Perkembangan Bayi dalam Kandungan Usia Kehamilan 1-9 Bulan

Perkembangan bayi atau janin dalam kandungan saat dalam masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting untuk selalu diperhatikan agar janin dalam kandungan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sampai dengan lahir nantinya. Setidaknya kurang lebih ibu hamil itu akan mengandung selama 9 bulan dan pada tiap bulannya, bayi dalam kandungan akan tumbuh dengan dan berkembang.

perkembangan bayi dalam kandungan

Tahapan pertumbuhan janin perlu untuk diperhatikan agar nantinya Bunda bisa mengetahui apakah janin dalam kendungan Bunda itu dalam keadaan sehat ataupun tidak. Tentu saja untuk Bundayang aru pernah hamil, masih sangat dangkal soal ilmu pengetahuan seputar tumbuh kembang bayi. Maka dari itu di sini akan memberikan informasi penting seputar tumbuh kembang janin dari umur satu bulan hingga sembilan bulan dalam rahim Bunda yang perlu diperhatikan.

Berikut ini merupakan tahapan perkembangan bayi dalam kandungan yang bisa diperhatikan dengan baik mulai dari usia satu sampai dengan sembilan bulan.

1. Usia kehamilan satu bulan

Dalam usia satu bulan mulai terbentuk kantung kehamilan dan terbentuk plasenta yang memiliki fungsi untuk menyalurkan makanan ke janin. Maka dari itu kehamilan bulan pertama harus diperhatikan dengan mengkonsumsi makanan sehat.

2. Usia kehamilan bulan kedua

Sudah mulai terbentuk wajah, kemudian, bakal telinga, calon lengan, calon kaki, serta jemari sang janin. Syaraf pusat otak serta syaraf tulang belakang dan saluran pencernaan juga mulai terbentuk.

perkembangan bayi dalam kandungan usia 2 bulan

3. Usia kehamilan tiga bulan

Sudah mulai membentuk bagian tubuh sempurna, jemarinya sudah mulai mengepal dan kuku mulai tumbuh. Jika Bundamelakukan USG pada masa kehamilan usia 3 bulan ini, maka Bunda masih belum bisa menentukan secara pasti jenis kelamin dari sang bayi

4. Usia kehamilan empat bulan

Perkembangan bayi dalam kandungan 4 bulan ini sudah memiliki postur tubuh yang makin sempurna. Pada usia tersebut, jantungnya sudah mulai berdetak. Janin akan semakin aktif bergerak seperti menguap, mengubah ekspresi wajah, dan mengisap jari.

5. Usia kehamilan lima bulan

Gerakan janin dalam kandungan akan semakin kencang dengan karena sudah mulai melatih otot. Kepala janin juga sudah ditumbuhi bulu halus dan bagian tubuh bayi mulai tertutupi oleh selaput putih yang berfungsi sebagai pelindung bayi.

6. Usia bayi enam bulan

Sudah dapat mendengar suara dari luar perut dan bahkan mulai bisa membuka dan menutup kelopak mata secara perlahan. Pada usia ini, merangsang kecerdasan bayi dengan mendengarkan musik klasik untuk ibu hamil menjadi hal yang tepat untuk dilakukan.

7. Usia bayi tujuh bulan

Pada usia ini perkembangan bayi dalam kandungan semakin pesat dan mulai menyimpan lemak. Bundajuga bisa merasakan ketika bayi berpindah posisi.

8. Usia kehamilan delapan bulan

Cadangan lemak pada janin makin banyak dan otak akan semakin sempurna. Biasanya pada usia ini bayi akan aktif menendang dinding rahim.

kehamilan 9 bulan

9. Usia kehamilan sembilan bulan

Perkembangan paru-paru mulai membaik, posisi tubuh akan berputar yaitu kepala berada di bagian bawah menghadap jalan lahir, dan merupakan masa-masa menunggu jalannya proses persalinan

Itulah perkembangan bayi dalam kandungan yang bisa diperhatikan pada setiap bulannya. Pastikan Bunda memperhatikan kesehatan tubuh serta janin dengan baik agar nantinya bisa melakukan proses persalinan dengan baik dan juga lancar.

Perhatikan selalu pola makan ibu hamil dengan baik agar kecukupan nutrisi janin serta ibu selalu terpenuhi. Semoga informasi yang telah diberikan ini bisa memberikan banyak manfaat sekaligus menambah ilmu pengetahuan seputar kehamilan bagi Bunda.