Kenapa Ibu Hamil Merasakan Susah Buang Air Besar Selama Kehamilan

susah buang air besar saat hamil

Banyak sekali keluhan yang dirasakan Bunda saat mengalami proses kehamilan yang menakjubkan. Keluhan-keluhan ibu hamil yang bagi sebagian Bunda yang belum mengetahui, hal tersebut merupakan masalah yang sangat menyiksa lahir dan bathin maupun akan menimbulkan pertanyaan apakah ini pengaruh kehamilan atau merupakan sebuah masalah yang harus segera di tangani.

Namun bagi sebagain Bunda yang sedang dalam mengalami masa kehamilan akan tetapi sudah mengetahui keluhan tersebut akan lebih cepat tanggap dengan kondisi dan keadaan seperti keluhan ibu hamil yang satu ini.

Setiap ibu hamil memiliki keluhan dan masalah yang berbeda-beda. Namun untuk masalah keluhan ibu hamil susah buang air besar selama kehamilan tidak sedikit Bunda yang mengalami hal tersebut. Keluhan lain yang menjadi umum yang dialami ibu hamil adalah mual yang sering terjadi saat pagi hari atau sering disebut dengan moorning sickness.

Keluhan ibu hamil mengenai susah buang air besar atau sering di sebut dengan konstipasi. Konstipasi atau susah buang air besar merupakan keluhan yang sering selama kehamilan. Lalu apa dan mengapa keluhan ibu hamil ini terjadi selama kehamilan? Mungkin pertanyaan ini akan ada pada Bunda yang sedang mengalami keluhan ibu hamil saat ini.

Mengapa konstipasi atau susah buang air selama kehamilan

Pada masa kehamilan yang bunda harus ketahui adalah peningkatan dari hormon progesterone yang menyebabkan relaksasi otot sehingga usus kurang efisien. Hal ini menjadikan pencernaan Bunda agak terganggu, yang berimbas pada susah buang air besar.

susah buang air besar saat hamil

Menginjak pada usia kehamilan trimester ketiga dimana perut sudah membesar, posisi tidurpun semakin sulit, ditambah oleh penekanan rahim yang membesar di daerah perut maka konstipasi akan semakin kian sulit selama masa kehamilan memasuki bulan-bulan terakhir masa kehamilan.

Dan penyebab terakhir keluhan susah buang air besar selama kehamilan adalah disebabkan oleh tablet zat besi yang diberikan oleh dokter saat Bunda konsultasi rutin. Obat yang mengandung zat besi yang biasanya menyebabkan masalah konstipasi, selain itu suplemen zat besi untuk ibu hamil ini dapat menyebabkan warna tinja anda kehitaman, jadi jangan kuatir. Hal seperti itu banyak juga dialami oleh ibu hamil, jadi, tidak semua wanita hamil mengalami konstipasi saat mengkonsumsi suplemen zat besi.

Tips mengatasi konstipasi atau susah buang air besar selama hamil

Lalu bagaimana tips mengatasi masalah konstipasi ini? Apa yang dapat Bunda lakukan untuk mengatasi keluhan konstipasi selama kehamilan ini? Dan inilah beberapa tips keluhan susah buang air besar selama hamil yang mungkin bisa dapat Bunda lakukan untuk sedikit mengatasi keluhan ibu hamil yang satu ini.

Yang pertama, minumlah air putih yang cukup. Dalam masa kehamilan mungkin hal ini sangat sulit untuk lakukan. Namun, demi dorongan si buah hati tentunya Bunda akan lebih semangat untuk melakukannya. Konsumsi air putih 6 sampai 8 gelas sehari dalam usaha mengatasi susah buang air besar selama hamil.

susah buang air besar saat hamil

Kedua, makanlah makanan yang berserat tinggi seperti sayuran & buah-buahan. Selain serat mempunyai fungsi untuk memperlancarkan pencernaan ibu hamil, makanan ibu hamil ini juga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

Ketiga, lakukan olahraga ringan teratur seperti berjalan. Aktivitas ringan yang satu ini sebaiknya Bunda lakukan setiap hari selama masa kehamilan. Pada masa usia kehamilan tertentu aktivitas ini sangat baik untuk membantu lancarnya proses persalinan normal. Hal ini dapat Bunda lakukan pada usia trimester ketiga masa kehamilan.

Lebih afdolnya lagi, setelah Bunda mencoba tips mengatasi keluhan susah buang air besar selama hamil ini, konsultasikan juga ke dokter kandungan bila Bunda tetap sulit buang air besar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda semua, terima kasih telah berkunjung dan salam Bunda sehat.