Tips Menjaga Kehamilan 5 Bulan

Masa yang paling mengesankan adalah masa kehamilan muda. Kehamilan sendiri merupakan hal yang sangat dinantikan oleh seorang Ibu. Semakin bertambahnya perkembangan janin dalam perut Ibu, semakin bahagia yang Bunda rasakan.

Kehamilan 5 Bulan

Usia kehamilan 5 bulan merupakan kondisi kehamilan yang terbilang nyaman bagi seorang ibu. Janin yang berusia 5 bulan sudah mulai terbentuk meskipun terlihat sangat kecil, sehingga ibu akan melihat sosok makhluk kecil yang lucu saat melakukan USG.

Perubahan pada Janin di Usia 5 Bulan

Janin yang baru berusia 5  bulan sudah mulai bereaksi dan merespon rangsangan dari luar. Selain itu, berikut perubahan yang terjadi saat janin berusia 5 bulan.

  • Janin mulai aktif bergerak. Namun, karena ukuran janin masih sangat kecil, ibu belum terlalu merasakan gerakan bayi.
  • Sensitif terhadap cahaya dan mulai mendengar. Janin yang berusia 5 bulan bereaksi terhadap cahaya yang diterimanya. Janin juga sudah mulai bisa mendengar berbagai suara, seperti suara organ-organ tubuh ibunya ataupun suara-suara di luar, seperti suara orang mengobrol.
  • Janin mulai merasakan emosi ibunya. Janin berusia 5 bulan bisa mendengar detak jantung ibunya.

Kehamilan 5 Bulan

So, kalau ibu sedang stres, detak jantung akan bergerak cepat dan hal itu dapat dirasakan oleh janin.
Usia kehamilan 5 bulan merupakan kondisi yang bisa dibilang membahagiakan bagi ibu karena janin masih berukuran kecil tapi aktif bergerak, sehingga ibu akan senantiasa merasakan gerakan janin meskipun akan terasa sakit.

Namun, rasa sakit itu akan tertutup oleh perasaan senang. Pergerakan janin berusia 5 bulan tidak akan terlalu mempengaruhi kondisi sang ibu, sehingga ibu tidak akan merasakan mual-mual yang berlebihan akibat mencium bau-bau yang tidak disukai.

Tips Menjaga Kesehatan Janin 5 Bulan

Tumbuh kembang janin pada usia 5 bulan merupakan perkembangan yang signifikan. Janin sudah mulai memiliki alat indera yang lengkap. Alis dan rambut sudah mulai tumbuh sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, ibu perlu menjaga asupan untuk menjaga janin tetap sehat dan tumbuh optimal. Berikut tips untuk menjaga kesehatan janin yang baru berusia 5 bulan.

  • Saat hamil, kadar darah tubuh ibu hamil akan menurun secara drastis. Oleh karena itu, dengan rajin mengonsumsi makanan sehat yang akan zat besi bisa menambah kadar darah dalam tubuh ibu.
  • Rajin untuk mengecek hemoglobin darah karena saat kehamilan memasuki usia 5 bulan, ibu akan mengalami penurunan kadar hb dalam tubuh, sehingga mudah terkena anemia atau kekurangan darah.
  • Untuk mengetahui kondisi janin usia 5 bulan, Anda bisa melakukan check up ke dokter kandungan. Alasannya yaitu untuk mengetahui apakah kondisi janin tersebut normal atau terjadi kelainan pada janin.
  • Mengonsumi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Janin yang memasuki umur 5 bulan tidak akan membuat Ibu mual-mual, sehingga ibu bisa mengonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D, seperti telur, susu, ikan tanpa mengeluh mual.
  • Janin yang berusia 5 bulan perlu asupan yang mengandung Omega 3. Alasannya karena omega 3 dapat menunjang perkembangan otak Janin saat berumur 5 bulan. Makanan yang mengandung omega 3 yaitu ikan sarden, telur, sayur-sayuran dan kacang kedelai.
  • Mengonsumsi vitamin A sangat baik untuk Janin yang memasuki usia 5 bulan. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kondisi Imun pada Janin. Fungsi lainnya yang terkandung pada vitamin A yaitu untuk pertumbuhan tulang, penglihatan, dan pertumbuhan kulit pada Janin. Vitamin A bisa Anda temukan pada buah naga, bayam, wortel dan masih banyak lagi. Namun, mengonsumsi vitamin A sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.

Itulah beberapa tips cantik untuk menjaga kondisi kehamilan pada usia 5 bulan yang bisa Bunda terapkan untuk menjaga kesehatan bayi dan ibu. Semoga bermanfaat.