Serba-serbi Mengesankan Ibu Hamil 7 Bulan Tri Semester Terakhir Kehamilan

trimester ketiga kehamilan

Pada trimester ketiga kehamilan akan muncul kontraksi palsu atau Braxton Hicks. Kontraksi ini dirasakan hilang timbul dan tidak semakin sering. Kadang kalau ibu berjalan-jalan, maka kontraksinya akan hilang. Kontraksi harus diwaspadai terutama bila semakin sering dan disertai dengan keluar darah dan keluar air dari jalan lahir. Mungkin saja tanda persalinan sudah dimulai. Jangan segan-segan untuk menghubungi dokter anda bila tanda-tanda ini mulai anda rasakan.

Beberapa perubahan tubuh ibu hamil 7 bulan tri semester ketiga

Merupakan kejadian yang sering dialami oleh ibu hamil, sehingga saat ini kriteria kaki bengkak sudah tidak lagi digunakan untuk menunjukkan suatu keadaan darah tinggi dalam kehamilan. Kaki bengkak terjadi akibat penimbunan cairan pada tubuh wanita hamil dan penekanan dari pembuluh darah besar di dasar panggul oleh bagian-bagian dari bayi. Kaki bengkak terjadi pada saat berdiri lama, ataupun duduk terlalu lama.

Gejala yang sering dirasakan terutama adalah saat ibu hamil merasakan sepatu yang biasa dipakai tiba-tiba menjadi lebih sempit dari biasanya. Untuk mengatasinya adalah dengan menaikkan kaki dengan bantal saat tidur malam, serta bila harus menempuh perjalanan jauh, usahakan untuk beristirahat dan berjalan-jalan untuk mencegah kaki bengkak dan timbulnya varises. Harus diwaspadai bila kaki bengkak disertai dengan darah tinggi.

Pada ibu hamil 7 bulan pergerakan janin dalam kandungan yang sangat aktif membuat ibu hamil khawatir, akibatnya menjadi sulit tidur. Apalagi pergerakan anak biasa dirasakan sangat aktif pada malam hari. Pegerakan anak yang aktif dirasakan pada malam hari disebabkan oleh beberapa faktor, seperti aktifitas ibu yang sudah menurun membuat ibu lebih merasakan pergerakananak daripada di siang hari.

Selain itu juga, pada malam hari kadar gula darah ibu akan menurun, hal ini membuat bayi lebih kuat beraktifitas. Tidak perlu takut dengan pergerakan anak karena biasa pergerakan anak akan terus meningkat sampai usia kehamilan 8 bulan dan awal dan pertengahan bulan-bulan terakhir masa kehamilan.

Selain beberapa keluhan tersebut ada beberapa ibu hamil yang mengeluh karena produksi keringat yang cukup banyak. Ada pula yang muncul varises atau pembengkakan pada bagian tangan serta kaki akibat cairan tubuh yang tertimbun pada bagian tersebut. Solusi untuk masalah seperti itu adalah dengan mengurangi posisi berdiri atau berjalan terlalu jauh.

trimester ketiga kehamilan

Makanan ibu hamil yang wajib di konsumsi untuk usia kehamilan 7 bulan

Kalori

Kebutuhan akan kalori untuk ibu hamil 7 bulan sangat penting untuk ketahanan tubuh. Asupan yang terdapat pada bahan makanan ibu hamil yang banyak mengandung karbohidrat ini sebaiknya di konsumsi dengan cukup pada masa usia kehamilan pada trimester terakhir.

Vitamin B

Nutrisi vitamin B sangat banyak terdapat pada sayuran dan bahan makanan ibu hamil seperti ikan dan daging. Sebagai penambah nutrisi ibu hamil dan kesehatan janin kebutuhan vitamib B sangatlah di perlukan.

Yodium

Untuk mencegah dari kelahiran prematur dan buah hati yang kurang sehat, sebaiknya dalam masa ibu hamil 7 bulan untuk mengkonsumsi yodium. Namun dalam bulan terakhir atau bulan kesembilan sebaiknya di kurangi untuk konsumsi hal ini.

Kalsium

Kalsium sangat penting untuk pembentukan tulang calon buah hati. Jadi, jangan sungkan untuk konsumsi nutrisi ibu hamil yang satu ini.

Buah buahan untuk ibu hamil

Konsumsi buah secara rutin saat hamil memang sangat baik untuk kecerdasan calon buah hati. Tetapi Bunda harus dapat membedakan mana buah ibu hamil yang baik untuk Bunda konsumsi dan mana buah yang menjadi pantangan ibu hamil.

Tips menjaga kesehatan ibu hamil 7 bulan

Usahakan untuk banyak beristirahat saja ketika sudah menginjak usia hamil7 bulan. Bunda dapat beristirahat dengan cara duduk bersandar sambil menyangga kedua kaki diatas bantal. Dan jika Bunda seorang pegawai sebaiknya segera ambil cuti hamil apabila Bunda sudah sering mengalami rasa lelah ketika bekerja. Utamakanlah kondisi Bunda dan juga janin ketika sudah menginjak usia kehamilan 7 bulan keatas. Itu tadi sedikit info agar bisa membantu Bunda tetap sehat dan buah hati juga sehat hingga lahir.

Berat badan ibu hamil yang semakin payah Bunda rasakan menempatkan tekanan lebih pada punggung Bunda, membuat Bunda merasa pegal dan sakit. Dan Bunda juga mungkin merasa tidak nyaman pada panggul dan pinggul anda karena sekarang otot-otot sedang meregang mempersiapkan diri untuk melahirkan. Dan untuk mengurani dari tekanan punggung yang sangat terasa oleh ibu hamil 7 bulan, Bunda dapat melakukan tips di bawah ini:

  • Membiasakan diri selalu dalam posisi tubuh yang benar dalam segala aktivitas. Seperti posisi tidur, duduk, dan lainnya.
  • Posisi duduk dengan tegak dan selalu gunakan kursi yang memberikan dukungan yang baik pada tulang punggung Bunda.
  • Posisi tidur miring dengan bantal terselip antara kaki akan terasa lebih nyaman buat Bunda dan aman untuk calon buah hati Bunda.
  • Jangan menggunakan sepatu atau sandal high heels
  • Rendam kaki dengan air hangat dan garam selama 15 menit sebelum tidur yang bertujuan untuk meredakan nyeri.

Mual dan sembelit saat ibu hamil 7 bulan juga sangat sering di rasakan yang disebabkan oleh hormon progesteron yang semakin banyak berproduksi pada trimester ketiga kehamilan ini. Menjadikan otot-otot tubuh terasa lemah dan terasa sangat melelahkan dalam tubuh Bunda.

Dan untuk mengatasi mual, cobalah makan lebih sering dengan porsi kecil sepanjang hari dan menghindari makanan berminyak, pedas, dan asam seperti buah jeruk. Untuk sembelit, tingkatkan asupan serat dan cairan anda. Jika Mual atau sembelit benar-benar mengganggu Bunda.