Inilah Cara Alami Untuk Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 8 Bulan

Ibu hamil memang banyak sekali gangguan, pantangan serta anjuran yang harus dilakukan dengan selektif. Untuk menjaga selalu kesehatan ibu hamil serta calon buah ahati yang ada dalam kandungan. Hal yang tidak akan Bunda hindari dalam mengarungi masa kehamilan adalah gangguan saat hamil.

Kaki Bengkak Saat Hamil

Adapun gangguan saat hamil setiap ibu hamil sangatlah beraneka ragam. Tergantung dari ibu hamil itu sendiri. Berapakah usia kehamilan Bunda sekarang ini? apakah kehamilan Bunda sudah menginjak pada trimester terakhir usia kehamilan? Pernah mengalami kaki bengkak saat hamil? Kaki bengkak saat hamil 8 bulan merupakan salah satu gangguan saat hamil. Namun kondisi ini wajar terjadi pada ibu hamil yang akan memasuki masa trimester terakhir usia kehamilan.

Gangguan kaki bengkak saat hamil pada umumnya akan terjadi ketika usia kehamilan memasuki 28 minggu keatas usia kehamilan sampai datangnya proses persalinan nanti. Namun Bunda jangan terlalu cemas dan risau, karena dalam masa persalinan yang tinggal sebentar lagi hal ini sering sekali ditemui kebanyakan ibu hamil. Malah sebagian besar ibu hamil akan mengalami kondisi ini, pembengkakan saat hamil 8 bulan biasa juga kita dengar dengan istilah edema. Dimana hal tersebut akan Bunda alami di area tungkai sampai bagian mata kaki.

Penyebab umum pembengkakan kaki saat hamil

Sebelum mengenal bagaimana solusi yang harus Bunda tempuh dalam menghadapi gangguan kaki bengkak saat hamil, alangkah baiknya untuk dapat mengetahui apa saja penyebab kaki bengkak saat hamil secara umum. Penyebab pembengkakan kaki saat hamil terjadi karena adanya cairan yang berkumpul yang tertahan di beberapa bagian tubuh ibu hamil, sehingga menyebabkan hamil 8 bulan mengalami pembengkakan pada kaki.

Dan ternyata bukan hanya itu, selain adanya cairan yang berkumpul dan tertahan masih ada beberapa penyebab lainnya yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki saat hamil 8 bulan. Agar Bunda cepat tanggap dan menyadari kondisi tersebut di bawah ini ada beberapa penyebab kaki bengkak pada ibu hamil 8 bulan yang harus Bunda ketahui. Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut di bawah ini.

Perhatikan berat badan saat hamil

Berat badan ibu hamil yang kian bulan kian bertambah besar. Namun, satu hal yang menjadi catatan penting adalah ada masa berat badan yang ideal ibu hamil pada setiap bulannya. Berat badan yang meningkat tanpa terkontrol dengan baik, maka hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya pembengkakan pada kaki pada masa kehamilan yaitu kondisi kaki yang menerima beban yang jauh lebih berat dari biasanya.

Kaki Bengkak Saat Hamil

Maka perlunya memperhatikan berat badan yang ideal untuk ibu hamil untuk mendapatkan kesehatan ibu hamil dan janin yang ideal pula. Serta meminimalisir terjadinya pembengkakan kaki saat hamil menghampiri Bunda saat masa kehamilan.

Peredaran darah yang kurang lancar

Peredaran darah yang lancar dapat mencegah dari berbagai macam gangguan selama kehamilan. Terhambatnya pembuluh darah yang berada pada bagian kaki merupakan penyebab terjadinya pembengkakan pada kaki saat hamil. Karena adanya bagian pembuluh darah yang tersumbat, maka aliran darah ke jantung tidak lancar atau mengalami gangguan penyumbatan. Dimana hal ini akan mengakibatan kaki membengkak.

Memasuki trimester ketiga usia kehamilan pada umumnya seorang ibu hamil akan sering berada dalam keadaan duduk serta tidak banyak melakukan aktivitas, karena sudah melihat kondisi kehamilan yang semakin hari semakin tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas yang berat. Dalam keadaan ini yang akan membuat pembengkakan pada kaki ibu hamil saat dalam trimester ketiga usia kehamilan.

Panas yang disertai rasa nyeri yang teramat sangat

Ada dimana kondisi pembengkakan kaki ibu hamil yang disertai dengan rasa panas yang sangat dan disertai rasa nyeri. Dalam tahap seperti ini hendaklah Bunda lebih berhati-hati. Karena hal tersebut bukanlah satu hal yang normal lagi, Karena kondisi ini bisa disebabkan karena adanya gangguan lain saat hamil. Dan alangkah baiknya Bunda periksakan hal tersebut kepada dokter untuk mengetahui penyebab dan solusinya.

pembengkakan kaki ibu hamil

Preeklamsia

Apakah tanda-tanda pembengkakan kaki saat hamil 8 bulan merupakan gangguan pasti saat memasuki usia kehamilan? Hal tersebut bisa iya namun bisa juga tidak. Seperti apa kaki bengkak yang normal serta kaki bengkak yang tidak normal pada ibu hamil? Karena salah satu bentuk kaki bengkak yang tidak normal merupakan preeklamsia. Untuk info lebih lengkap tentang preeklamsia bisa Bunda kunjungi ulasan tentang preeklamsia disini.

Tips alami mengatasi kaki bengkak pada usia kehamilan 8 bulan

Dan di bawah ini akan Bunda bahas cara alami mengatasi kaki bengkak saat hamil 8 bulan. Pada Umumnya para ibu hamil akan mengalami kaki bengkak ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Mari simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Buat nyaman dengan olahraga untuk ibu hamil dengan teratur

Ibu hamil tidak di larang untuk melakukan olah raga. Malah sebaliknya, sangat di anjurkan sekali untuk melakukan olah raga ibu hamil agar saat persalinan tiba dapat berjalan dengan baik dan lancar. Namun, harus di ingat bahwa Bunda harus memastikan kalau olahraga ibu hamil yang Bunda lakukan tidak menganggu dan bukan olah raga berat yang Bunda lakukan. Sangat dianjurkan bagi Bunda untuk memilih jenis olahraga yang ringan, seperti yoga, senam, renang, atau jalan santai.

Jangan berdiri terlalu lama saat hamil

Tidak melakukan aktivitas apapun saat hamil pun ternyata mempunyai resiko besar mengalami kaki bengkak saat hamil 8 bulan. Berdiri dalam waktu yang lama juga dapat memberikan sesuatu yang negatif saat hamil memasuki trimester ketiga usia kehamilan.

kaki bengkak ibu hamil 8 bulan

Karena berat badan yang sudah sangat payah Bunda rasakan. Maka sebaiknya yang harus Bunda lakukan adalah berjalan sebentar setiap pagi hari untuk menghindari pembengkakan yang terjadi pada kaki. Karena dengan Bunda berjalan, dapat memberikan akses sirkulasi darah di sekitar area kaki. Dan dapat meminimalisir terjadinya pembengkakan pada kaki saat hamil.

Mengkonsumsi minum air putih lebih banyak

Sangat di anjurkan sekali ibu hamil harus banyak mengkonsumsi air putih. Selain agar terhindar dari dehidrasi, konsumsi air putih saat hamil juga dapat mengatasi masalah sembelit saat hamil atau susah buang air besar.

Dan lebih dari itu, konsumsi air putih saat memasuki trimester ketiga usia kehamilan juga dapat mencegah pembengkakan kaki pada ibu hamil. Dan juga, mengkonsumsi air putih yang cukup juga bisa mengurangi beberapa keluhan ibu hamil yang sering Bunda alami selama masa kehamilan.

Dengan uraian lengkap mengenai pembengkakan kaki pada ibu hamil diharapkan Bunda dapat membedakan antara pembengkakan kaki saat hamil yang berbahaya atau hanya merupakan gangguan ibu hamil yang masih dalam taham wajar yang berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dalam masa kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda. Terima kasih telah berkunjung dan salam Bunda sehat.