Perkembangan Bayi 7 Bulan: Fisik, Motorik, dan Kebutuhan Makanan

Perkembangan bayi di usia 7 bulan memang sudah terlihat lebih besar dibandingkan dengan usia sebelumnya. Namun ada beberapa orang tua yang mulai cemas karena perkembangan bayi 7 bulan sudah lebih banyak, terutama pada aktivitasnya.

Perkembangan Bayi 7 Bulan

Ada juga beberapa bayi yang mengalami penurunan berat badan karena mereka terlalu banyak mengeluarkan tenaga untuk merangkak atau berguling. Terkadang bayi usia 7 bulan juga sangat rewel karena bosan dengan mainan mereka dan akan meminta perhatian khusus.

Namun perkembangan bayi 7 bulan adalah fase yang sangat menakjubkan. Di usia inilah Anda akan merasa bawah bayi Bunda benar-benar menjadi anak yang sehat dan lucu. Namun berbeda cerita pada bayi kuning dan bayi kelahiran premature yang akan mengalami pertumbuhan yang terlambat.

Pertumbuhan Fisik Bayi di Usia 7 Bulan

Di usia 7 bulan bayi Bunda mulai sering menggunakan jari-jarinya. Kemampuan koordinasi jari dan otot tangan akan semkain baik. Bayi Bunda akan mulai suka memegan benda-benda di sekitarnya yang lebih berat untuk melatih kekuatan jarinya.

Bayi Bunda sudah memiliki pinggul dan otot kaki yang baik. Saat bayi Bunda sedang merangkak atau ingin duduk, maka mereka sudah bisa mengubah posisi ini dengan menekuk sedikit bagian kakinya lalu duduk. Pasti Bunda akan merasa kagum dengan bayi Bunda saat dia sudha bisa duduk. Walaupun bayi Bunda  sudah bisa berjalan, namun sebaiknya jangan menggunakan baby walker karena ada beberapa bahaya dari baby walker pada bayi Bunda.

Usia Bayi 7 Bulan

Bayi Bunda sudah memiliki koordinasi yang baik pada tangan dan kaki sehingga dia bisa merangkak dengan lebih leluasa. Bayi Bunda juga sudah bisa menarik lututnya ke belakang ketika akan merangkak.

Bayi Bunda juga akan mulai mencari pegangan seperti kusi untuk membantunya berdiri. Meskipun begitu, Bunda juga harus tetap mengawasi bayi Bunda saat dia ingin berdiri sendiri karena sebenarnya kakinya belum begitu kuat.

Perkembangan bayi 7 bulan juga ada masa-masa sulitnya yaitu giginya akan segera tumbuh. Di saat seperti inilah beberapa bayi akan mengalami radang gusi, demam, rewel, dan terbangun pada malam hari.

Pertumbuhan Motorik Bayi

Bayi Bunda sudah bisa duduk sempurna dan terkang dia tidak membutuhkan bantuan orang lain. Bayi Bunda akan lebih senag untuk bermain sendiri dengan berbagai jenis benda-benda di sekitarnya. Mereka juga terkadang tidak suka didekati oleh orang lain saat sedang bermain.

Bayi Bunda sudah mulai tertari untuk bergerak sendiri. Mereka lebih senang diletakkan di bawah daripada digendong. Di usia ini bayi sudah mempunyai koordinasi fisik yang baik sehingga bisa berguling, merangkak, atau bergeser. Dengan cara ini, maka bayi Bunda akan bergerak untuk mengambil benda atau mainan. Jika bayi Bunda malas atau tidak lincah, maka Bunda bisa membantu dengan menaruh benda yang dia inginkan dengan jarak yang dekat dengan Bunda.

Di usia ini bayi sudah bisa memegang cangkir dengan baik karena otot jari bayi Bunda sudah berkembang dengan baik. Si kecil juga sudah bisa mengambil mainan sendiri dan sudah bisa memisahkan beberapa benda yang berdekatan.

Kebutuhan Makanan Bayi

Perkembangan bayi 7 bulan dalam kebutuhan makanan adalah Bunda sudah bisa mengenalkan beberapa jenis kacang-kacangan pada bayi seperti buncis, edamame, dan lain-lain.

Makanan Bayi

Jika Bunda ingin memberikan makanan yang berbeda, maka Bunda harus melihat apakah bayi Bunda akan bereaksi pada makanan tersebut. Makanan seperti ikan dan telur bisa menyebabkan alergi, begitu juga dengan makanan lain. Waspadai pemberian makanan pada bayi.