Senangnya Mengamati Proses Tumbuh Kembang Janin Bulan Pertama Kehamilan

Proses Tumbuh Kembang Janin Bulan Pertama

Akhirnya yang ditunggu datang juga. Dengan penantian yang panjang dan usaha yang tak henti-henti, dengan mengucapkan banyak rasa syukur Bunda hamil..ya hamil. Harapan yang telah lama ditunggu dan doa yang terkabulkan. Alangkah senangnya.

Kebahagian Bunda akan terus berlanjut pada masa kehamilan. Kehamilan merupakan anugerah dan harapan yang besar bagi pasangan suami istri. Dimana begitu mengetahui Bunda positif hamil, tidak ingin melewatkan momen yang menjadi penantian panjang ini. Keluarga tentunya juga mempunyai perasaan yang sama dengan berita Bunda .

Dalam memasuki awal kehamilan, mungkin Bunda tidak akan melewatkan momen indah ini pada awal bulan kehamilan. Ingin sekali mengetahui seperti apakah proses tumbuh kembang janin dalam rahim Bunda pada bulan pertama kehamilan?.

Bulan pertama usia kehamilan merupakan momen indah, momen yang sangat sensitive Bunda. Banyak sekali yang musti Bunda lakuin dalam masa awal kehamilan. Baik hal yang menjadi wajib untuk Bunda lakukan dan mana yang menjadi larangan ibu hamil yang harus dihindari.

Proses tumbuh kembang janin 4 minggu bulan pertama kehamilan

Proses tumbuh kembang janin dalam rahim memasuki usia trimester pertama sangat menarik untuk Bunda ketahui supaya dapat menjaga kehamilan Bunda pada masa masa tersebut. Saat ini memang sudah ada berbagai teknologi canggih yang dapat menunjukkan perkembangan bayi bukan hanya setiap bulan saja, bahkan Bunda dapat memperhatikan perkembangannya dalam setiap minggu.

Tetapi apakah untuk mengetahui perkembangan janin dalam rahim dalam minggu-minggu pada awal kehamilan harus musti konsultasi ke dokter kandungan? Hal ini tentunya akan menambah biaya pengeluaran yang banyak. Sekarang tidak usah Bunda fikirkan untuk pergi jauh-jauh ke dokter dan mengeluarkan biaya yang percuma. Di bawah ini akan Bunda bahas tahap demi tahapan proses tumbuh perkembangan janin di dalam rahim pada masa bulan pertama kehamilan.

Minggu pertama usia kehamilan

Proses bertemunya sel telur dan sperma di rahim ibu setelah pasangan suami istri berhubungan intim. Dan saat masih minggu pertama kehamilan sebenarnya belum bisa disebut hamil. Karena di lihat dari segi bentuk belumlah bisa disebut sebagai janin karena masih baru akan terbentuk.

minggu pertama usia kehamilan

Sperma yang dimiliki kaum laki-laki yang berjumlah puluhan bahkan ratusan juta akan mencari sel telur di saluran sel telur yang dimiliki kaum wanita. Hebatnya lagi, dari puluhan sampai ratusan juta sperma tersebut yang membuahi sel telur hanya satu saja. Sel telur yang sudah dibuahi tersebut menjadi sebuah hasil pembuahan yang mampu masuk ke indung telur itulah yang kemudian akan terbentuk calon bayi yang selnya sudah lengkap. Disebut lengkap karena jumlah kromosom sudah memenuhi syarat untuk terbentuk menjadi embrio. Begitulah proses minggu pertama kehamilan, mulai dari tahap pembuahan sampai berubah menjadi embrio yang siap menjadi janin yang bersarang dalam rahim Bunda.

Minggu kedua usia kehamilan

Memasuki usia minggu kedua kehamilan Bunda juga belum bisa memastikan diri bahwa Bunda hamil. Pada minggu kedua baru terjadi proses pembelahan oleh sel telur yang sudah bertemu dengan sperma di minggu pertama. Yang perlu diketahui lagi, dalam masa masa ini akan ada 32 sel hasil pembelahan selama 30 jam berturut-turut yang masuk menuju ke lubang falopi.

Pembelahan akan terus terjadi hingga hasilnya dapat membuat blastocyst agar menempel dengan tepat dan kokoh pada endometrium wanita.

Minggu ketiga usia kehamilan

Pada minggu ketiga janin masih dalam bentuk seperti gumpalan darah yang ada pada rahim wanita. Ukurannya juga sangat kecil dan sangat sulit untuk dideteksi oleh wanita perihal keberadaannya.

Bunda sendiri belum dapat merasakan perbedaan signifikan tentang kehamilan Bunda pada masa ini. Saat masuk ke minggu ketiga, ratusan sel telur yang merupakan hasil pembelahan dari sel telur dan sperma yang sudah bertemu di awal minggu akan menempel di dinding rahim. Jika dilihat dengan USG ini belum terbentuk embrio. Jadi, hal ini akan sia-sia bila melakukan pengecekan USG ke rumah sakit.

Minggu keempat atau sebulan usia kehamilan

Dalam memasuki minggu keempat atau satu bulan usia kehamilan. Banyak sebagian ibu hamil sudah dapat memahami keberadaan calon bayi di perutnya. Akan tetapi tak jarang juga yang masih belum menyadarinya. Padahal minggu keempat adalah saat yang tepat untuk melakukan tes kehamilan. Biasanya hasilnya akan positif. Ini tentu berbeda dengan minggu sebelumnya.

proses tumbuh kembang janin dalam rahim

Ada juga dalam usia belum satu bulan, hasil tes kehamilan menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Saat memasuki minggu keempat hasil akan lebih akurat karena hormon kehamilan sudah mulai diproduksi dalam tubuh Bunda.

Demikian uraian menarik tentang proses tumbuh kembang janin dalam rahim pada usia 4 minggu atau bulan pertama kehamilan. Semoga menjadikan informasi yang bermanfaat untuk Bunda jadi lebih sigap dan memperhatikan kesehatan ibu hamil dan janin pada masa usia bulan pertama kehamilan yang sangat rentan. Terima kasih telah berkunjung dan salam Bunda sehat.