Menjaga Mood Selama Kehamilan Dengan Yoga Ibu Hamil Secara Teratur

yoga-ibu-hamilTidak sedikit ibu hamil berada dalam kondisi stres yang bisa di bilang mendekati tingkat depresi yang berlebih. Dan hampir sebagian besar ibu hamil akan mengalami stres. Biasanya hal ini terjadi pada ibu hamil muda. Apalagi untuk kehamilan yang pertama, tingkat stres akan lebih besar karena mungkin baru pertama kali mengalami baik keadaan ataupun kondisi tubuh yang mempengaruhi psikis ibu hamil muda tersebut.

Menurut sebuah studi percontohan kecil yang dilakukan oleh University of Michigan Health System bahwa wanita hamil dengan riwayat gangguan kejiwaan dapat secara signifikan mengurangi gejala depresi dengan berlatih yoga ibu hamil secara teratur.

Diperkirakan bahwa hingga 20% dari wanita hamil mengalami depresi selama kehamilan, dan untuk wanita dengan riwayat gangguan kesehatan mental, seperti depresi atau kecemasan, kehamilan dan perubahan hormon yang terkait dapat memperburuk kondisi ini. Beberapa wanita, bagaimanapun, menerima pengobatan untuk gangguan mood ibu hamil yang buruk selama kehamilan.

Konsumsi obat anti depresi, perlu kah?

Untuk obat anti depresi sebenarnya baik untuk di konsumsi meskipun hal itu efektif untuk di lakukan namun banyak wanita hamil yang khawatir tentang efek samping yang mungkin obat tersebut dapat memiliki efek yang buruk pada janin mereka yang ada dalam kandungan.

Tetapi apabila tidak diobati, gejala depresi dan kecemasan dalam kehamilan dapat dikaitkan dengan efek dari depresi dan kecemasan tersebut adalah berat badan ibu hamil yang minim, preeklamsia, persalinan prematur, dan hubungan kesehatan ibu hamil dan janin yang juga buruk.

Memberikan kesadaran manfaat yoga untuk Ibu hamil

Mencari informasi sangatlah penting dalam mengatasi masalah yang serius seperti depresi saat hamil. Hal atau cara yang seperti apa yang sebaiknya Bunda lakukan saat mengalami hal tersebut. Konsumsi obat kah? Atau dengan aktivitas yang sehat untuk mengatasi hal tersebut, seperti yoga untuk ibu hamil?.

Mungkin karena minimnya informasi yang di dapat Bunda mengenai yoga ibu hamil ini terlalu sedikit. Jadi rasa enggan untuk melakukan aktivitas tersebut. Karena kesadaran tentang yoga untuk ibu hamil juga belum sepenuhnya dapat di lakukan dengan sepenuh hati. Diskusikan dengan dokter Bunda tentang hal ini. Dan kemudian dapat berkonsultasi dengan ahli yoga untuk ibu hamil yang dapat Bunda temui dari teman atau komunitas ibu hamil lainnya.

yoga untuk ibu hamil

Yoga adalah aktivitas yang menggabungkan pose fisik dengan fokus meditasi. Telah terbukti mengurangi stres dan meningkatkan energi. Peneliti menerapkan program 10 minggu untuk melakukan yoga ibu hamil kepada 18 wanita hamil dengan adanya tanda-tanda stres dan depresi saat hamil tentunya. Dimana di ambil kesimpulan bahwa wanita hamil dengan rata-rata usia kehamilan antara 12 sampai 26 minggu memiliki skor dasar yang lebih besar mengalami stres dan depresi saat hamil.

Edinburgh Postnatal Depression Scale telah melakukan penelitian kesadaran yoga untuk ibu hamil tersebut terhadap beberapa wanita hamil. Peserta juga dinilai tingkat depresi mereka, kesadaran, dan kesehatan ibu hamil dan janin sebelum dan setelah menyelesaikan program kesadaran yoga untuk ibu hamil.

Dan hasilnya, para peneliti menemukan bahwa gejala depresi secara signifikan berkurang berkat program yoga ibu hamil tersebut. Mereka juga melaporkan bahwa peserta tampaknya siap menerima yoga ibu hamil sebagai alternatif yang efektif untuk mengelola gangguan mood selama kehamilan.

Menurut mereka kembali menunjukkan bahwa yoga ibu hamil dapat menjadi alternatif untuk atau terapi komplementer dengan terapi farmakologi dari gangguan suasana hati pada wanita hamil berisiko tinggi untuk gangguan mood yang buruk.

Manfaat yoga untuk ibu hamil

Kesadaran akan yoga untuk ibu hamil mungkin menjadi alternatif yang efektif untuk pengobatan farmasi untuk ibu hamil menunjukkan tanda-tanda depresi. Hal ini mendorong kesehatan ibu hamil dan bayi tetap terjaga dan stabil sampai masa persalinan datang nanti.

Perhatian besar terhadap yoga ibu hamil selama kehamilan dapat mengurangi gejala depresi dan meningkatkan ikatan yang baik antara ibu dan janin pada wanita berisiko untuk gangguan mood yang tidak baik.

Apabila Bunda adalah tipe wanita yang lebih menerima perawatan non tradisional dari depresi saat hamil, yoga ibu hamil sangat cocok untuk Bunda terapkan di bandingkan dengan teknik relaksasi dan kerja pikiran tubuh khusus ibu hamil lainnya, karena kekhawatiran akan keselamatan calon buah hati yang ada dalam kandungan.

Dan demikian ulasan menarik tentang yoga untuk ibu hamil dan bagaimana menumbuhkan kesadaran tentang yoga untuk kehamilan Bunda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisa diterapkan untuk Bunda yang sedang dalam masa kehamilan. Terima kasih telah berkunjung dan salam Bunda sehat.