Mengenal Alat Tes Kehamilan dan Cara Penggunaannya

Bagi pasangan suami istri pasti tahu apa itu test pack kan? Yup, sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui adanya janin dalam perut ibu atau terjadinya kehamilan. Alat tes kehamilan ini memang lebih akurat dan efektif. Bentuk test pack panjang lonjong, Bunda dapat menemukannya di apotek-apotek.

Alat Tes Kehamilan

Nah, bagi Bunda yang telah melakukan serangkaian program kehamilan, untuk mengetahui ada atau tidaknya janin dalam perut sang ibu. Alat tes kehamilan memiliki merek yang berbeda-beda. Namun, ada baiknya Bunda tetap memperhatikan petunjuk penggunaan alat tes kehamilan yang Bunda pilih. Nah, bagi Bunda yang ingin melakukan tes kehamilan dengan alat tes untuk kehamilan atau test pack hendaknya memperhatikan waktu yang bagus untuk melakukan test pack.

Waktu untuk melakukan test pack

  1. Jangan terlalu dini mengecek kehamilan, test pack akan terlihat samar dan kurang akurat dalam mendeteksi hormone kehamilan (HCG).
  2. Untuk mengecek keberadaan janin dalam tubuh Bunda, lebih baik Bunda menggunakan alat tes untuk kehamilan di pagi hari karena hormon kehamilan yang terkandung dalam urine Bunda lebih tinggi pada pagi hari.
  3. Lakukan test pack 2 minggu kemudian setelah pembuahan.

Alat Tes Kehamilan

Ada beberapa merek yang sudah terbukti akurat untuk mendeteksi kehamilan meskipun baru beberapa hari. Namun, terkadang hasilnya kurang jelas. Garis yang dihasilkan pada alat tes kehamilan akan terlihat samar-samar antara positif dan negatif. Hendaknya mengecek kehamilan 12-14 hari atau 2 minggu setelah proses pembuahan terjadi.

Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan

Pada dasarnya, semua produk alat tes kehamilan selalu disertai prosedur penggunaannya. Namun, ada kalanya Bunda membaca terlebih dahulu cara penggunaan alat test pack yang telah Bunda beli. Yuk kita simak cara penggunaan test pack yang baik dan benar.

  1. Langkah pertama yang harus Bunda lakukan adalah mempersiapkan alat tes kehamilan atau test pack terlebih dahulu. Periksa kondisi alat test pack dan tanggal kadaluarsanya, pastikan alat test pack masih bagus dan higienis.
  2. Baca prosedur penggunaan alat tes kehamilan yang telah Bunda beli dalam kemasannya.
  3. Sterilkan tanganmu dengan cara membasuh tangan dengan air hangat kemudian gunakan sabun.
  4. Tampung urine dengan menggunakan wadah.
  5. Masukan alat test pack kedalam urine yang telah Bunda tampung dalam wadah secara perlahan selama 10-15 detik. Yang perlu Bunda perhatikan pada saat mencelupkan alat tes kehamilan ini adalah bagian ujung alat yang harus terkena urine karena hormone kehamilan terdeteksi oleh bagian ujung alat test pack itu.
  6. Tahap terakhir yaitu membaca hasil test pack. Perbedaan merek test pack menyebutkan hasilnya akan muncul 5-10 menit. Namun, sebagian besar hasil tes mulai dapat dilihat setelah ± 2 menit. Apabila garis dalam test pack berjumlah dua maka positif hamil, sedangkan apabila garis dalam test pack berjumlah satu garis maka hasil negative hamil.
  7. Perlu diperhatikan, terkadang hasil test pack tidak sesuai dengan kenyataanya. Hal itu disebabkan karena beberapa penyebab. Biasanya apabila Bunda melihat hasil test pack positif tetapi Bunda  tidak melihat keberadaan janin di dalam perut saat di USG, bisa diprediksi bahwa hamil yang dialami adalah hamil anggur atau janin yang dimaksud adalah kanker rahim. So, apapun hasil dari test pack segera konsultasikan kepada dokter kandungan.

Itulah penjelasan terkait penggunaan test pack, waktu yang tepat untuk menggunakan test pack, dan tata cara penggunaan alat tes kehamilan (test pack). Semoga bermanfaat.