Kenapa Bayi Belum Lahir, Padahal Tanggal Prediksi Kelahiran Sudah Lewat

tanggal-prediksi-persalinan

Hari kelahiran bukanlah sesuatu hal yang pasti. Dokter hanya bisa memprediksi dengan melihat data dari awal dan akhir masa haid Bunda. Dalam banyak kasus yang terjadi adalah bayi dapat lahir sekitar seminggu sebelum dan sesudah dari tanggal prediksi dokter. Aneh kan? Dan sekali lagi kenehan tersebut bukan berarti bayi mengalami keterlambatan lahir. Karena bisa saja hal tersebut terjadi oleh kesalahan tanggal Bunda menentukan hari pertama dan terakhir masa dating bulan.


Dalam perhitungan secara medis, biasanya bayi diperkirakan lahir saat kehamilan berusia sekitar 40 minggu atau sekitar 280 hari dari hari pertama haid terakhir. Atau 9 bulan 10 hari.


Wanita melahirkan memang unik dan berbeda-beda. Ada beberapa wanita yang tidak kunjung melahirkan setelah tanggal prediksi yang di keluarkan oleh dokter. Dalam hal ini sangat dimohon untuk Bunda tidak khawatir berlebihan jika Bunda mengalami hal tersebut.

Beberapa alasan bayi belum keluar dari tanggal prediksi persalinan

Lalu, apa yang salah? Dalam hal ibu melahirkan tidak ada yang salah, karena sebenarnya tidak ada yang tahu pasti mengapa Bunda bisa menjalani kehamilan lebih lama. Hal ini juga tidak disebabkan oleh pola hidup yang dijalani selama masa kehamilan Bunda. Dan berikut ini adalah beberapa lebih yang mungkin Bunda mengalami keterlambatan dalam menjelang proses persalinan.

Yang pertama adalah masa haid yang pertama dan yang terakhir tidak diketahui dengan pasti. Entah mungkin ragu atau lupa karena menghadapi masa kehamilan yang memang kadang dapat menimbulkan stres pada ibu hamil. Jadi, untuk menghitung awal masa haid dan terakhir yang di utarakan kepada Dokter saat konsultasi tidak ingat atau lupa.

Yang kedua, kehamilan ini merupakan kehamilan yang pertama untuk Bunda. Jadi, pengaruh stres dan hormonal menadi penyebabnya.

Yang ketiga adalah barangkali calon buah hati yang ada dalam kandungan berjenis kelamin laki-laki.
Yang keempat, hati-hati dengan obesitas pada ibu hamil. Karena dapat berpengaruh juga dalam maju mundurnya proses persalinan Bunda.

Dan yang terakhir, walaupun hal ini jarang terjadi, kondisi ini mungkin terjadi karena ada masalah pada plasenta atau calon buah hati, dan sebaiknya untuk konsultasikan segera kepada Dokter kandungan Bunda.

Prediksi bayi dilahirkan lebih dari 9 bulan 10 hari

Apabila Bunda mengalami beberapa hari keterlambatan dalam proses persalinan, itu masih wajar kok Bunda? Dan kebanyakan dokter tidak akan langsung menawarkan penanganan induksi untuk mempercepat persalinan Bunda. Apabila sudah lewat dari lima hari atau bahkan seminggu, mungkin Bunda akan di sarankan untuk rawat inap untuk mengetahui kondisi Bunda, agar dapat terus dipantau oleh dokter untuk melihat apakah ada tanda-tanda komplikasi atau yang lainnya.

 induksi pada ibu hamil

Apakah induksi itu? Hal ini merupakan prosedur Dokter dalam penanganan ibu hamil yang memerlukan rangsangan dalam proses kehamilan. Karena kebanyakan ibu hamil akan melahirkan dengan spontan saat usia kehamilan menginjak 42 minggu. Jika persalinan tidak kunjung terjadi setelah waktu tersebut, takutnya ada beberapa risiko yang dapat menimpa pada calon buah hati Bunda. Mari kita simak beberapa kemungkinan yang dapat menimpa janin jika dilahirkan di atas 42 minggu.

Kemungkinan yang pertama adalah janin yang di dalam kandungan mungkin akan kekurangan oksigen karena kondisi plasenta mulai memburuk setelah usia kehamilan di atas 38 minggu.

Yang kedua, bisa jadi ukuran janin terlalu besar dan akan sulit untuk melewati jalan lahir. Dan disinalh operasi caesar mungkin dibutuhkan. Dan kalau bisa hal tersebut menjadi opsi terakhir untuk sebuah proses persalinan.

Yang ketiga adalah di karnakan pertumbuhan melambat atau bahkan berhenti karena sudah tidak ada ruang lagi di rahim.

Yang keempat adalah air ketuban sudah tidak baik, padahal cairan inilah yang melindungi janin di dalam rahim. Kualitas air ketuban juga dapat menyebabkan tali pusar janin terjepit karena pergerakan janin atau saat rahim berkontraksi.

Yang kelima, yang sangat perlu di waspadai adalah terjadi keadaan yang gawat pada janin seperti detak jantungnya melambat, dan ini sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin tentunya.

Dan yang terakhir adalah janin sudah meninggal di dalam kandungan. Dan hal ini tentunya tidak sangat di harapkan sekali.

Tips mencegah persalinan melewati tanggal prediksi hari kelahiran lebih dari 42 minggu

Untuk mencegah persalinan yang melampaui dari tanggal prediksi kelahiran bayi yang berbahaya yaitu di atas usia 42 minggu, dalam hal ini beberapa dokter akan melakukan induksi saat kehamilan berusia 41 minggu dan kondisi serviks telah siap, atau bahkan secepat mungkin mendapatkan penanganan dengan cepat karena ditakutkan jika terjadi komplikasi. Namun ada dokter yang mungkin memilih untuk menunggu persalinan datang secara alami sambil memonitor keadaan Bunda. Karena semua wanita hamil dapat malakukan persalinan normal. Tergantung pada kasus yang di alami setiap wanita pada tingkat berbahaya atau tidak.

Bersikap tenang adalah menjadi solusi tepat untuk Bunda lakukan. Pastikan bahwa kondisi kesehatan ibu hamil stabil. Dan janin dalam kandungan dalam keadaan sehat. Tanyakan hal tersebut kepada dokter. Bila semuanya baik-baik saja, maka sugesti diri Bunda bahwa dapat melahirkan dengan normal. Dan hal ini sangat penting untuk Bunda lakukan.

Bebaskan pikiran Bunda dari hal-hal negatif, lepaskan, rileks adalah cara terbaik untuk memotivasi diri supaya dapat melahirkan dengan normal. Jangan takut, Bunda bisa, jangan memikirkan menangani tanda-tanda persalinan yang menyeramkan, atau menakutkan. Santai saja, semuanya akan baik-baik saja.

Jangan habiskan tenaga dan pikiran untuk hal yang tidak berguna. Jaga kondisi fisik Bunda, karena pada masa ini Bunda mungkin merasa lelah menjalani kehamilan seperti ini. Kondisi tubuh Bunda mungkin mengalami ketidaknyamanan secara menyeluruh seperti punggung terasa pegal-pegal, pergelangan kaki membengkak, sakit di ulu hati, wasir, atau susah tidur. Semuanya adalah sudah waktunya untuk persalinan. So, Bunda pasti bisa.

Dan demikian ulasan lengkap mengenai persalinan yang tak kunjung datang padahal sudah melampaui tanggal prediksi, tidak usah khawatir asalkan Bunda rajin untuk mengkonsultasikannya kepada dokter kandungan. Apa yang akan di lakukannya adalah solusi yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda. Dan terima kasih telah berkunjung dan salam Bunda sehat.