5 Penyebab dan Solusi Mengapa Wanita Sulit Hamil

mengapa wanita sulit hamilRasa sedih, iri, memang selalu menggelayuti pikiran wanita apabila melihat bayi, balita dan anak bermain dengan keluarga. Perasaan terenyuh dalam hati, sampai memiliki pikiran negatif kenapa saya tidak bisa seperti mereka. Saya juga ingin menjadi seorang ibu seutuhnya. Merawatnya, menciumnya, penuh dengan kasih dan sayang.

Buang jauh sekali perasaan yang seperti itu apabila Bunda saat ini mengalami hal tersebut. Positif thinking saja bahwa semua itu belum rejeki yang diberikan kepada keluarga bahagia Bunda. Yang utama dalam mengatasi masalah ini adalah berdoa dan terus berusaha. Momongan atau keturunan setelah Bunda membina rumah tangga memang merupakan buah yang ingin sekali dari pasangan suami istri.

Untuk para suami kuatkan hati istri tersayang bahwa ini merupakan cobaan yang harus dilalui. Belum dititip sebuah amanah besar yang mempunyai tanggung jawab besar juga di dalamnya. Tidak ada wanita mandul dalam dunia medis. Yang ada hanya wanita mengalami kurang subur. Atau perlu adanya penanganan medis yang mumpuni agar proses merencanakan kehamilan sehat bagi pasangan suami istri dapat berjalan lancar dan sukses.

Sebagai pengetahuan dasar buat Bunda mengenai mengapa wanita sulit hamil, ada baiknya Bunda mengetahui penyebab wanita sulit mengalami kehamilan. Agar supaya lebih mudah dalam penangannya setelah Bunda mengetahui apa yang membuat Bunda sulit hamil. Supaya nanti sewaktu konsultasi dengan dokter dapat penangaanan yang tepat dan akurat untuk langkah merencanakan kehamilan yang Bunda idam-idamkan.

Masalah dan solusi mengapa wanita sulit mengalami kehamilan

Proses ovulasi yang tidak teratur
Sebagian besar penelitian membuktikan bahwa banyak wanita yang meskipun memiliki masa menstruasi bulanan yang baik namun tidak selalu memiliki ovulasi yang teratur. Yang dapat berakibat wanita akan sangat sulit sekali mengalami pembuahan yang matang atau hamil yang tak kunjung datang.

Solusinya yang tepat adalah apabila wanita dengan masalah ini sebaiknya melakukan konsultasi dan mempraktekan apa yang menjadi nasehat medis secara berkelanjutan.

Wanita memiliki penyakit Kista Ovarium
Penyakit ini merupakan momok yang sebenarnya termasuk penyakit yang menakutkan namun kadang-kadang tanpa di sadari oleh kaum wanita. Penyakit ini mempunyai akibat yang sangat buruk sampai berakibat pada kematian. Terlebih lagi akibat yang sedang Bunda bahas pada artikel ini adalah susahnya mengalami proses hamil.

kista ovarium

Bagi wanita yang mempunyai penyakit kista ovarium dapat menyebabkan rahim dan tuba tertutup jalannya. Atau lebih simpelnya, penyakit ini dapat menghalangi pertemuan antara sperma dan sel telur pada wanita, yang berarti akan menghalangi proses pembuahan dalam rahim.

Keguguran
Masalah keguguran pada wanita dapat menjadi mimpi buruk yang tidak dapat terlupakan bagi wanita hamil. Memasuki masa usia trimester pertama kehamilan janin dalam kandungan masih belum kokoh pada rahim ibu hamil sehingga akan sangat rawan terhadap guncangan dan lain sebagainya yang dapat mengakibatkan keguguran.

Kecelakaan kecil yang dialami ibu hamil namun dapat berakibat fatal untuk janin. Dan yang sangat menjadi perhatian penting dan tak terlupakan adalah apabila seorang wanita mengalami keguguran akan sulit sekali membangun kepercayaan diri untuk merencanakan kehamilan yang sehat karena ketakutan yang sudah tertanam dalam diri wanita. Hal ini terjadi tidak bagi semua wanita, namun ada wanita yang dapat mengalami hal ini. Yang jelas dan pasti apabila di lihat dari medis, apabila wanita mengalami keguguran dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh wanita tersebut.

Stress
Stres pada wanita hamil dapat menyebabkan wanita mengalami sulit hamil. Stres tersebut merupakan stres yang pada tingkat tertentu. Dimana dapat di lihat dari perilaku kesehariannya, yang tidak di sangka dengan stres ibu hamil yang sewajarnya.

stres pada ibu hamil

Pada tingkat tertinggi, maka wanita hamil dapat di sebut dengan stres kronis ibu hamil. Bila seorang wanita pada tingkat stres seperti ini berada dalam tingkat stres yang sangat berat. Wanita yang mengalami hal ini akan sulit tidur, dan mungkin mengalami depresiĀ  yang dapat menyebabkan terganggunya sistem produksi hormon atau terganggu pada sistem tersebut.

Merokok
Sudah mengetahui dilarang tetapi masih saja di konsumsi. Merokok bagi wanita jauh lebih besar memiliki resiko yang sangat berbahaya dibandingkan dengan kaum pria, kenapa? Sistem reproduksi akan terganggu dan akan sulit sekali untuk dapat mengalami hamil bagi wanita. Seandainya terjadi kehamilan pun dapat beresiko pada bayi yang lahir dengan cacat. Berbahaya sekali kan Bunda, maka bila Bunda sedang merencanakan hamil yang sehat, maka jauhi lah dari merokok.

Sebenarnya ada satu lagi penyebab kenapa wanita sulit untuk hamil, namun cukup dengan wacana saja. Dimana satu penyebab lainnya tersebut adalah infertilitas. Silahkan baca selengkapnya tentang infertilitas. Penyebab yang satu ini tidak hanya berlaku untuk wanita saja, namun kaum laki-laki juga dapat mengalaminya. Namun kaum pria umumnya berbeda dengan wanita saat mengalami infertilitas. Infertilitas dapat dikatakan sebagai penyebab yang paling menakutkan dari kegagalan konsepsi kehamilan.

Setelah membaca artikel ini di harapkan alasan mengapa wanita sulit hamil terjawab sudah. Dan sekarang tinggal Bunda untuk dapat mengetahui persis apa masalah yang di hadapi Bunda kenapa Bunda susah hamil. Konsultasikan dengan kontinyu proses demi proses agar rencana kehamilan Bunda dapat tercapai. Jangan sampai putus apabila Bunda diberikan saran dengan dokter spesialis kandungan yang Bunda datangi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda dan semua wanita yang sangat menginginkan sebuah kehamilan. Dan semoga saja program Bunda berhasil dalam ke depannya. Dan terima kasih telah berkunjung di blog tentang ibu hamil griyabunda.com. dan salam Bunda sehat.