Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil Muda?

Aneh dan menarik adalah kata yang tepat dalam menjalani masa awal kehamilan. Semua aktivitas maupun kegiatan serta asupan makanan harus di perhatikan dalam masa trimester pertama kehamilan. Masalah yang umum terjadi pada masa awal kehamilan adalah morning sickness yang rata-rata wanita hamil akan mengalami hal tersebut. Mual dan muntah serta perasaan yang tidak enak pada pagi hari adalah kegiatan pagi yang menyebalkan untuk para ibu hamil.

Dari kegiatan tersebut, apakah morning sickness berbahaya untuk kesehatan ibu hamil muda? Sangat berbahaya, apabila kondisi tersebut dalam kategori yang berlebih. Dalam artian, morning sickness yang Bunda rasakan saat hamil muda terlalu berlebihan, sampai tubuh merasakan lemas lunglai. Hal inilah yang di rasa sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil muda.

Habisnya asupan nutrisi dalam tubuh adalah menjadi alasannya. Makanan ibu hamil yang telah di konsumsi pada malam atau kemarin telah terbuah bersama muntah-muntah pada pagi hari yang dirasakan over. Dan yang lebih berbahaya lagi apabila Bunda sudah merasakan tubuh terasa lemas yang sangat, dapat di indikasikan bahwa Bunda mengalami dehidrasi atau kekurangan asupan air dalam tubuh. Dan hal ini akan sangat menganggu dan berbahaya untuk kehamilan Bunda.

keluhan dan solusi penanganan morning sickness yang perlu ibu hamil muda ketahui

Selain mual dan muntah pada pagi hari, ada beberapa hal yang biasanya terjadi yang sangat perlu Bunda ketahui dan semua ibu hamil muda pahami agar dapat tidak kaget begitu menimpa Bunda saat awal kehamilan nanti. Berikut ini adalah beberapa kegiatan morning sickness yang umum terjadi yang di sertai dengan solusi yang dapat membantu Bunda dalam mengatasinya. Silahkan simak ulasan di bawah ini.

Pusing

Pusing merupakan keluhan awal kehamilan yang sangat umum terjadi pada trimester pertama kehamilan Bunda. Pengaruh hormon saat awal kehamilan yang menjadi penyebabnya. Adalah hormon progesterone yang memicu dinding pembuluh darah yang melebar. Sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan tekanan darah dan membuat Bunda merasa pusing. Namun jangan khawatir yang Bunda, sebab keluhan ini tidak akan selamanya dan akan hilang dengan sendirinya.

Solusi untuk penangannya yang tepat tentu harus mengetahui lebih dulu penyebabnya. Apabila hal ini terjadi karena pengaruh hormonal, maka penangannya cukup dengan istirahat yang cukup dan menghindari stres yang berlebih. Namun bila hal itu di sebabkan karena anemia dan hipertensi pada ibu hamil muda, maka mau tidak mau harus di atasi dulu faktor penyebabnya.

Adalagi pusing pada ibu hamil muda di sebabkan karena tekanan darah rendah, dan solusinya adalah dengan mengurangi aktivitas yang berlebih yang banyak mengeluarkan banyak energi. Dan hal kecil yang perlu di perhatikan lagi adalah menghindari gerakan yang mendadak seperti posisi duduk atau jongkok ke posisi berdiri.

Jika memang di perlukan untuk mengkonsumsi obat anti sakit kepala lantaran tidak kuat menahan rasa sakitnya, pilihlah obat ibu hamil yang paling aman. Salah satunya adalah parasetamol yang agak masih bisa di toleransi untuk di konsumsi untuk ibu hamil walaupun tanpa mandapat rujukan dari dokter.

Mual dan muntah

Hampir 70 persen ibu hamil akan mengalami rasa mual dan muntah, tidak jarang juga di sertai dengan rasa pegal, pusing, demam, hingga meriyang. Hal ini wajar Bunda, karena hal tersebut merupakan gejala normal yang muncul pada trimester pertama kehamilan, yaitu pada usia 6 sampai 14 minggu usia kehamilan.

Mual dan muntah ini yang paling sering di kenal dengan morning sickness. Morning sickness terjadi karena plasenta yang berkembang dan menghasilkan sejenis hormon HCG. Hormon ini prosentasenya meninggi sesuai dengan pertumbuhan plasenta. Dan diperkirakan hormon inilah yang mengakibatkan muntah sesuai rangsangan terhadap otot dari poros lambung. Makin tinggi hormon ini maka makin cepat merangsang muntah.

mual-dan-muntah-ibu-hamil

Sumber gambar: gravidaseantenadas.com

Sebenarnya hormon HCG pada ibu hamil muda sangatlah di butuhkan pada masa awal kehamilan. Selain mempunyai peran untuk membentuk plasenta, HCG juga akan menjaga berkembang janin tumbuh dengan baik.

Solusi sehat dalam mengatasi mual dan muntah adalah dengan menyediakan cemilan atau makanan ringan atau coklat untuk ibu hamil walaupun Bunda berada dalam tempat tidur sekalipun. Makanlah ketika bangun tidur atau setelah rasa mual hilang. Jenis makanan ibu hamil muda tersebut dapat menghilangkan rasa mual. Selain itu juga, Bunda harus menjaga pola makan, makanlah sesering mungkin yang Bunda bisa walaupun dalam porsi kecil. Tujuannya adalah untuk menjaga agar perut tidak dalam keadaan kosong dan tetap menjaga gula darah agar tetap stabil.

Perbanyaklah konsumsi makanan ibu hamil muda yang banyak mengandung karbohidrat, minum air putih yang cukup, dan jangan lupa untuk konsumsi vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual. Istirahat yang cukup, serta jauhi dahulu makanan ibu hamil muda yang pedas dan selalu ber-positif thinking tentang kehamilan Bunda.

Sudah tahu kan sekarang Bunda? Bahwa sebenarnya morning sickness adalah hal yang lumrah adanya, yang tidak berbahaya untuk kesehatan ibu hamil, bila Bunda mengetahui untuk penangan dan penyebabnya. Berbahaya dan tidaknya tergantung tingkat morning sickness yang Bunda alami. Dan demikian artikel ini tersaji untuk Bunda. Semoga bermanfaat untuk Bunda aplikasikan dengan seksama dan benar adanya. Terima kasih telah berkunjung. Salam Bunda sehat.