Cara Mencegah Kehamilan Secara Efektif dan Mudah

Ibu yang sedang dalam masa kehamilan umumnya merupakan berita yang bahagia buat banyak orang. Namun, kehamilan bisa menjadi berita buruk jika kehamilan tersebut tidak diinginkan. Kehamilan yang tidak diinginkan biasanya terjadi karena pasangan telah memiliki cukup anak atau ingin menunda kehamilan. Untuk mengindari kehamilan, banyak orang biasanya menggunakan alat kontrasepsi.

Cara Mencegah Kehamilan

Namun, tidak selamanya alat kontrasepsi berfungsi dengan baik, bahkan beberapa orang bisa hamil walaupun telah menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seks. Sebenarnya, ada beberapa cara mencegah kehamilan lain yang lebih efesien selain menggunakan alat kontrasepsi luar, berikut beberapa caranya.

Mencegah Kehamilan Dengan Pil KB

Cara mencegah kehamilan setelah melakukan hubungan intim dengan mengkonsumsi pil KB merupakan hal yang sering dilakukan oleh banyak pasangan. Selain pil KB, terdapat juga suntik KB yang bisa mencegah kehamilan.

Mencegah Kehamilan Dengan Pil KB

Cara ini biasanya bisa mencegah kehamilan dengan efektif dan memiliki angka keberhasilan sekitar 90% hingga 99%. Jenis pencegahan ini bekerja melalui hormon dimana baik pil KB atau suntik KB akan memanipulasi hormon sehingga sel telur tidak dilepas dan dibuahi oleh sperma. Untuk menggunakan cara ini, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter.

Mencegah Kehamilan Dengan Makanan dan Minuman

Berbicara mengenai makanan pencegah kehamilan, beberapa orang menggunakan makanan dan minuman tertentu untuk menghindari kehamilan. Untuk minuman pencegah kehamilan setelah berhubungan intim biasanya mereka meminum jamu yang diramu khusus. Namun, beberapa minuman seperti minuman bersoda dan berkafein konon juga dapat membantu mencegah kehamilan.

Selain minuman, beberapa makanan juga ternyata digunakan untuk mencegah kehamilan. Salah satu yang sangat populer adalah orang mencegah kehamilan dengan nanas. Selain nanas, beberapa makanan lain seperti tauge mentah, tiramisu, dan sushi juga sering dikonsumi untuk menghindari kehamilan.

Hal ini dikarenakan pada makanan tersebut terdapat banyak bakteri yang tidak sehat untuk tubuh. Mencegah kehamilan dengan makanan dan minuman memang dapat berfungsi. Namun, cara ini tidak selalu memiliki efek ke semua orang. Selain itu, cara ini juga bisa memiliki efek samping terhadap tubuh kita jika mengkonsumi terlalu banyak.

Menggunakan Intra Uterine Device (IUD)

IUD merupakan alat kontrasepsi yang diaplikasikan di dalam rahim atau sering disebut sebagai KB spiral. Alat ini cukup banyak digunakan karena bisa mencegah kehamilan dengan aman dan efektif. IUD terbuat dari logam kecil yang nantinya dimasukan ke dalam uterus.

Intra Uterine Device (IUD)

Alat ini merupakan cara mencegah kehamilan terbaik dan paling efisien bagi wanita. Dengan IUD, Bunda tidak perlu cemas berhubungan dan takut hamil.

Kalender Masa Subur

Menggunakan kalender masa subur merupakan salah satu hal populer yang juga digunakan oleh sebagian orang. Dengan hanya bermodalkan kalender, kamu bisa mengontrol masa subur Bunda untuk mengindari kehamilan. Cara ini merupakan cara menghindari kehamilan yang mudah dan murah. Bunda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli alat kontrasepsi atau melakukan suntik KB. Lakukanlah hubungan intim pada saat pasangan tidak mengalami masa subur.

Untuk masa subur, masa ini biasanya terjadi selama 14 hari setelah menstruasi pertama. Jika kamu ingin menggunakan cara ini, pastikan untuk tidak lupa menghitung masa subur. Cara ini membutuhkan ketelatenan yang cukup agar tidak lupa dan berhasil.

Itulah beberapa cara mencegah hamil yang sering banyak orang lakukan selain menggunakan alat kontrasepsi luar. Beberapa cara seperti pil KB, IUD, dan suntik KB sudah terbukti ampuh. Sedangkan, cara mencegah hamil dengan makanan dan minuman masih menjadi mitos bagi sebagian orang.