Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda dengan Konsumsi Madu

Tidak sedikit yang mengetahui tentang manfaat besar madu untuk kesehatan ibu hamil muda, namun sudah banyak juga yang sudah mengetahui manfaat madu untuk kesehatan ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam madu ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk ibu hamil. Tidak hanya untuk ibu hamil semata ternyata madu juga banyak mempunyai menfaat untuk tubuh manusia apabila di konsumsi secara rutin. Kandungan nutrisi apakah yang terdapat dalam madu?.

manfaat-madu-untuk-ibu-hamil

Sumber gambar: id.wikipedia.org

Kandungan keemasan dalam madu untuk ibu hamil

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%), sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Karbohidrat madu yang tersisa termasuk maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya.

Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral. Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu. ( Sumber: id.wikipedia.org ).

6 Manfaat penting madu untuk kesehatan ibu hamil muda

Beberapa manfaat madu untuk ibu hamil muda dapat Bunda simak dari ulasan di bawak ini. Silahkan simak dengan baik.

kesehatan ibu hamil muda

Mengurangi rasa mual
Mual saat hamil adalah hal yang selalu di alami pada masa awal kehamilan, tetapi tidak perlu risau ya Bunda, karena hal tersebut wajar di alami oleh semua wanita hamil. Namun apabila keadaan tersebut Bunda tidak kuat untuk menahan rasa mual yang sangat yang terus-terusan datang menghampiri, meminum madu adalah solusi yang tepat untuk mengatasi semua itu. Yang biasanya rasa mual ini terjadi pada ibu hamil muda.

Dapat mengurangi rasa panas dalam perut ibu hamil
Keluhan yang juga sering dialami oleh ibu hamil adalah rasa panas didalam perut (heartburn). Rasa panas diperut ini disebabkan oleh terjadinya pelunakan sphincter antara kerongkongan dan lambung akibat dari hormon yang dilepaskan ketika hamil. Keluhan ini juga bisa dikurangi dengan meminum madu dan susu untuk menetralkan asam lambung, sehingga panas dalam perut bisa dikurangi.

Menambah nafsu makan
Kendala berikutnya yang terkadang menimpa ibu hamil adalah berkurangnya nafsu makan.Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena akan berdampak juga kepada janin yang dikandung. Rasa tidak nafsu makan ini bisa diatasi dengan meminum madu secara teratur.

Sebagai tameng racun pada janin
Bukan hanya tidak nafsu makan saja yang berbahaya bagi ibu hamil. Tapi terlalu banyak makan juga akan berdampak buruk. Karena makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil kadang tidak sesuai dengan kebutuhannya, yang harus lebih di perhatikan adalah jangan sampai makanan tersebut mengandung zat zat yang akan membahayakan janin. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan meminum madu yang mana madu diyakini dapat melindungi janin dari keracunan.

Dapat mempermudah proses kelahiran
Khasiat madu yang satu ini pastinya tidak kalah dengan yang lainnya. Di dalam kandungan madu terdapat zat prostagelandine, dimana zat ini dapat mempercepat kontraksi pada rahim dan membuat leher rahim melebar.

Meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil
Ketika sedang hamil, kondisi ibu hamil harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai kondisinya down, karena akan berpengaruh terhadap perkembangan janin. Maka dari itu ibu hamil harus ditingkatkan kekebalan tubuhnya. Mengonsumsi madu adalah salah satu solusinya, karena dengan tingginya kandungan zat gizi yang ada didalam madu, maka hal itu juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil saat mereka menyusui.

Demikian ulasan penting mengenai manfaat madu untuk ibu hamil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung dalam artikel ini. Dan salam Bunda sehat.