Proses Penyembuhan Luka Setelah Melahirkan Normal dan Caesar

Memiliki buah hati baru memang merupakan salah satu momen yang paling menyenangkan dalam hidup. Namun, untuk memiliki momen tersbut, seorang wanita harus mengalami proses kehamilan dan melahirkan. Proses melahirkan merupakan salah satu proses yang penting dan berarti bagi wanita.

Proses Penyembuhan Luka Setelah Melahirkan

Selain tenaga yang kuat, psikologis dan pikiran yang sehat, kesabaran serta keberanian juga dibutuhkan saat proses ini. Namun, segala bentuk pengorbanan saat melahirkan akan segera terbayar saat proses ini berjalan tanpa hambatan dan buah hati lahir dengan sehat. Kesabaran pada dasarnya tidak hanya dibutuhkan hanya pada saat proses melahirkan tapi juga pada proses penyembuhan luka setelah melahirkan. Pada tahap penyembuhan, dibutuhkan kesabaran dan keuletan yang ekstra.

Tips Menghadapi Proses Penyembuhan Luka Setelah Melahirkan

Berbicara tentang proses penyembuhan luka setelah melahirkan, kondisi tubuh kita akan mengalami banyak perubahan. Beberapa rasa sakit dan pegal di badan akan masih terasa, dan jahitan pasca melahirkan terasa nyeri. Bahkan, beberapa orang akan mengalami sindrom baby blues yang menyerang kondisi psikologis wanita.

Proses Penyembuhan Luka Setelah Melahirkan

Hal ini umumnya merupakan kondisi yang wajar dan sering dialami oleh banyak wanita hamil. Namun, kondisi ini harus segera diatasi dengan benar. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar pemulihan cepat.

Jangan Melakukan Aktivitas Berat

Pasca melahirkan, sebaiknya hindari segala aktivitas berat. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh pasca melahirkan masih belum pulih, begitupun juga dengan jahitan. Melakukan aktivitas berat dapat membuat jahitan pasca melahirkan normal lepas ataupun bengak. Oleh karena itu, istirahat yang cukup minilam 7-8 jam.

Rawat Luka Jahitan pada Masa Nifas

Pada proses penyembuhan luka setelah melahirkan, masa nifas terkadang menjadi tahap yang sulit untuk dihadapi sebagian wanita, khususnya para ibu yang melahirkan normal. Masa nifas terjadi sekitar 40 hari. Pada masa ini darah akan terus keluar layaknya menstruasi. Oleh karena itu kebersihan harus sangat dijaga agar luka jahitan tetap terawat. Penyembuhan jahitan pasca melahirkan normal memang merupakan hal yang tidak mudah. Luka jahitan bisa dibersihkan dengan cairan antiseptik atau dengan waslap dan sabun.

Bilas luka dengan air hangat dan pastikan bahwa luka benar-benar bersih dari darah kotor. Setelah itu, gunakanlah pembalut dan celana dalam yang bersih dan juga nyaman. Jangan lupa untuk mengganti pembalut jika sudah terasa penuh. Lalu, bagaimana untuk penyembuhan jahitan pasca melahirkan caesar?

luka jahitan caesar

Untuk luka jahitan caesar, biasanya di sekitar luka akan muncul kulit baru yang mudah tergores. Untuk merawat luka ini, kamu harus mengganti perban denga teratur setiap hari. Bersihkan luka setiap hari menggunakan waslap dengan air hangat dan sabun. Bilaslah hingga tidak ada sabun yang menempel di luka. Setelah dibilas, keringkan perlahan lukamu menggunakan handuk bersih dengan gerakan lebut. Hindari menggunakan bedak, lotion, serta kosmetik lainnya pada luka. Selain itu, jika kamu mengalami batuk, tahan luka dengan bantal guna menghindari tekanan di permukaan kulit yang terdapat luka.

Konsumsi Makanan Bergizi

Pada proses pasca melahirkan, nutrisi bergizi berperan penting dalam pemulihan. Banyak orang mengatakan bahwa setelah melahirkan, ibu dilarang mengkonsumsi protein karena bisa membuat luka jahitan gata atau sakit.

Namun, protein sebenarnya dapat mempercepat proses penyembuhan. Konsumilah makanan yang kaya dengan protein baik seperti ikan. Selain itu, mengkonsumsi vitamin C dan B juga bisa membantu menjaga daya tahan sehingga ibu setelah melahirkan tidak mudah tekena infeksi dan sakit. Mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah juga bisa membantu melancarkan pencernaan.