6 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Melahirkan merupakan suatu kodrat dan anugerah bagi seorang perempuan. Biasanya setelah melahirkan, pinggul dan perut Bunda akan lebih membesar daripada sebelumnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Bunda tetap bisa kembali ke bentuk badan semula dan mengusahakan agar perut Bunda yang tadinya kendor bisa ramping kembali sehingga penampilan Bunda akan kembali menarik.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Hal ini memang akan selau terjadi pada semua wanita setelah melahirkan sehingga Bunda tidak perlu resah dan gelisah jika mempunyai berat badan dan bentuk tubuh yang gemuk. Sebab, ada beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa Bunda ikuti pasca persalinan.

Namun cara mengecilkan perut setelah melahirkan di bawah ini tidak instan. Tidak ada proses melangsingkan badan yang bisa Bunda lakukan dengan cepat. Bunda butuh kedisiplinan yang tinggi dalam menjalankannya. Berikut cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa Bunda lakukan jika Bunda melahirkan normal.

Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Tips yang pertama adalah menyusi. Sangat disarankan kepada semua ibu yang baru saja melahirkan untuk terus memberikan ASI bagi sang buah hati. Dengan menyusui maka asupan gizi yang dibutuhkan bayi dapat terpenuhi dengan baik. Terlebih lagi, menyusui setiap hari maka bisa mengurangi kalori sejumlah 5000 dari tubuh Bunda.

Yang kedua, terapkan pola hidup yang sehat dengan cara memilih makan makanan yang rendah kalori serta rendah lemak. Namun bukan berarti Bunda membatasi makanan secara drastis. Karena bayi Anda membutuhkan nutrisi agar kebutuhannya dapat terpenuhi. Setelah melahirkan, Bunda dapat memilih menu sehat dan meminta pengawasan dalam menu makanan yang Bunda pilih dari orang terdekat Anda seprti suami atau keluarga Bunda sehingga Bunda terbantu dalam menjalan pola hidup yang sehat dan seimbang.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Yang ketiga, biasakan untuk makan dengan porsi yang sedikit namun dalam frekuensi yang sering. Dengan cara seperti inilah maka Bunda bisa mengecilkan perut Bunda. Cara ini termasuk efektif karena tidak aka nada penumpukan kalori dan lemak di dalam tubuh Bunda. Dengan cara inilah maka berat badan Bunda dapat terknontrol dengan baik, apalagi jika Bunda melakukannya secara rutin.

Yang ke empat, jangan lupa olahraga! Olahraga yang tepat bagi ibu yang baru saja melahirkan adalah olahraga yang ringan seperti senam. Saat Bunda melakukan kegiatan olahraga dengan rutin, maka otot-otot tubuh Bunda yang tdaiinya kendor akan menjadi kencang kembali.

Yang ke lima, jangan lupa juga untuk sering mengonsumsi air putih. Air putih mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh antara lain membersihkan semua organ dalam tubuh Bunda terutama untuk saluran pencernaan dari berbagai macam racun serta penyakit. Proses hidrasi yang terjadi dengan baik juga penting untuk tubuh Bunda karena hal ini dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih baik.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Air putih juga dapat membantu melangsingkan tubuh Bunda karena jika Bunda banyak meminum air putoh maka Bunda dapat menahan rasa lapar. Konsentrasi sodium di dalam tubuh Bunda dapat menjaid cair dengan meminum banyak air putih sehingga sodium tersebut dapat keluar dari sistem pencernaan.

Yang ke enam, lakukan latihan pada otot perut Bunda dengan cara duduk, berbaring, atau berdiri. Caranya sangat mudah, Bunda hanya perlu menarik perut Bunda ke bagian dalam. Dengan gerakan ini maka akan ada kontraksi pada otot perut. Lakukan gerakan ini selama beberapa menit setiap harinya.

Demikian 6 cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa Bunda ikuti. Semoga cara ini bermanfaat! Salam Bunda sehat.