Apakah Bunda Sulit Hamil? Coba Tips Memulai Program Kehamilan Bunda Ami

Bagi Bunda yang telah menikah pasti sangat menantikan kedatangan makhluk ketiga atau bayi untuk melengkapi kebahagian dikehidupan keluarga Bunda bukan? Yup, semua orang tua pasti menginginkan kehadiran bayi.

Tips Program Kehamilan yang Ampuh

Untuk suami istri yang ingin memulai program kehamilan, berikut ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar program kehamilan sesuai dengan yang diinginkan.

tips program kehamilan

  1. Perbanyak do’a dan beribadah kepada Tuhan YME agar terhindar dari fikiran-fikiran yang negatif dan senantiasa berfikir positif.
  2. Perbanyak ilmu pengetahuan tentang program kehamilan, sehingga Bunda dapat mengetahui tingkat kesuburan Bunda dan pasanganmu, asupan makanan yang baik saat ingin melakukan program, faktor yang menghambat sulit hamil dan masih banyak lagi.
  3. Setelah memperdalam ilmu mengenai program kehamilan, kenali masa ovulasi atau masa subur Bunda. Bunda harus mengetahui kapan masa subur Bunda dan biasanya 2 sampai 3 hari sebelum sel telur yang matang dilepaskan dari ovum. Bunda juga perlu mengetahui siklus menstruasi dengan cara menghitung jumlah hari mestruasi per 6 bulan.
  4. Setelah mendapat ilmu terkait kesuburan, lakukan hubungan suami istri pada masa subur Bunda.
  5. Dan yang terakhir adalah menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak tubuh dan menurunkan kesuburan Bunda. Kebiasaan buruk yang harus Bunda hindari adalah kebiasan merokok dan kebiasaan mengonsumsi alkohol. Selain merusak kesehatan tubuh, merokok dan mengonsumsi alkohol sangat merugikan bagi janin, seperti bayi yang lahir prematur dan rentan terkena infeksi.
  6. Hindari mengonsumsi kafein secara berlebihan karena dapat meningkatkan potensi bayi lahir dengan berat badan kurang bahkan keguguran.
  7. Jangan stres dan berolahraga berlebihan.
  8. Dan yang terakhir adalah ubah pola hidup yang buruk menjadi pola hidup yang lebih sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, olah raga teratur, istirahat cukup serta perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

program kehamilan

Itulah tips melakukan program kehamilan yang baik dan benar agar segera mendapatkan momongan. Namun, ternyata tidak semua wanita dapat mengandung, hal itu tergantung tingkat kesuburan wanita itu sendiri. Beberapa pasangan suami istri mengalami infertilitas, yaitu kondisi tidak mampu hamil setelah bersetubuh atau yang biasa kita sebut mandul, hal ini dapat dialami oleh suami, istri atau bahkan keduanya.

Namun, tidak perlu khawatir, dengan adanya teknologi dan ilmu yang modern, Bunda bisa merangsang hormon dan meningkatkan kesuburan Bunda dengan melakukan serangkaian terapi kesuburan, mulai dari terapi dengan obat-obatan sampai terapi kesuburan dengan operasi. Namun, ada juga terapi dengan cara melakukan pembuahan buatan atau yang biasa kita sebut bayi tabung.

Untuk Bunda yang ingin meningkatkan kesuburan secara alami, Bunda bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengubah pola hidup Bunda yang buruk. Rutin menjaga asupan nutrisi yang baik dapat menunjang masa kesuburan Bunda, seperti rajin mengonsumsi sayur-sayuran berdaun hijau, protein pada daging hewan-hewan ternak dan air putih yang cukup.

program kehamilan

Hindari makanan-makanan yang instan atau olahan. Selain itu, menjaga pola hidup yang baik, seperti istirahat yang cukup 8-9 jam sehari, menghindari kontak dengan bahan-bahan kimia seperti kosmetik yang berlebihan, rutin berolahraga namun tidak berlebihan, hindari stres yang berkelanjutan dan rutin konsultasi dengan dokter kandungan yang terpercaya.

Apabila serangkaian tips program kehamilan telah dilakukan tetapi belum sesuai dengan ekspetasi Bunda, hal yang paling utama adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan agar Bunda bisa mendapatkan saran tentang apa yang perlu Bunda lakukan untuk meningkatkan kesuburan Bunda dan pasangan yang sesuai dengan kesehatan reproduksi Bunda dan pasanganmu.