Cara Membedakan Tanda-tanda Kehamilan dan Pra-menstruasi

 tanda-tanda kehamilan muda

Gejala yang hampir sama pada tanda-tanda kehamilan dan pra-menstruasi sangat perlu ketahui untuk Bunda yang dalam masa kehamilan muda, apalagi untuk ibu hamil muda yang baru melakukan program untuk hamil.

Memang tidak semua wanita akan mengalami tanda-tanda pra-menstruasi dan gejala-gejala awal kehamilan seperti yang akan Bunda bahas kali ini. Efek setiap kondisi kedua yang sedang kita Bunda bahas yang dialami bisa bervariasi pada masing-masing dan berbeda-beda pada wanita. Akan tetapi, Bunda bisa melihat tanda-tanda pada masing-masing keadaan keduanya yang bisa menjadi acuan untuk Bunda bisa membedakan mana kondisi yang berkaitan dengan pra-menstruasi dan gejala awal kehamilan yang mungkin akan Bunda alami.

Kalau diperhatikan dan gejala yang di timbulkan memang ada beberapa kemiripan antara tanda-tanda Bunda akan mengalami menstruasi dan gejala atau tanda-tanda awal kehamilan.

Ada wanita yang dalam masa pre-menstruasi dan memasuki masa menstruasi akan mengalami sejenis depresi yang terlampau. Hal ini sebenarnya memang wajar adanya, walaupun mungkin tidak seperti wanita menstruasi pada umumnya. Yang harus ikut andil dalam hal ini adalah orang yang di dekatnya, seperti suami ataupun keluarga. Emosi yang tidak stabil harus ada pengertian dari orang-orang yang dekat dengannya. Jangan dibiasakan untuk mengkonsumsi obat anti depresi, karena sesungguhnya kurang baik, walaupun dapat dengan cepat melakukan penanganannya.

Tanda-tanda awal kehamilan memiliki banyak macam dan variasinya pada setiap wanita yang memasuki awal kehamilan. Persamaan dan perbedaan antara gejala mentruasi dan awal kehamilan yang relatif agak susah untuk di bedakan. Mencari tahu apa saja persamaan dan perbedaannya akan Bunda bahas pada ulasan di bawah ini agar Bunda tidak hanya menduga dan mengira tentang keadaan Bunda saat ini, antara kondisi menjelang mentruasi atau kabar yang menggembirakan yaitu Bunda di nyatakan telah positif hamil.

PMS

Perbedaan dan persamaan pra-menstruasi dengan tanda-tanda awal kehamilan

Sangat Mudah sekali merasakan lelah

Perasaan lelah pada masa akan menjelang mentruasi sepertinya bisa terjadi karena meningkatnya hormon estrogen dan progesteron yang dibutuhkan untuk menyiapkan tubuh menghadapi menstruasi.

Sedangkan untuk tanda kehamilan merupakan perubahan hormon yang terjadi saat hamil juga bisa membuatmu mengalami kelelahan yang teramat sangat. Apabila Bunda mengalami kondisi yang telah disebutkan di atas dan sedang dalam proses merencanakan kehamilan yang intens sedang dilakukan, sebaiknya melakukan uji kehamilan dengan alat test kehamilan yang dapat Bunda beli di apotik atau untuk lebih gamblang lagi tentang keadaan Bunda saat ini periksakan diri ke dokter kandungan yang terdekat.

Meningkatnya nafsu makan dari biasanya

Apabila hal tersebut terjadi saat pra-mentruasi, Bunda mungkin akan menyadari bahwa nafsu makan pada makanan tertentu lebih meningkat dengan sangat, misalkan Bunda ingin melahap jenis makanan yang pedas, atau makanan yang berbau khas lainnya. Dapat dikatakan bahwa Bunda mungkin lebih rakus dari biasanya dalam mengkonsumsi makanan tersebut.

Sedangkan untuk tanda kehamilan sebenarnya hampir tidak dapat di bedakan dengan keadaan Bunda menjelang menstruasi. Karena pada masa awal kehamilan juga bisa membuat Bunda mempunyai keinginan yang kuat untuk menyantap beberapa jenis makanan ibu hamil tertentu atau bahkan mengonsumsi hal-hal yang Bunda tidak dalam keadaan hamil menganggapnya aneh. Tetapi sebenarnya ada letak perbedaannya, yaitu dengan menandai indera perasa Bunda yang akan jauh lebih sensitif pada makanan, sehingga Bunda enggan untuk memakannya. Sedangkan sebelum kehamilan itu datang, Bunda sering sekali mengonsumsi makanan tersebut. Unik ya Bunda.

Kram di sekujur tubuh

Untuk gejala menjelang mentruasi dengan lama sehari atau dua hari menjelang hari pertama menstruasi Bunda mungkin akan mengalami kram pada tubuh. Dan keadaan ini akan berkurang saat menstruasi datang dan semuanya akan terasa dari tubuh pada hari di mana masa dating bulan Bunda telah berakhir.

pra-menstruasi

Sedangkan pada kehamilan maka kram yang terjadi mirip seperti kram ringan saat haid, akan tetapi letak rasa nyeri pada tubuh saja yang tidak sama. Rasa nyeri atau kram akibat tanda-tanda kehamilan biasanya terasa di bawah perut atau punggung pada bagian bawah. Dan yang perlu Bunda catat dalam keadaan ini adalah, hal ini akan berlangsung lebih lama daripada masa menjelang menstruasi.

Rasa nyeri pada area payudara

Nyeri yang di rasakan pada masa menjelang menstruasi dapat disertai dengan pembengkakan pada area payudara, akan pada saat menstruasi itu tiba. Dan tepatnya selama paruh kedua siklus menstruasi. Dalam hal ini juga berbeda-beda pada seorang wanita, ada rasa nyeri tersebut yang di rasakan sangat menyiksa, namun ada juga yang mengalaminya dengan biasa saja. Maksudnya rasa nyeri tersebut masih dapat tertahankan sakitnya.

Rasa nyeri pada area payudara

Rasa nyeri pada payudara untuk tanda-tanda kehamilan maka jangan di tanya, karena rasa sakitnya akan jauh lebih sakit dari masa saat menjelang menstruasi. Dan terlebih lagi saat memasuki usia kehamilan sekitar setengah bulanan. Maka yang Bunda rasakan pada area payudara mungkin akan menjadi lebih sensitif, rasa nyeri yang berlebih saat tersentuh, atau mungkin terlihat lebih berisi atau padat kata orang. Dan catatan lagi, nanti pada masa usia kehamilan menginjak bulan ke dua, warna akan putting atau area di sekitar putting akan berubah menjadi lebih gelap.

Muncul flek yang keluar pada alat vital

Untuk masa menjelang menstruasi munculnya flek ini dapat menjadi tanda bahwa Bunda akan segera mendapat datang bulan. Flek dengan warna kecokelatan yang keluar dari alat vital ini biasanya berlangsung selama satu atau dua hari. Dengan tingkat volume hanya setetes atau dua tetes. Dan kemudian dilanjutkan dengan perdarahan haid selama sekitar 5 sampai 7 hari.

Sedangkan untuk tanda kehamilan perdarahan ringan seperti flek berwarna merah muda atau cokelat tua atau akan keluar saat buang air kecil. Namun sebenarnya hal ini jarang terjadi. Tetapi juga hal tersebut dapat menjadi salah satu tanda kalau Bunda dinyatakan telah positif hamil. Proses pembuahan yang menjadi penyebab flek itu terjadi untuk tanda kehamilan. Dan flek darah ini akan terjadi pada masa usia kehamilan satu minggu. Jangan khawatir ya Bunda flek yang muncul ini biasanya hanya terjadi dalam beberapa hari saja kok. Dan waktunya juga relatif lebih pendek dari masa menstruasi.

Akhirnya, demikian pembahasan untuk membedakan antara masa menjelang menstruasi dan tanda kehamilan untuk memudahkan Bunda dalam membedakan dan menepis kekhawatiran tentang itu semua. Semoga aktikel ini bermanfaat sebagai pengetahuan yang menarik untuk Bunda. Dan salam Bunda sehat.