2 Jenis Makanan Ibu Hamil Wajib Konsumsi Selama Masa Kehamilan

jenis-makanan-sehat-ibu-hamil

Dalam menyambut datangnya masa kehamilan perlu mempersiapkan bekal yang cukup. Tidak hanya mental, namun lebih dari itu. Selain mempersiapkan perlengkapan bayi yang cukup, Bunda juga harus mempersiapkan menu makanan sehat ibu hamil yang khusus dan penting untuk Bunda perhatikan.

Hal pertama yang perlu Bunda perhatikan dalam hal makanan adalah memilih makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil dalam masa-masa kehamilan Bunda. Pada masa trimester pertama kehamilan akan menjadi tantangan tersendiri dalam hal memilih makanan sehat untuk ibu hamil. Karena dalam trimester pertama kehamilan Bunda akan banyak mengalami hal-hal yang sangat riskan dan penentu untuk masa-masa kehamilan selanjutnya.

Makanan sehat ibu hamil trimester pertama

Penentuan pertama kehamilan 50 % terdapat pada masa usia trimester pertama kehamilan. Selain keluhan dan pantangan yang sangat harus Bunda perhatikan dan hindari pada trimester pertama kehamilan, makanan ibu hamil trimester pertama adalah penentu.

Kadang ibu hamil pada trimester ini kurang sekali asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan ibu hamil yang di inginkan kadang-kadang juga aneh, makanan ibu hamil yang tidak begitu mempunyai asupan nutrisi yang cukup untuk layaknya ibu hamil. Makanan yang masam, atau pedes sering menjadi langganan keinginan ibu hamil pada trimester pertama masa kehamilan. Sebenarnya makanan ibu hamil tersebut tidak masalah untuk di konsumsi, namun sangat minim sekali untuk nilai gizinya.

Semua makanan ibu hamil tersebut wajar adanya sebagai keinginan yang sangat di minati untuk ibu hamil. Pengaruh hormonal yang sangat kuat untuk trimester pertama usia kehamilan adalah sebagai penyebab utamanya. Dan sangat normal adanya bila hal tersebut menimpa Bunda yang sangat ini sedang mengalami awal usia kehamilan.

Tips ibu hamil dalam menyiasati hal tersebut adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berupa buah buhan dan sayuran untuk ibu hamil. Dua jenis makanan ibu hamil ini yang sangat mungkin dapat masuk di konsumsi pada trimester pertama masa kehamilan dengan adanya pengaruh dari dalam kandungan seperti yang di sebutkan di atas.

Selain itu, konsumsi vitamin ibu hamil juga menjadi tips ibu hamil yang sangat jitu untuk mendapatkan asupan nutrisi tambahan pada usia awal kehamilan yang penuh dengan rintangan dan keluhan yang di timbulkan dari hormon kehamilan Bunda.

buah dan sayur untuk ibu hamil

Sayur-sayuran untuk ibu hamil

Jenis makanan ibu hamil ini sangat harus banyak di konsumsi Bunda saat masa trimester pertama usia kehamilan. Lalapan sayuran yang begitu fresh biasanya menjadi daya tarik sendiri untuk meningkatkan nafsu makan untuk ibu hamil. Dan di bawah ini adalah jenis sayuran ibu hamil yang baiknya Bunda konsumsi untuk trimester pertama usia kehamilan.

Buah buahan untuk ibu hamil

Satu lagi makanan ibu hamil yang sebaiknya Bunda konsumsi pada trimester pertama usia kehamilan adalah buah-buahan ibu hamil. Siapa sih yang tidak menyukai buah? Tentunya Bunda juga suka kan? Selain sebagai alternatif untuk makanan ibu hamil untuk mengatasi mual saat pada masa awal kehamilan, buah juga bagus untuk kesehatan ibu hamil untuk awal kehamilan. Dan di bawah ini merupakan buah-buahan yang sangat baik dan banyak manfaatnya untuk di konsumsi pada trimester pertama kehamilan.

Beberapa tips sehat ibu hamil di atas apabila Bunda terapkan dalam masa awal kehamilan akan lebih baik. Dan akan lebih baik lagi apabila Bunda mengkonsultasikan langsung terhadap dokter kandungan Bunda. Makanan ibu hamil apa yang baik untuk Bunda konsumsi dengan mengetahui langsung keadaan kehamilan Bunda.

Banyak mempunyai referensi dan tips sehat ibu hamil dari artikel atau majalah akan lebih baik juga untuk Bunda. Dan tidak lupa berbagi pengalaman dengan teman dan sekedar ngobrol seputar kehamilan dalam arisan juga sangat baik daripada ngrumpi atau ngomongin orang….hehehe

Demikian ulasan tentang makanan ibu hamil yang baik di konsumsi pada trimester pertama kehamilan tersaji untuk Bunda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda dan terima kasih telah berkunjung. Dan salam Bunda sehat.

  • sangat bermanfaat… (y)