Manfaat Mengonsumsi Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Tambahan nutrisi untuk ibu hamil memang wajib hukumnya untuk diberikan. Guna mendapatkan kesehatan ibu hamil yang maksimal. Kadang ibu hamil membutuhkan asupan tambahan berupa susu untuk ibu hamil. Hal ini membantu, karena kadang-kadang ibu hamil merasa mual mengkonsumsi makanan masak yang berupa sayuran ataupun bahan makanan lainnya.

Rasa mual dan muntah saat mengkonsumsi makanan untuk ibu hamil menjadikan susu sebagai alternatif tambahan nutrisi. Tak jarang pula, ibu hamil mengkonsumsi susu formula untuk ibu hamil. Sebagai sokongan penambah makanan pada masa kehamilan. Bagaimana kalau Bunda tidak biasa atau mual dengan susu formula buatan pabrik yang khusus untuk ibu hamil?.

Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Nah, susu untuk ibu hamil yang ini mungkin dapat menjadi solusi untuk Bunda yang alergi terhadap susu buatan pabrik yang notabene terbuat dari susu sapi dan campuran rasa lainnya. Susu kedelai atau sule adalah jawabannya. Sebenarnya susu kedelai sama seperti susu sapi, namun manfaat susu kedelai untuk ibu hamil juga banyak mengandung unsur nutrisi penting dalam mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Yang perlu Bunda hamil ingat adalah lebih baik konsumsi susu kedelai secukupnya saja dan jangan berlebihan. Semua hal apapun kalau berlebihan juga tidak baik. Bukan berarti Bunda sangat menyukai susu kedelai kemudain konsumsi terlalu berlebihan. Sebaiknya di hindari hal seperti itu. Hal tersebut disebabkan, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak pada pertumbuhan janin juga.

Memasuki trimester pertama usia kehamilan, janin akan semakin kokoh di dalam rahim, sehingga, sangat di anjurakn untuk ibu hamil mengetahui dengan pasti manfaat mengonsumsi susu kedelai yang sekiranya dengan jumlah yang tidak berlebuhan. Apa saja manfaat yang Bunda dapatkan dari mengonsumsi susu kedelai? Dan dampak positif apa bermanfaat bagi ibu hamil jika dikonsumsi dengan tepat dan kapan waktu yang tepat?.

Susu kedelai untuk ibu hamil ketika menginjak usia kandungan trimester kedua

Susu kedelai sangat baik di konsumsi ibu hamil pada saat trimester kedua usia kehamilan. Dan di bawah ini beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan janin. Silahkan simak uraian lengkapnya sebagai berikut.

Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

• Menjaga kesehatan ibu hamil
Kandungan zat gizi berupa vitamin dan mineral yang terkandung di dalam susu kedelai ternyata bagian yang penting bagi tubuh, terutama untuk ibu hamil. Vitamin dan mineral akan menjaga kondisi kesehatan ibu hamil agar selalu fit dalam beraktivitas sehari-hari.

• Memperkuat kekebalan tubuh ibu hamil
Apabila ibu hamil yang kurang akan kebutuhan vitamin C maka daya tubuh akan lemah. Di dalam susu kedelai terdapat nutrisi yang berupa vitamin C yang mempunyai fungsi sebagai zat yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat dalam masa kehamilan. Hal ini akan membuat ibu hamil tidak mudah jatuh sakit.

• Memerangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh
Penumpukan kolesterol jahat dapat terjadi selama masa kehamilan loh Bunda. Dalam faktanya, seorang ibu hamil tidak boleh memiliki kadar kolesterol yang tinggi kan? Di karenakan akan berdampak pada kesehatan ibu hamil itu sendiri maupun janin yang di kandungnya.

Lain halnya dengan Bunda mengonsumsi susu sapi ataupun susu formula, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dapat membantu melawan kolesterol jahat itu melalui kandungan lemak nabati yang ada di susu kedelai yang Bunda konsumsi. Selain mampu melawan kolesterol, lemak nabati yang ada dalam susu kedelai juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah. Dan juga, mengonsumsi susu kedelai selama dalam masa kehamilan dapat membantu berat badan ibu hamil selalu terjaga dan seimbang dengan ideal.

Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Manfaat susu kedelai untuk janin

• Mencerdaskan Otak janin
Di dalam susu kedelai banyak terdapat kandungan asam folat, yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Sehingga mampu dalam membantu meningkatkan kecerdasannya. Selain itu, kandungan asam folat untuk ibu hamil juga berperan penting terutama saat trimester awal kehamilan yaitu, sampai usia kandungan 12 minggu atau 3 bulan untuk pertumbuhan sel saraf janin.

• Menjaga perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan
Kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dalam susu kedelai terdapat nutrisi berupa kacang kedelai yang berkhasiat dalam menjaga fungsi mata, pertumbuhan tulang janin, dan mencegah keguguran. Kandungan protein yang terkandung di dalam susu kedelai juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin yang ada dalam kandungan.

Seberapa besar jumlah susu kedelai untuk ibu hamil dalam tahapan aman adalah sekitar 3 gelas per hari. Kemudian, susu kedelai untuk ibu hamil sebaiknya jangan ditambahkan dengan gula, serta bahan pengawet yang sering di gunakan dalam perasa atau pun pewarna makanan.

Kesimpulannya, mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil tidak dilarang karena di dalamnya memiliki banyak manfaat baik sebagai penunjang kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin. Akan tetapi, Bunda jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya. Secukupnya saja sesuai dengan apa yang telah dianjurkan oleh pihak yang berkompeten, seperti dokter ataupun ahli gizi lainnya.

Dan kesemuanya itu kembali lagi terhadap kondisi ibu hamil itu sendiri. Jika ketika mengonsumsi susu kedelai timbul reaksi alergi yang Bunda rasakan, segera hentikan dalam konsumsiny, dan konsultasilah dengan dokter hal tersebut. Demikian ulasan mengenai susu kedelai untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Dan salam Bunda sehat.