Tips Merencanakan Ibu Hamil Sehat Yang Tepat Dan Akurat

mempersiapkan kehamilan

Segera memiliki momongan memang menjadi salah tujuan bagi pasangan suami istri setelah menikah. Namun tidak sedikit bagi pasangan suami istri yang sangat menginnginkan hal ini, karena tak kunjung juga di kasih momongan dala, biduk rumah tangganya. “ kenapa saya susah untuk hamil?”. Atau kenapa Bunda tidak kunjung hamil padahal usia pernikahan sudah relatif lama?, kenapa?.

Bila Bunda adalah pasangan muda tidak usah risau apabila belum di berikan amanah berupa momongan sementara usia pernikahan masih setahun. Dan ini termasuk kategori normal. Yang sebetulnya yang tidak normal adalah apabila usia pernikahan sudah memasuki 3 tahun ke atas dapat di katakan kandungan normal atau tidaknya. Hal tersebut juga musti Bunda barengi dengan pemeriksaan dan konsultasi secara teratur kepada dokter kandungan Bunda.

Jangan menyerah Bunda, berdoa dan terus berusaha akan menjadi obat Bunda untuk mendapatkan momongan seperti yang Bunda dan keluarga impikan. Tidak lupa juga menerapkan langkah yang tepat dalam mempersiapan kehamilan, karena bukan tidak mungkin Bunda bisa hamil di tahun berikutnya kan?. So, pantang menyerah untuk berusaha ya Bunda.

Tidak semua wanita yang sudah menikah baik lama maupun baru yang tidak langsung hamil walaupun sudah menghentikan penggunaan alat kontrasepsi yang biasa Bunda lakukan. Ketakutan pun mendera Bunda, tapi jangan khawatir, karena hal semacam itu sangat sering terjadi pada wanita yang sering menggunakan alat kontrasepsi. Hal ini di sebabkan karena sering kali dalam tubuh membutuhkan waktu beberapa bulan untuk bisa melakukan proses ovulasi normal kembali setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi. Nah, sudah tau kan sekarang Bunda?, dengan pemakaian alat kontrasepsi walaupun sudah di lepas tidak langsung terjadi kehamilan.

4 langkah penting dalam mempersiapkan ibu hamil yang sehat

Dalam mempersiapkan kehamilan perlu memperhatikan dengan cermat aspek penting untuk proses kehamilan yang sehat, baik untuk Bunda maupun calon bayi nantinya. Dan di bawah ini merupakan langkah-langkah nyata yang baik untuk Bunda lakukan dalam membantu mempersiapkan kehamilan ibu sehat, silahkan simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Lakukan Vaksinasi

Hal yang pertama dan utama dalam mempersiapkan kehamilan untuk mendapatkan ibu hamil yang sehat dan calon bayinya adalah vaksinasi. Sangat disarankan sekali untuk Bunda harus memperbaharui vaksinasi sebulan sebelum memulai mempersiapkan program kehamilan ini.

Yang Bunda perlu ketahui bahwa hal ini untuk memastikan kesehatan ibu hamil, karena infeksi seperti cacar dan campak bisa berbahaya bagi bayi yang belum lahir dapat teratasi dengan aman dan tepat. Sebaliknya, apabila vaksinasi Bunda tidak lengkap atau Bunda tidak yakin memiliki daya tahan tubuh terhadap infeksi tertentu, maka Bunda bisa melakukan tes darah untuk memeriksa tingkat imun dalam tubuh Bunda untuk lebih memastikannya.

Perhatikan berat badan calon Ibu hamil

Logikanya adalah apabila Bunda memiliki berat badan yang sehat, sangat besar peluang Bunda untuk hamil akan semakin besar. Perhitungan berat badan yang normal dihitung dengan kalkulasi indeks massa tubuh. Yang sering terdapat pada leaflet atau poster yang ada pada tempat layanan kesehatan masyarakat, seperti puskesmas, tempat praktek dokter atau bisa menanyakan langsung dengan dokter Bunda. Sebenarnya sangat mudah perhitungannya, yaitu berat badan dibagi tinggi badan.

Yang perlu sangat di perhatikan apabila angka indeks massa tubuh Bunda di atas normal, sangat dianjurkan untuk segera menurunkan berat badan sebelum memulai program kehamilan. Hal ini di karenakan wanita dengan angka indeks massa tubuh tinggi lebih cenderung memiliki komplikasi selama kehamilan maupun persalinan. Penurunan berat badan juga berguna untuk mengurangi risiko masalah kesehatan ibu hamil dan pada janin dikemudian hari. Sangat tidak di inginkan bukan?.

Dan sebaliknya, bila angka indeks massa tubuh kamu di bawah normal, maka Bunda perlu meningkatkannya dengan menerapkan pola makan sehat untuk calon ibu hamil. Bunda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk membantumu menaikkan berat badan secara sehat. Bila berat badan calon ibu hamil tidak ditingkatkan, mungkin Bunda bisa menjadi kesulitan untuk hamil. Selain itu, misalpun terjadi kehamilan, Bunda lebih cenderung melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah atau bisa di katakan buruk, sebuah kondisi yang berarti tidak baik untuk kesehatan calon ibu hamil kan?.

Konsumsi makanan yang sehat untuk calon ibu hamil

Tidak ada larangan yang begitu penting dalam hal memilih makanan sehat ibu hamil untuk merencanakan kehamilan. Tetapi pastikan Bunda mengonsumsi makanan bergizi yang higienis agar Bunda memiliki cukup nutrisi untuk memiliki kehamilan yang sehat nanti pada waktunya. Kesampingkan dahulu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan nutrisi yang tidak baik dalam menunjang kehamilan Bunda.

memilih makanan sehat untuk ibu hamil

Mengkonsumsi ikan sangat baik untuk ibu hamil atau Bunda yang sedang merencanakan kehamilan, walaupun demikian, pastikan dengan teliti bahwa ikan tersebut adalah ikan segar yang Bunda konsumsi. Dalam daging ikan banyak kandungan asam lemak omega-3 yang sangat penting bagi kesehatan Bunda untuk mendukung rencana kehamilan. Dan dalam masa kehamilan, ikan segar untuk ibu hamil juga sangat baik untuk perkembangan otak dan mata calon buah hati Bunda. Selain itu, ikan juga kaya akan protein, vitamin D, dan nutrisi-nutrisi lainnya yang sangat di perlukan dalam tubuh dan kehamilan Bunda nanti.

Yang selanjutnya, utamakan banyak konsumsi makanan yang tinggi kalsium, seperti susu dan yoghurt. Dan di imbangi dengan sumber protein, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, produk dan daging. Usaha tersebut dapat membantu tercukupinya nutrisi yang dibutuhkan calon ibu yang merencanakan kehamilan yang tepat dan akurat.

Berhenti konsumsi minuman beralkohol dan merokok sekarang!

Berhenti sekarang atau tidak sama sekali. Tidak akan ada konsultan atau praktisi kehamilan yang tidak menyarankan hal ini. Karena minuman beralkohol dan merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi keberlangsungan kehamilan Bunda dan janin. Bunda juga bisa menghadapi meningkatnya risiko besar keguguran.

Sebagai langkah aman dan motivasi Bunda untuk mendapatkan momongan lebih baik hentikan konsumsi minuman beralkohol dan merokok sejak Bunda memulai mempersiapkan proses kehamilan. Jangan sungkan untuk mencari dukungan dan bantuan dari keluarga maupun dokter agar Bunda dapat menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok. Karena sangatlah tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin nantinya.

Kesehatan ibu hamil adalah sesuatu yang jadi prioritas utama. Jangan sampi rencana kehamilan Bunda menjadi beban. Jalani dengan rileks dan didasari kebahagiaan pada tiap prosesnya agar Bunda tidak stress dalam menjalaninya. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, semoga rencana Bunda dalam memiliki momongan akan segera terkabulkan. Jangan lupa berdoa. Dan jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan dokter tentang perencanaan kehamilan Bunda.

Demikian artikel tentang perencanan kehamilan yang tepat dan akurat untuk Bunda lakukan tersajikan untuk Bunda. Semoga artikel ini bermanfaat dan terealisasi dengan kabar yang membahagiakan Bunda. Terima kasih telah berkunjung. Dan salam Bunda sehat.