Perubahan yang Terjadi di Kehamilan 4 Bulan

Setiap wanita pasti menginginkan adanya kehamilan untuk menghasilkan keturunan. Bagi seorang wanita kehamilan adalah hal yang membuat wanita menjadi lebih sempurna. Seperti yang kita tahu, bahwa pada saat kehamilan secara fisik tubuh akan mengalami perubahan. Perubahan yang mulai terlihat jelas adalah ketika kehamilan 4 bulan untuk seorang ibu.

Kehamilan 4 Bulan

Pada saat kehamilan sudah memasuki bulan keempat, biasanya janin didalam kandungan sudah dapat mendengan dan menerima berbagai suara yang berasal dari lingkungan. Untuk itu banyak orang yang sudah berusaha untuk menstimulasi janin di usia 4 bulan masa kehamilan tersebut. Misalnya dengan cara yang paling mudah dan sering ditiru banyak orang adalah dengan mendengarkan alunan musik yang klasik agar bisa didengarkan oleh sang janin.

Ciri-Ciri Kehamilan 4 Bulan

Beberapa keluhan yang sering terjadi pada usia kehamilan 4 bulan akan terjadi kepada sang ibu. Beberapa keluhan tersebut adalah seperti timbulnya garis panjang kehitam-hitaman yang ada di area perut bagian pusar sampai pada area kewanitaan pada wanita ini seringkali dikeluhkan oleh para ibu hamil. Garis ini biasanya disebut sebagi linea. Linea ini timbul karena adanya peregangan pada kulit, bahkan kasusnya banyak leher ibu hamil yang juga ikut menjadi gelap.

Perubahan fisik di Kehamilan 4 Bulan

Biasanya ini akan membuat sang ibu hamil resah dengan gejala-gejala tersebut. Kadang munculnya gejala tersebut sering disalah sangka sebagai penyakit lain. Namun untuk ibu hamil sebaiknya tidak peru terlalu cemas karena gejala ini sering muncul ketika sedang dalam kehamilan yang semakin membesar.

Tidak hanya muncul gejala dan keluhan untuk para ibu yang sedang hamil. Beberapa ciri-ciri atau tanda perubahan ibu hamil 4 bulan juga dapat dilihat dan muncul secara tiba-tiba. Beberapa perubahan atau tanda yang muncul di kehamilan 4 bulan adalah sebagai berikut:

Perubahan Pada Fisik

Bagi sang calon ibu yang usia kehamilannya semakin membesar, tentu saja perubahan pada fisik akan semakin terlihat jelas. Selain itu, kondisi kandungan yang membesar juga membuat pertumbuhan janin akan menjadi proposional seperti jemari tangan dan kaki yang semakin terlihat dan semakin membentuk. Kehamilan 4 bulan akan membuat kelamin janin sudah dapat dilihat melalui alat medis atau USG.

USG di Kehamilan 4 Bulan

Perubahan Pada Emosi

Memasuki kehamilan usia bulan keempat atau trimester yang kedua, ibu hamil biasanya mulai berpikiran yang macam-macam mulai dari kebutuhan sang bayi nanti sampai memilih pilih nama untuk sang bayi. Adapun ibu hamil yang khawatir akan bentuk tubuhnya akan berubah drastis menjadikan sikap suami berbeda terhadapnya.

Hal ini merupakan perubahan emosi yang dirasakan oleh ibu hamil. Jika mendapatkan perubahan seperti ini sang ibu harus menceritakan dan berbagi dengan suami atau pasangannya agar tetap terjalin harmonis hubungan anda.

Nah, itulah beberapa perubahan yang dapat dialami dan dirasakan oleh para ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan 4 bulan. Tanda tanda tersebut merupakan sebuah hal yang lazim terjadi, untuk itu sebaiknya ibu hamil harus menyikapinya dengan penuh kesabaran dan saling berbagi dengan pasangannya. Ini karena sebuah kehamilan merupakan anugerah terindah yang diberikan kepada sepasang suami dan istri.

Jadi pada dasarnya hamil bukannya sesuatu hal yang harus ditanggung sendiri oleh seorang ibu, namun juga harus dihadapi bersama-sama oleh suami atau ayah dari sang bayi tersebut agar janin di dalam kandungan dapat merasakan kehangatan kasih sayang.