Keluhan Ibu Hamil 9 Bulan dan Solusi Agar Persalinan Lancar

Kehamilan merupakan momen bahagia yang banyak dinantikan oleh pasangan. Masa-masa kehamilan pun menjadi masa yang menyenangkan baik bagi ibu yang mengandung dan juga keluarga. Namun, pada masa ini, akan banyak berbagai masalah yang melanda, khususnya pada ibu hamil 9 bulan.

Ibu Hamil 9 Bulan

Pada usia kandungan 9 bulan, akan banyak keluhan yang muncul. Hal ini disebabkan karena usia kandungan semakin dekat atau hanya menghitung hari menuju proses kelahiran. Ingin tahu apa saja keluhan hamil 9 bulan? Berikut simak beberapa keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil kandungan 9 bulan.

Keluhan Umum Ibu Hamil 9 Bulan

Mengalami Stress
Saat memasuki usia kandungan 9 bulan, ibu hamil biasanya menjadi lebih cemas dan menjadi cepat stress menunggu proses kelahirab. Hal ini umumnya merupakan kondisi yang normal, khususnya jika ini merupakan kehamilan pertama. Meskipun normal, kondisi ini harus tetap diwaspadai karena bisa mengganggu proses kelahiran nantinya.

Perkembangan Janin
Membahasa kehamilan 9 bulan dan keluhannya, perkembangan janin menjadi hal yang juga sering dibicarakan. Di usia ini, janin umumnya telah terbentuk dengan sempurna sehingga telah siap untuk dilahirkan. Walaupun begitu, pertumbuhan masih terjadi selama bayi belum dilahirkan. Pertumbuhan yang terjadi mencakup penyempurnaan organ-organ pada janin.

keluhan Ibu Hamil 9 Bulan

Di usia ini, hal paling penting yang harus dipantau adalah bobot janin. Bobot ideal janin di usia 9 bulan biasanya sekitar 3-4 kg. Bayi yang sehat memiliki kisaran berat badan sekitar 2,5 kg hingga 3,8 kg. Selain bobot, posisi janin 9 bulan juga sering menjadi perbincangan umum. Pada usia 9 bulan, kepala janin biasanya sudah mulai masuk ke lubang panggul. Posisi ini umumnya tidak akan berubah.

Kondisi Fisik
Keluhan lainnya yang dialami ibu hamil 9 bulan adalah kondisi fisik. Pada saat ini ibu hamil biasanya mengalami gangguan pernapasan. Hal ini disebabkan oleh janin yang tumbuh semakin besar sehingga menekan diafragma sang ibu dan menyebabkan kesulitan bernafas. Selain itu, kondisi sesak nafas juga bisa disebabkan oleh posisi kepala janin yang semakin turun.

Tidak hanya gangguan pernafasan, ibu hamil di usia 9 bulan biasanya juga mengalami bengkak pada kaki. Hal ini disebabkan karena terjadinya varises vena. Kondisi ini dapat diatasi dengan berjalan-jalan untuk melancarkan peredaran darah.

Saat hamil 9 bulan, Braxton Hicks atau kontraksi palsu juga menjadi kondisi yang sering dialami. Hal ini biasanya disebabkan karena kelelahan karena beraktivitas atau menopang kandungan yang semakin membesar dan berat. Beberapa kondisi buruk lainnya seperti lemas, pusing, kram dan cepat lelah juga sering dialami pada akhir kehamilan bagi ibu yang mengalami kekurangan darah.

Solusi Keluhan Ibu Hamil 9 Bulan

Saat ibu hamil 9 bulan, berbagai keluhan memang normal terjadi. Namun, keluhan-keluhan tersebut harus diatasi. Setiap keluhan pastinya memiliki solusi tersendiri, berikut beberapa solusi untuk berbagai keluhan di usia kehamilan 9 bulan.

  1. Hindari beraktvitas berat. Mintalah bantuan suami atau orang lain untuk melakukannya untuk menghindari risiko jatuh atau terpeleset.
  2. Dapatkan istirahat yang cukup. Saat usia kandungan 9 bulan, biasanya ibu menjadi semakin cepat lelah dan lebih mudah terkena penyakit ringan seperti pusing, demam, dan lainnya.
  3. Konsumi makanan yang bergizi. Saat hamil, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengatur pola dan jenis makan. Banyaklah mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk kesehatan ibu dan janin.
  4. Hindari tidur posisi telungkup atau telentang. Di usia ini, tidur dengan posisi tersebut bukan merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Hal ini karena pada bagian belakang organ perut, ada pembuluh vena cava inferior dan aorta. Keduanya memiliki tugas pentik untuk mengalirkan darah. Jika mengalami tekanan, ini dapat memperlambat aliran darah pada tubuh. Selain iu, posisi ini juga bisa membuat sulit bernapas dan memiliki gangguan perut.