Ketahui Faktor Penyebab Pusing Saat Hamil

Ketika sedang hamil, terutama masih di usia kehamilan yang muda, ibu hamil banyak mengalami gejala seperti mual muntah, konstipasi, kram perut, pegal-pegal, dan pusing. Pusing saat hamil pada usia kehamilan awal ini dianggap sudah biasa akibat dari rendahnya tekanan darah dalam tubuh atau sangat meningkatnya tekanan darah.

Pusing Saat Hamil

Sumber Gambar : medicalnewstoday.com

Turunnya tekanan ini dapat disebabkan akibat dari perubahan hormon yang menyediakan banyak darah untuk sang janin. Terutama ketika usia kehamilan menginjak trimester kedua, janin memerlukan banyak darah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah yang juga dapat menyebabkan pusing pada ibu hamil.

Penyebab Pusing Saat Hamil

Melebarnya pembuluh darah juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab pusing yang dirasakan ibu hamil. Karena terjadinya perubahan hormon pada ibu hamil, tubuh ibu akan mengalirkan lebih banyak lagi darah untuk janin.

Sehingga sistem kardiovaskular dan detak jantung ibu akan semakin meningkat lagi. Ketika sistem kardiovaskular meningkat maka darah yang dipompakan juga dapat sangat meningkat, hal inilah yang dapat menyebabkan pusing saat hamil.

Pusing saat hamil juga bukan hanya ada ketika trimester satu dan dua, namun pusing terjadi ketika trimester ketiga juga dapat terjadi. Penyebab pusing saat kehamilan di trimester ketiga ini dapat disebabkan oleh aliran darah yang semakin kurang karena terjadinya penekanan pembuluh darah oleh berat badan janin yang semakin meningkat.

Berat badan janin di kehamilan tua ini akan menekan pembuluh darah ibu baik pada kaki, panggul, dan bagian tubuh bagian atas sehingga dapat menyebabkan aliran darah menurun. Pusing saat hamil tua juga dapat diakibatkan oleh temperatur tubuh ibu yang meningkat. Mengapa bisa meningkat? Karena temperatur tubuh akan lebih panas ketika sedang pada masa kehamilan karena janin yang semakin tumbuh akan terus meningkatkan temperatur ibuĀ  beberapa derajat.

Penyebab Pusing Saat Hamil

Sumber Gambar : infobaby.org

Selain akibat dari faktor perubahan hormon dan tekanan darah, pusing saat hamil juga dapat disebabkan oleh kurangnya nutrisi ibu hamil. Mengapa bisa? Karena ketika hamil janin yang berada dalam kandungan akan memakan apa yang ibu makan, oleh sebab itu nutrisi yang ibu makan setidaknya harus cukup untuk 2 orang. Karena jika tidak ibu akan kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan kadar gula darah yang menurun yang nantinya dapat membuat ibu hamil pusing.

Oleh karena itu ibu harus memenuhi nutrisi makanan yang baik untuk ibu hamil. Adapun beberapa nutrisi untuk ibu hamil seperti aneka sayuran hijau yang mempunyai sumber zat besi, asam folat, dan vitamin C. Ada juga nasi merah juga yang mempunyai kandungan zat besi dan vitamin B yang dapat menurunkan kadar gula, dan masih banyak lagi nutrisi yang dapat dipenuhi oleh ibu hamil.

Mengatasi Pusing Saat Hamil

Karena pusing saat hamil ini wajar, maka sedikit susah untuk mencegahnya. Adapun beberapa cara mengatasinya, seperti tidak boleh makan terlambat karena dengan makan teratur akan memberikan kadar gula darah yang stabil.

Pusing Saat Hamil

Sumber Gambar : momjunction.com

Bunda juga harus menghindari mengkonsumsi makanan manis yang berlebih karena dapat meningkatkan kadar gula. Kemudian meminum air putih yang cukup dan menghindari minuman yang mengandung kafein, serta memakan makanan yang cukup mengandung zat besi.

Selain itu juga ibu hamil lebih disarankan untuk menggunakan pakaian yang longgar agar mencegah dari kegerahan akibat meningkatnya temperatur tubuh yang berlebih. Untuk melancarkan sistem sirkulasi darah juga lebih baik untuk ibu hamil rajin bergerak. Jangan terlalu lama dalam posisi berdiri atau duduk, dan jangan duduk dengan menyilangkan kaki karena dapat meningkatkan risiko pembekuan darah pada pembuluh darah kaki.