele. Tetapi untuk sekarang ini sarapan menjadi momok besar bagi semua kalangan baik untuk ibu hamil maupun kalangan lainnya. Hal ini telah dibuktikan bahwa banyaknya penelitian mengenai dampak-dampak yang terjadi akibat tidak dilakukannya sarapan.

Mungkin hal ini terjadi pada orang-orang yang tidak dalam keadaan hamil tetapi tidak dapat dipungkiri lagi kebutuhan akan makanan ibu hamil lebih banyak dibandingkan orang-orang yang tidak dalam keadaan hamil. Dengan pengertian seperti itu berarti sangatlah penting bagi ibu hamil untuk melakukan sarapan dipagi hari.

5 tips Menu makanan sarapan utnuk ibu hamil

Sarapan sehat ala calon ibu dapat dijadikan sebagai acuan untuk ibu hamil. Sarapan tersebut dapat berupa:

sarapan ibu hamil

Pertama, beras sebagai sumber karbohidrat. Mungkin dari sekian kebanyakan orang telah mengetahui beras tersebut merupakan sumber karbohidrat. Karbohidrat disini juga bisa menggunakan umbi-umbian yang umumnya mengenyangkan. Untuk mengingatkan bahwa selain sebagai sumber energi, karbohidrat dalam tubuh akan disimpan dalam tubuh yang disebut dengan glikogen atau dirubahnya menjadi lemak.

Kedua, sayur-sayuran dan kacang-kacangan sebagai sumber protein, vitamin, serat, mineral, serta kandungan senyawa lainnya yang menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam tubuh. Kandungan serat yang ada dapat dijadikan sebagai obat untuk gengguan saluran pencernaan khususnya.

Ketiga, buah-buahan sebagai vitamin, serat, mineral dan senyawa lain. Seperti halnya sayuran, buah-buahan juga berperan penting dalam mencegah gangguan saluran pencernaan. Selain itu, buah-buahan umumnya mengandung zat-zat yangbisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh yang juga bisa memberikan kontribusi lebih bagi tumbuh kembang si bayi. sayuran serta buah-buahan yang dikonsumsi sebaiknya produk lokal yang tidak mengandung banyak bahan pengawet.

Keempat, daging, telur maupun ikan sebagai sumber protein. Protein sangat penting bagi tumbuh kembang si bayi. Misalnya untuk kecerdasan si bayi dalam kandungan. Dan banyak manfaat lain dari protein itu sendiri bagi perkembangan bayi maupun kesehatan ibu hamil.

Kelima, susu sebagai sumber kalsium. Kalsium adalah senyawa yang sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan. Mungkin banyak sumber kalsium yang bisa dikonsumsi tetapi melimpahnya kandungan kalsium pada susu menjadi pertimbangan untuk memilih susu sebagai pelengkap makanan yang dikonsumsi.

Telah disebutkan bahwa kebutuhan asupan makanan ibu hamil pada pagi hari atau sarapan biasanya memiliki takaran yang lebih dari biasanya bahkan bisa menjadi dua kali lipatnya. Sebenarnya pentingnya sarapan pada ibu hamil maupun tidak dalam keadaan hamil itu sama. Dari uraian tersebut diatas perlu diperhatikan lagi takaran yang akan dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan ibu hamil itu sendiri.