Hindari atau Masih Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Amankah ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi mie instan? Atau hal itu perlu Bunda hindari selama kehamilan? Memang agak susah menghindari makanan ringan yang satu ini yang merupakan makanan cepat saji yang sudah menjadi kesukaan. Kepopuleran mie instan sebagai makanan cepat saji sangatlah mudah di dapat, praktis, dan terasa gurih. Keinginan dan kepraktisan mie instan sering menjadi alternatif sebagai makanan penyela ataupun makanan ringan saat santai bersama keluarga.

Ibu Hamil Makan Mie Instan

Pada umumnya mie instan aman dikonsumsi. Ibu hamil juga boleh mengkonsumsi mie instan, dengan catatan, Bunda dapat mengendalikan frekuensi dan cara penyajian makanan instan tersebut. Jangan mengkonsumsi mie instan setiap hari, walaupun rasa ingin menikmati mie instan setiap hari, namun harus berusaha untuk membatasinya. mengkonsumsi mie instan dua minggu untuk ibu hamil akan lebih baik.

Karena makanan tersebut hanya sebuah camilan ibu hamil bukan sebagai nutrisi ibu hamil yang baik. Yang seharusnya, ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan suplemen yang banyak mengandung gizi untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan Bunda.

Kandungan mie instan yang perlu Bunda ketahui

Dalam satu porsi mie instan yang merupakan makanan ringan memang tidak begitu mengenyangkan, namun cukup lumayan untuk mengganjal perut dari rasa lapar yang mengganggu perut. Dan mungkin itulah manfaat mie instan dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan makanan yang sangat sering kita jumpai dimanapun berada, namun dari sekian banyak manfaat yang di berikan mie instan, ada juga sisi buruknya tidak hanya untuk ibu hamil, tetapi juga bagi semua yang mengkonsumsi mie instan. Dan dapat di pastikan bahwa mie instan tidak dapat dikatakan sebagai makanan dengan gizi seimbang sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil dan juga semua yang dapat menikmati mie instan dalam kehidupan sehari-hari.

Ibu Hamil Makan Mie Instan

Tahukah Bunda kandungan zat yang terkandung dalam mie instan? Dalam mie instan mengandung pati, banyak garam atau natrium dan monosodium glutamat atau yang sering kita kenal dengan sebutan MSG. dalam beberapa mie instan yang sangat banyak jenisnya memang ada yang diperkaya dengan vitamin dan mineral namun jumlahnya tidak begitu banyak.

Mie instan tidak boleh dijadikan sebagai makanan utama karena tidak cukup mengandung protein, vitamin, mineral, sayuran dan serat. Karena mie instan biasanya terasa asin, hal ini karena kandungan natriumnya yang tinggi dan apabila dikonsumsi terlalu sering dapat menyebabkan hipertensi atau darah tinggi.

Perlu menjadi catatan penting, MSG atau vetsin yang juga terkandung dalam mie instan dapat menimbulkan berbagai keluhan bagi orang biasa yang mengkonsumsinya seperti rasa mual, pusing, ganguan tidur dan gangguan lambung, apabila MSG dikonsumsi melebihi 12 gram per hari. Dan bisa dibayangkan apabila ibu hamil makan mie instan, memberikan manfaat atau malah memberikan bahaya yang berkelanjutkan bagi kesehatan ibu hamil dan janin? Sangat perlu Bunda perhatikan dalam hal ini.

Tips mengkonsumsi mie instan untuk ibu hamil

Dan berikut beberapa tips sehat ibu hamil makan mie instan, apabila Bunda tidak dapat menghindarinya sama sekali dalam mengkonsumsi mie instan, jangan gunakan bumbu mie instan sepenuhnya karena di dalamnya terdapat kandungan garam natrium, oleh karena itu gunakanlah setengahnya saja dalam satu porsi mie instan, untuk menambah kelezatan boleh menggunakan bumbu dapur sebagai tambahan untuk lebih amannya.

Ibu Hamil Makan Mie Instan

Dalam memasak mie instan sebaiknya jangan hanya merebus mie instan tersebut untuk di santap, akan tetapi tambahkan jenis makanan lain untuk menambah kenikmatan dan sebagai penambah kandungan gizi seperti telur, ayam, udang, ikan sebagai tamban protein. Dan tambahan sayuran hijau seperti sawi, bayam, seledri atau sayuran lain seperti wortel. Ketika memasak mie gunakanlah air yang banyak dan setelah matang buanglah rebusannya, dan gunakan air yang baru untuk penyajiannya. Hal ini bertujuan untuk membuang zat kimia yang ada di dalam mie instan agar konsentrasinya berkurang ataupun hilang.

Jadi, untuk kesimpulan dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan? jawabannya adalah boleh, asal Bunda dapat memperhatikan hal-hal seperti tersebut di atas. Dan menjaga selalu kontrol rutin sesuai jadwal pemeriksaan kehamilan yang sudah ketentuan untuk mengetahui kesehatan ibu hamil.

Demikan artikel ini tersaji untuk Bunda. Semoga menjadi manfaat yang berarti untuk Bunda terapkan dalam masa kehamilan Bunda. Terima kasih telah berkunjung. dan salam Bunda sehat.