Berikut Tips Melahirkan Normal Dengan Tepat Dan Lancar

Semua ibu pasti menginginkan proses melahirkan dengan cara normal. Melahirkan secara normal menandakan bahwa kondisi kesehatan bayi dan ibu baik,. Setiap ibu yang melewati proses persalinan harus berjuang melawan rasa sakit dan khawatir. Dengan melahirkan secara normal, rasa sakit yang dirasakan tidak akan bertahan lama.

Melahirkan Normal

Namun, rasa sakit yang luar biasa juga dirasakan oleh sebagian orang. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti berat badan bayi, ukuran bayi dan masih banyak lagi. Nah, untuk membantu ibu melahirkan secara normal tanpa merasakan sakit yang teramat sangat, berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk ibu melahirkan agar rasa sakit saat proses persalinan tidak terlalu terasa.

10 Tips Melahirkan Normal dapat berjalan dengan lancar

  1. Saat awal kehamilan, rajin berolahraga yang tujuannya untuk melenturkan otot rahim agar saat proses melahirkan tidak terasa menyakitkan.
  2. Bekali ilmu tentang melahirkan. Dengan ilmu yang cukup, Bunda dapat membedakan kondisi bayi dan ibu saat lahir sesar atau normal.
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih sarana untuk mendukung proses persalinan tanpa menggunakan obat. Dokter kandungan atau bidan yang akan Bunda pilih harus sabar dalam menghadapi ibu yang akan menjalankan proses persalinan normal.
  4. Jauhkan fikiran-fikiran negatif terkait melahirkan. Ibu yang baru saja hamil biasanya selalu berbagi tentang cerita kehamilan pertamanya kepada ibu-ibu yang lain, sehingga ibu-ibu yang telah melahirkan akan menceritakan pengalamannya saat melahirkan. Ketika mendengar cerita melahirkan, ambil sisi baiknya dan buang sisi buruknya, artinya ubah presepsi Bunda terkait cerita buruk yang dikatakan oleh ibu-ibu yang telah berpengalaman dalam melahirkan karena hanya akan menimbulkan stres pada ibu hamil.
  5. Jangan panik saat mengalami kontraksi yang cukup kuat. Berendam di air hangat bisa Anda jadikan solusi terbaik untuk menciptakan fikiran dan kondisi yang rileks. Selain itu, Bunda juga dapat mengurangi rasa sakit saat kontraksi dan membantu proses pembukaan yang relatif cepat.
  6. Selalu berfikir positif, optimis dan jangan menyerah. Harus berkeyakinan bahwa setelah melahirkan, kondisi ibu dan bayi akan selamat dan sehat.
  7. Untuk Bunda yang melalui proses persalinan, hendaknya mendapat dukungan dari pihak keluarga atau suami. Hal itu akan membuat sang ibu termotivasi.
  8. Selama proses persalinan berlangsung, hendaklah mengatur teknik pernafasan yang baik. Tujuannya untuk mengatur energi yang dikeluarkan oleh ibu, memberikan jeda untuk rileks sejenak, mengatur masuknya oksigen, serta mendorong bayi agar mudah dikeluarkan.
  9. Membawa sesuatu yang dapat menghilangkan rasa takut Bunda, seperti foto USG bayi. Sehingga Bunda  dapat membayangkan bayi Bunda saat lahir nanti. Membawa barang pusat perhatian dapat membuat ibu semakin lebih yakin dengan persalinannya.
  10. Ketika proses persalinan berlangsung, sebagai seorang ibu jangan pernah takut untuk mengeluarkan suara. Terkadang ibu yang sedang melahirkan secara normal akan merasakan sakit saat dan tak segan untuk mengeluarkan suara yang kencang. Dengan suara rintihan, ibu akan membuat otot paha dan panggul menjadi lebih rileks dan santai. Namun, perlu diketahui saat mengeluarkan suara hendaknya tidak lupa mengatur pernafasan agar tidak kehilangan energi yang berlebihan.

Melahirkan Normal

Kesimpulannya, seorang ibu yang menginginkan proses persalinan secara normal perlu ilmunya terlebih dahulu. Ibu harus cerdas dalam melakukan tips-tips melahirkan secara normal karena yang merasakan sakit hanyalah ibu yang melahirkan.

Untuk meminimalisir rasa sakit memang butuh persiapan yang matang sebelum proses persalinan berlangsung, seperti rutin berolah raga, makanan sehat dan bergizi, perbekal ilmu tentang melahirkan, dan selalu berfikir positif.