Urutan Konsumsi Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Tiap Semester

Kehamilan merupakan sebuah anugerah yang terindah yang diberikan kepada seorang wanita untuk menjaga dan menambah keturunan. Sebagai anugerah yang terindah yang telah diberikan sudah sepantasnya kehamilan dijaga sebaik mungkin agar dapat tumbuh berkembang dan lahir secara sehat. Untuk menjaga janin didalam kandungan, ibu hamil biasanya harus terbiasa memperhatikan makanan yang baik untuk ibu hamil.

Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil ini sudah seharusnya menjadi salah satu hal diperhatikan secara khusus untuk pertumbuhan dan perkembangan janin supaya tetap sehat. Karena jika tidak diperhatikan secara khusus maka dapat menyebabkan resiko yang buruk untuk kandungan Anda. Untuk makanan atau asupan yang sehat memang dibutuhkan bagi ibu hamil yang usia kandungan masih cukup muda dan rentan dalam terjadinya keguguran.

Referensi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Selain dapat terjadi gangguan pada kandungan, ketika hamil di usia muda seringkali merasakan gejala mual yang berturut-turut yang dapat menyebabkan ibu hamil menjadi kehilangan pada napsu makannya. Padahal saat sedang hamil, janin sudah seharusnya mendapatkan asupan atau makanan sehat yang mengandung vitamin agar janin dapat berkembang dengan sempurna. Makanan yang baik untuk ibu hamil umumnya memiliki kandungan gizi yang cukup untuk dapat kebutuhan sang ibu dan sang janin.

Lalu, makanan apa saja yang baik untuk para ibu hamil? Membutuhkan banyak asupan makanan tentu saja tidak harus memakan makanan dengan porsi yang banyak, namun yang terpenting adalah harus memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi tersebut. Makanan yang konsumsi juga harus sesuai dengan usia pada kandungan ibu hamil, karena pada usia ibu hamil yang berbeda-beda kebutuhan asupannya juga berbeda.

Beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil mulai dari hamil usia muda sampai melahirkan akan membutuhkan asupan makanan yang berbeda-beda. Macam-macam makanan tersebut adalah sebagai berikut:

Makanan Ibu Hamil 3 Bulan atau Trimester I

Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil

Untuk tiga bulan pertama ibu hamil dapat mengkonsumsi berbagai makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Misalnya mengkonsumsi buah pisang yang sangat baik untuk kehamilan trimester pertama karena dapat mengurangi rasa mual atau muntah yang biasanya terjadi diawal kehamilan. Untuk makanan lainnya bisa mengkonsumsi bayam dan kacang-kacangan.

Makanan Ibu Hamil 4 Bulan atau Trimester II

Untuk hamil di usia menengah ini ibu hamil sangat baik untuk mengkonsumsi telur yang memiliki kandungan kolin dan nutrisi yang berperan penting bagi perkembangan otak janin. Selain itu, untuk buah-buahan yang baik dikonsumsi di trimester kedua adalah alpukat yang mengandung serat dan banyak vitamin yang dapat membantu pertumbuhan jaringan janin.

Makanan Ibu Hamil 7 Bulan sampai Menjelang Lahir atau Trimester III

Pada kehamilan tua ini sangat penting untuk ibu hamil mengkonsumsi lemak ikan yang dapat membantu kekuatan dan kesehatan otak sang janin. Selain itu, buah pepaya sebagai sumber serat yang dapat membantu ibu hamil sembelit dengan alami sampai proses kelahiran nanti.

Nah, itulah beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil dari trimester pertama sampai trimester ketiga untuk membantu kesehatan si janin selama ada di kandungan. Beberapa makanan diatas adalah makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil.

Makanan bergizi di atas sebaiknya jangan sampai terlewatkan untuk dikonsumsi sehari-hari selama kehamilan sampai tibanya proses kelahiran untuk menjaga kesehatan sang ibu dan juga sang janin. Semoga bermanfaat.