Sugesti Bunda: “Semua Ibu Hamil Dapat Melahirkan Normal”

bayi-lahir-normal

Semua wanita hamil dapat melahirkan dengan normal. Walaupun pada proses melahirkan normal yang dialami tiap wanita hamil berbeda-beda. Prosesi melahirkan adalah masa yang dinantikan semua ibu hamil, apalagi mendapatkan anak adalah dambaan banyak pasangan setelah menikah. Penting sekali mendapatkan sugesti untuk ibu hamil dapat melahirkan secara normal. Bagi Bunda yang ingin menjalani persalinan normal tidak ada salahnya untuk mempelajari berbagai tips melahirkan normal yang akan Bunda bahas kali ini.

Dalam prosesi yang Bunda kenal dengan melahirkan atau persalinan mempunyai urutan yang sangat lama prosesnya. Kesabaran, mental dan fisik sangat di butuhkan dalam proses yang luar biasa ini. Dalam urutan-urutan melahirkan normal ketika pertama kali ibu hamil mulai kontraksi. Walaupun ada wanita hamil yang sudah jatuh tanggal prediksi melahirkan namun belum juga ada tanda-tanda kontraksi. Hal tersebut sudah Bunda bahas dalam artikel sebelumnya, yaitu tanggal prediksi sudah tiba namun tanda kelahiran belum nampak.

Tanda awal kelahiran lainnya yang perlu Bunda ketahui adalah terjadi pada ukuran leher rahim atau dikenal dengan istilah pembukaan sebagai awal proses kehamilan. Dan urutan selanjutnya adalah proses mendorong bayi sampai keluar. Dan kemudian petanda melahirkan normal diakhiri dengan keluarnya plasenta beberapa menit setelah bayi dilahirkan.

Tips memberikan sugesti diri Bunda kuat dan siap melahirkan normal

Alangkah senangnya mempunyai suami yang setia mendampingi saat persalinan. Hal tersebut adalah motivasi yang termanis buat Bunda yang akan sebentar lagi menjadi seorang ibu. Jadi, perasaan Bunda kuat, yakin bahwa Bunda dapat melahirkan dengan normal dan lancar.

Sugesti lainnya adalah dengan melihat teman atau saudara Bunda yang mempunyai postur tubuh yang relatif kecil, namun mengapa dapat melahirkan dengan normal? Kenapa saya tidak bisa untuk melahirkan normal? Nah, hal ini juga dapat menjadi motivasi sendiri buat Bunda untuk dapat melahirkan dengan normal.

ibu-melahirkan-normal-01

Dan sugesti lainnya adalah kuatkan dengan sabar dan berdoa, bahwa Bunda akan segera punya momongan. Buah hati yang selama ini di nanti-nantikan kehadirannya selama mengarungi bahtera rumah tangga dengan sang suami tercinta. Sugesti ini akan sangat menjadi motivasi yang kuat untuk Bunda dapat melahirkan dengan normal. Semua wanita di manapun akan menginginkan buah hati yang lahir dari rahimnya, tidak semua wanita mengalami hal tersebut. Berbahagialah Bunda dapat anugerah dapat mengandung di titipi calon buah hati. Dan yang perlu dicatat bahwa semua wanita dapat melahirkan dengan normal. Walaupun harus melalui proses induksi.

Tiga tahapan melahirkan normal yang perlu Bunda ketahui

Yang pertama
Ada dua proses dalam tahapan awal dalam Bunda melahirkan normal, yaitu proses awal dan proses aktif. Apa sih proses awal itu? proses awal adalah keadaan dimana leher rahim Bunda akan mulai menipis dan terbuka. Kontraksi-kontraksi ringan akan Bunda rasakan pada proses ini. Dan biasanya kontraksi berlangsung selama setengah menit sampai satu setengah menit dengan jarak yang sangat teratur.

Dengan bergulirnya waktu kontraksi yang terjadi, kemudian leher rahim Bunda akan mulai terbuka sedikit demi sedikit. Dan akan terasa sekali sakitnya, tetapi begitulah fase yang harus Bunda hadapi. Yang kemudian Bunda akan melihat lendir bercampur darah keluar dari jalan keluarnya calon bayi.

Proses ini akan berakhir ketika pembukaan leher rahim mencapai empat centimeter. Akan tetapi waktu pastinya sampai proses ini untuk mencapai ke proses pembukaan akan berbeda-beda pada setiap ibu hamil. Apabila ini merupakan kehamilan pertama Bunda maka proses ini umumnya akan memakan 4 sampai 6 jam. Berbeda apabila memang sebelumnya Bunda sudah pernah melahirkan, kemungkinan proses ini akan berjalan lebih cepat. Karena mungkin sudah merasakan dan mungkin sudah faham dengan kondisi tersebut.

Yang selanjutnya adalah proses aktif yang merupakan dimana leher rahim ibu hamil akan melebar lebih cepat. Pembukaan leher rahim pada proses ini akan melebar dua kali lipat bahkan tiga kali lipat dari proses awal tadi. Kontraksi akan datang akan lebih kuat dan lebih intens. Dan Bunda sudah merasa tidak karuan dalam proses ini.

Air ketuban pecah, tekanan pada punggung, mual, kram kaki dan sebagainya akan Bunda rasakan dalam tahapan ini. Dan yang perlu Bunda ketahui lagi adalah intensitas rasa sakit akan luar biasa sakitnya. Kalau Bunda rasakan sih, tulang kayak di remukin gitu, hehehehe. Dan yang paling sering terjadi pada proses ini juga memakan waktu sekitar 4 sampai 6 jam.

Yang kedua
Pada tahapan yang kedua ini merupakan tahapan yang sangat menguras banyak sekali tenaga fisik Bunda. Karena tahapan adalah proses mendorong bayi agar keluar. Dan memasuki tahapan ini, Bunda tidak lagi merasakan kontraksi seperti pada proses aktif seperti tahapan yang pertama tadi. Jarak kedatangannya pun tidak begitu dekat sehingga Bunda memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat sebelum kemunculan kontraksi yang berikutnya. Namun jangan tidur, walaupun capeknya kayak apa, ngantuknya seperti apa, jangan sampai Bunda tidur dalam hal ini. Karena akan mengurangi tenaga fisik Bunda.

Sebenarnya dalam tahapan kedua ini adalah menunggu dengan sabar posisi calon buah hati Bunda akan turun ke jalan lahir dengan benar. Dan sangat disarankan untuk Bunda sangat bersabar saat menunggu bayi turun dan tidak perlu tergesa-gesa, rileks untuk mendorongnya agar cepat keluar. Biarlah rasa ingin mendorong datang secara alami jangan mengejan, karena ada masanya sendiri nanti untuk Bunda melakukan hal tersebut.

bayi-lahir-normal-

Sebagai tanda yang khas dan sweet momen pada tahapan ini adalah jika calon si buah hati Bunda sudah berada bawah panggul, yang kemungkinan rasa ingin mendorong akan hadir dengan sendirinya. Dan beberapa lama kemudian akan terlihat tonjolan pada jaringan antara vagina dan anus ketika Bunda mengejan. Dan apa yang Bunda nanti selama ini telah hadir, ya Bunda, kepala bayi mulai keluar, semangat baru seakan bertambah dalam diri Bunda. Sadar tidak sadar pada momen tersebut rasa ingin mengejan akan terasa lebih kuat. Dan tekanan kepala bayi yang akan keluar pun akan terasa lebih intens yang kemungkinan akan diiringi oleh rasa terbakar yang kuat akibat meregangnya jaringan jalan keluarnya bayi.

Yang ketiga atau yang terakhir
Perasaan lega yang luar biasa dan bahagia sekarang bersemayam dalam diri Bunda. Dan tak terasa air mata jatuh saking sulitnya mengungkapkan kata-kata. Bunda telah menjadi seorang ibu. Sembari melihat keluarnya si buah hati Bunda, pada tahapan ini masih harus menunggu hingga plasenta keluar dari rahim. Dan biasanya plasenta akan keluar dalam kurun waktu lima menit setelah bayi keluar.

ibu-hamil-melahirkan-normal

Bahagia sekali rasanya ya Bunda, sabar dulu ya karena ada proses selanjutnya, yaitu pemeriksaan dokter untuk memastikan apakah Bunda sebagai ibu yang melahirkan memerlukan penanganan lebih lanjut atau tidak, seperti jahitan atau hal lainnya. Namun bagi Bunda yang baru pertama kali melahirkan, biasanya proses melahirkan secara keseluruhan memakan waktu agak lama bisa mencapai 6 sampai 10 jam, karena normalnya melahirkan normal umumnya memakan waktu 4 sampai 6 jam.

Demikian tahap demi tahap proses melahirkan secara normal Bunda uraikan dengan gamblang. Melahirkan secara normal memang menguras waktu, tenaga yang ekstra, dan juga pikiran yang tenang. Sekali lagi selamat buat Bunda telah menjadi seorang ibu, selamat atas buah hati yang sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda dan terima kasih telah berkunjung. Dan salam Bunda dan dedek bayi sehat selalu.