4 Perawatan Sehari-hari Ibu hamil Agar Tetap Sehat Dan Bugar

Perawatan Sehari-hari Ibu hamil

Rutinitas keseharian selama kehamilan harus sekali Bunda perhatikan dengan seksama. Mengingat hal ini sebagai langkah awal menuju kehamilan yang sehat. Yang bertujuan tiada lain adalah agar kesehatan ibu hamil dan calon bayi tetap terjaga. Di samping itu, aktivitas atau rutinitas yang sehat akan membawa Bunda pada proses persalinan yang mudah.

Beberapa perawatan sehari-hari yang sehat pada masa kehamilan dapat Bunda simak pada uraian lengkap di bawah ini.

Makanan beragam secara proporsional dengan pola gizi yang berimbang lebih banyak daripada sebelum Bunda hamil

Makanan ibu hamil yang masuk ke dalam tubuh selama Bunda mengandung menjadi faktor yang sangat penting untuk Bunda perhatikan. Apa yang masuk dalam tubuh Bunda yang berupa makanan dapat membentuk seperti apa bayi nantinya.

Pola makanan yang sehat untuk ibu hamil akan membentuk calon buah hati yang sehat pula. Hindari apa yang menjadi pantangan ibu hamil dan konsumsi mana yang bagus sebagai nutrisi ibu hamil.

Istirahat yang cukup

Dalam masa kehamilan memang di akui tidur merupakan masalah yang sangat vital. Bila Bunda dalam masa hamil kekurangan tidur banyak berakibat buruk pada Bunda sendiri dan kandungan Bunda. Tidur malam ibu hamil sebaiknya paling sedikit 6 sampai 7 jam. Sedangkan untuk siang hari minimal tidur ataupun berbaring dengan durasi waktu 1 sampai 2 jam.

Posisi tidur ibu hamil juga sangat berpengaruh pada kenyamanan dan kehamilan Bunda. Posisi tidur sebaiknya di lakukan dengan cara miring ke kiri.

Pada waktu malam hari rutinitas tidur bersama suami, sering lah melakukan rangsangan atau stimulasi dengan car mengelus-elus perut Bunda dan ajak janin dalam perut untuk berbicara. Aktivitas ini sebaiknya Bunda dan suami lakukan sejak usia kandungan memasuki 4 bulan ke atas.

Menjaga kebersihan diri

Bab kebersihan diri saat hamil juga sangat penting untuk di lakukan. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir sebelum makan sebaiknya jangan lupa untuk Bunda lakukan. Hal yang sama juga Bunda lakukan setelah buang air besar dan buang air kecil.

Perawatan Sehari-hari Ibu hamil

Menyikat gigi secara benar dan teratur minimal bunda lakukan setelah sarapan dan sebelum tidur. Lakukan mandi minimal 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan badan dan kegerahan ibu hamil. Jangan lupa membersihkan pada area payudara dan area kewanitaan Bunda.

Mencuci rambut tidak musti Bunda lakukan setiap hari. Cuci rambut atau keramas dapat Bunda lakukan minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Boleh sekali melakukan hubungan suami istri saat hamil

Masalah berhubungan intim saat hamil sebenarnya malah sebaliknya, sangat di anjurkan sekali saat Bunda dalam masa kehamilan. Namun ada yang tidak di perkenankan malakukan hubungan suami istri saat hamil, hal ini di karenakan ada beberapa resiko yang harus di hindari apabila melakukan hubungan suami istri di takutkan akan mengganggu kehamilan Bunda.

berhubungan-intim-saat-hamil

Untuk masalah ini sebaiknya Bunda konsultasikan masalah ini kepada dokter atau bidan Bunda. Namun hakikatnya, berhubungan intim sangatlah di anjurkan saat hamil.

Aktivitas fisik

Ibu hamil yang sehat dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan memperhatikan kondisi ibu dan keamanan janin yang ada dalam kandungan. Bagi suami, sebaiknya dapat membantu Bunda yang sedang hamil untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Mengikuti senam hamil merupakan aktivitas fisik yang dapat Bunda lakukan juga. Namun, Bunda juga harus memperhatikan anjuran dari petugas kesehatan agar aktivitas senam hamil sesuai dengan kapasitas dan konsidi kehamilan Bunda.

Demikian uraian menarik mengenai aktivitas sehari-hari dalam usaha untuk menjaga ibu hamil yang sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda. Dan terima kasih telah berkunjung di griyabunda.com dan salam Bunda sehat.