Tanda Kehamilan 1 Bulan yang Harus Diperhatikan

Sesuatu hal besar yang paling dinantikan oleh semua pasangan yang telah menikah adalah datangnya masa kehamilan. Tahukah Bunda bahwa untuk mengetahui apakah Bunda sudah berada dalam masa kehamilan itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Biasanya kehamilan 1 bulan menjadi masa yang paling krusial.

kehamilan 1 bulan

Dan tentu saja hal tersebut harus diketahui oleh semua pasangan yang sedang menantikan kedatangan si kecil untuk melengkapi keluarga kecil. Nah pada kesempatan kali ini, akan memberikan Bunda informasi mengenai tanda-tanda kehamilan yang terjadi ketika janin menginjak usia 1 bulan.

Berikut ini merupakan ciri-ciri ataupun tanda kehamilan 1 bulan yang dapat Bundasimak dan perhatikan dengan baik yaitu:

1.    Terlambat menstruasi
Tentu saja ketika Bunda hamil, yang terjadi adalah Bundatak akan mengalami menstruasi. Ketika Bundamulai merasa janggal dan terlambat menstruasi lebih dari 3 minggu, maka Ada harus segera cek menggunakan alat tes kehamilan yaitu testpack.

Jika positif, maka segera lakukan cek kesehatan kehamilan di dokter spesialis yang Bunda percaya. Biasanya sebelum kehamilan, aka ditandai dengan keluarnya flek ataupun bercak darah  dari vagina yang menandakan adanya proses penempelan embrio pada dinding rahim. Biasanya dalam proses keluarnya bercak darah ini akan di sertai dengan keram perut.

2.    Payudara mulai membesar
Ciri kehamilan 1 bulan yang berikutnya yaitu Bundaakan merasakan payudara mulai membesar dan juga kencang. Hal tersebut dikarenakan terdapat peningkatan hormon esterogen serta progesteron. Selain membesar, biasanya bagian putting akan sedikit berubah warna menjadi lebih hitam dan payudara akan sangat sensitif yang disertai dengan terlihatnya urat biru.

mual dan muntah kehamilan 1 bulan

3.    Akan merasakan mual dan mutah-muntah
Pada usia kehamilan menginjak 1 bulan ini, mulai mengalami perubahan hormonal berupa perasaan mual yang mengakibatkan muntah. Intensitas terjadinya mual serta muntah-muntah ini mengalami intensitas yang berbeda-beda. Biasanya akan terjadi pada pagi hari yang menjadikan hal tersebut dikenal dengan sebutan morning sick. Mual dan muntah saat hamil ini penyebabnya akan berbeda-beda bagi setiap ibu hamil karena sifatnya yang hormonal.

4.    Akan mudah merasakan lelah
Ketika menginjak usia awal kehamilan saja seorang wanita akan lebih mudah lelah karena adanya janin dalam rahim. Adanya janin di dalam rahim tersebut, mengakibatkan  tubuh bekerja begitu ekstra terutama jantung.

Maka dari itu, tak heran jika seorang ibu hamil itu akan mudah sekali lelah karena memiliki beban dalam tubuhnya. Seorang yang sedang hamil biasanya sangat riskan terkena penyakit anemia atau kurang darah sehingga pastikan untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi agar kesehatan janin dan juga sang ibu bisa terjaga dengan seimbang.

5.    Sering buang air kecil dan juga sering sembelit
Meningkatnya hormon pada saat masa kehamilan menjadikan ginjal bekerja super keras untuk mengeluarkan urin. Tak heran jika urin seorang wanita hamil itu akan mengandung hormon HCG yang biasanya digunakan untuk indikator pada saat test kehamilan.

Sedangkan reaksi sembelit ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron yang mengendurkan otot rahim serta otot dinding usus. Untuk mengatasi sembelit saat hamil, maka pastikan untuk konsumsi makanan dengan serat yang tinggi seperti sayur dan juga buah.

Tentu saja masih ada banyak ciri lain yang bisa diperhatikan ketika menginjak kehamilan 1 bulan. Setidaknya ciri di atas tersebut sudah mewakili berbagai ciri lain yang menunjukkan jika usia kehamilan sudah mencapai 1 bulan. Semoga informasi yang telah diberikan bisa memberikan  Bundabanyak manfaat sebagai ilmu pengetahuan dasar kehamilan. Dan salam Bunda sehat.