Apakah Infertilitas Penyebab Wanita Sulit Hamil?

Infertilitas

Kemandulan bukanlah hal yang mutlak terjadi pada wanita yang mengalami sulit hamil. Bagi kebanyakan wanita mungkin akan mempercayai bahwa setelah sekian lamanya membina biduk rumah tangga, namun tidak juga diberikan momongan dikarenakan si wanita atau suami mengalami kemandulan.

Dilihat dari kacamata medis sebenarnya istilah kemandulan akan lebih tepatnya dengan kata kurang subur atau proses pembuahan yang terhalang, atau karena lemahnya kondisi wanita dalam proses pembuahan tersebut di dalam ovarium. Banyak istilah penyakit pada wanita dan laki-laki yang akan di bahas dalam artikel kali ini.

Infertilitas dalam kehidupan pasangan suami istri

Apakah Bunda pernah mendengar istilah Infertilitas? Jika sudah mungkin Bunda sedang mencoba mengatasi hal tersebut. Namun untuk Bunda yang belum mengetahuinya, Infertilitas dapat berarti wanita tidak mengalami hamil setelah satu tahun melalukan hubungan intim tanpa program KB secara teratur. Hal ini di lihat secara medisnya, akan tetapi hal itu mungkin saja karena ada masalah kesuburan, baik pada sisi pria atau wanita, atau keduanya. Tetapi, pada wanita yang memasuki usia lanjut atau usia memasuki 35 ke atas, istilah infertilitas berarti tidak hamil setelah enam bulan melakukan hubungan intim.

Yang perlu Bunda ketahui lebih lanjut bahwa infertilitas tidak selalu berarti bahwa seseorang itu steril, yaitu kondisi dimana seseorang tidak mampu memiliki keturunan. Hal itu berbeda lagi dengan istilah infertilitas ya Bunda. Di Indonesia saja dari jumlah pasangan yang memiliki istilah tidak subur atau infertil dalam dunia medisnya mencapai hingga 15%, tetapi hanya 1% sampai 2% yang menderita kondisi steril. Sedangkan setengah dari pasangan infertil yang mencari bantuan untuk mengatasi masalah kesuburan, pada akhirnya dapat memiliki anak, baik dengan sendirinya atau dengan bantuan medis tentunya.

Masalah kesuburan dapat dialami kedua belah pihak, baik pria maupun wanita. Sekitar 20% dari pasangan infertil, kedua belah pihak (suami dan istri) mempunyai masalah kesuburan. Sedangkan sekitar 15% dari pasangan infertil, penyebab masalah kesuburan mereka tidak ditemukan, walau mereka sudah melakukan semua tes. Bagi banyak pasangan, infertilitas merupakan masalah penting, sehingga seringkali disertai dengan perasaan bersalah atau perasaan tidak mampu.

Bagi pasangan yang mencoba untuk hamil, sebaiknya segera pergi dan berkonsultasi dengan dokter, terutama jika salah satu pihak atau keduanya mempunyai masalah medis. Dari pemeriksaan dan konsultasi tersebut, dapat dilihat apakah mereka memiliki gangguan yang harus ditangani agar dapat meningkatkan kesuburan dan kemungkinan untuk hamil dan memiliki bayi yang sehat.

Penyebab Kesuburan Pada Pihak Laki-laki

Beberapa masalah infertilitas atau kurang kesuburan pada laki-laki yang paling umum berkaitan dengan sperma, diantaranya adalah jumlah sperma yang di hasilkan rendah. Yang artinya jumlah sperma di dalam air mani terlalu sedikit atau tidak ada. yang berikutnya adalah motilitas sperma rendah. Atau dengan kata lain sperma tidak bergerak seperti sperma normal. Dan untuk yang terakhir dan yang paling sering terjadi pada kaum laki-laki adalah saluran sperma yang terhalang.

Infertilitas

Kemudian untuk masalah infertilitas umum lainnya yang terdapat pada pria adalah penurunan sementara dalam produksi sperma yang dihasilkan. Apa hal yang menyebabkan? Kemungkinan yang terjadi karena testis terluka, sebagai contoh karena testis terkena suhu dingin yang tinggi atau sebaliknya terkena suhu panas tinggi dalam waktu yang terlalu.

Dalam merencanakan sebuah kehamilan yang sehat saat berkonsultasi ke dokter suami atau laki-laki sangat dianjurkan dan diharuskan sebisa mungkin untuk menghindari minum alkohol dan meninggalkan kebiasaan buruk merokok yang dapat menurunkan jumlah sperma. Yang sebenarnya kaum pria sudah mengetahuinya bahwa hal itu sangat tidak baik untuk kesuburan reproduksi.

Penyebab Kesuburan pada Pihak Wanita

Penyebab utama masalah infertilitas pada kebanyakan wanita adalah tidak berovulasi, atau yang berarti si wanita tidak dapat melepaskan sel telur dari ovarium. Selain itu, penyebab lain yang umum dari infertilitas wanita adalah adanya masalah di saluran pada tuba, yaitu saluran yang menghubungkan sel telur dari ovarium ke rahim. Kadang-kadang tuba terhalang oleh jaringan parut akibat infeksi atau akibat kondisi medis yang disebut endometriosis.

Infertilitas Pada wanita

Apabila sel telur yang dihasilkan dapat melalui saluran tuba, akan tetapi ada banyak hal yang dapat menghentikan sel telur untuk dibuahi dan menempel pada rahim wanita, misalnya cairan legket serviks yang dapat merusak sperma atau memperlambat pergerakan sperma.

Masalah lain kesuburan yang terdapat pada pihak wanita adalah umur. Dimana umur wanita dapat juga menjadi penyebab masalah kesuburan yang sangat kuat. Kenapa? Karena kesuburan wanita menurun seiring bertambahnya usia, bahkan lebih menurun setelah usia 35 tahun. Karena itulah wanita jarang hamil setelah usia 45 tahun.

Demikian ulasan penting mengenai mengapa wanita sulit hamil dan mengetahui penyebab kesuburan yang terjadi pada pria dan wanita. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu yang baik untuk Bunda semua. Terima kasih telah berkunjung dan salam Bunda sehat.