Kecukupan Nutrisi Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Yang Wajib Diketahui

Dalam masa kehamilan dan masa menyusui Bunda harus sadar bahwa Bunda tidaklah mengonsumsi makanan untuk dirinya sendiri. Namun ada calon buah hati atau buah hati Bunda yang harus Bunda perhatikan dengan seksama. Ibu menyusui biasanya tidak perlu melakukan perubahan kepada jadwal atau jumlah gizi makanan ketika sedang menyusui. Satu hal yang penting, makanan ibu menyusui harus mampu memberikan nutrisi yang cukup, baik untuk ibu sendiri maupun untuk bayinya.

ibu menyusui

Mungkin ibu menyusui lebih cepat merasakan lapar di bandingkan dengan ibu hamil. Karena dapat setiap saat di sedot oleh si bayi untuk mencukupi kebutuhan ASI bayi yang mungkin kebetulan bayi Bunda merupakan bayi yang aktif dalam mengonsumsi ASI. Nah, dalam hal ini dari pada Bunda bolak-balik musti makan setelah menyusui, sebaiknya simak seberapa besar kecukupan nutrisi yang harus Bunda konsumsi bersama bayi yang sedang gemar sekali mengonsumsi ASI Bunda.

Kebutuhan gizi ibu menyusui lebih besar dari ibu hamil

Dalam kenyataannya memang kebutuhan gizi ibu menyusui sangatlah berbeda jauh dengan wanita yang tidak menyusui. Oleh sebab itu, tingkat nutrisi yang dibutuhkan tentu saja juga berbeda-beda. Kebutuhan akan kalori untuk ibu menyusui normal adalah 500 kalori lebih banyak dari wanita yang tidak menyusui.

Dalam memperhitungkan kebutuhan kalori untuk ibu menyususi sepertinya tidak ada ada tepatnya sebab tiap orang normalpun akan berbeda dalam hal ini. Kebutuhan akan makanan ibu menyusui sangat dipengaruhi oleh beraneka faktor dari kondisi ibu menyusui itu sendiri. Hal yang perlu di perhatikan setiap ibu menyusui adalah banyaknya aktivitas, metabolisme tubuh, dan frekuensi menyusui. Tentunya akan berkaitan dengan tingkat keaktifan bayi Bunda juga.

Dalam masa ibu menyusui, Bunda sangat dianjurkan mongonsumsi vitamin dan mineral yang lebih banyak daripada biasanya. Agar mencukupi kebutuhan antara ibu dan bayinya dapat tercukupi dengan baik. Bagaimana dalam mendapatkannya? Sangat dipastikan makanan ibu menyusui yang dikonsumsi haruslah berimbang. Makanan yang berimbang juga dapat memperkaya gizi air susu yang di hasilkan, semuanya akan memberikan kecukupan nutrisi vitamin dan mineral untuk ibu menyusui dan bayi.

Ibu menyusui juga sangat di anjurkan sekali untuk mengonsumsi air putih. Supaya kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi. Walaupun jumlah asupan minum air tidak memengaruhi suplai ASI untuk bayi Bunda, hal ini merupakan upaya mencukupi cairan sangat penting pada masa menyusui. Dan mempunyai tujuan agar tubuh dari dehidrasi saat menyusui dan membuat ASI menjadi lancar.

Sebaiknya mencoba tips makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui berikut ini

Lalu, menu makanan ibu menyusui seperti apa yang ideal, yang harus Bunda konsumsi dalam kesehariannnya? Dan di bawah ini adalah berapa tips makanan ibu menyusui yang baik untuk Bunda dapat jadikan referensi menu makanan sehat untuk ibu menyusui untuk mencukupi kebutuhan Bunda dan bayinya tentunya.

beras merah makanan sehat untuk ibu menyusui

Kebutuhan karbohidrat dapat terpenuhi selama masa menyusui

Ibu menyusui sangat membutuhkan kandungan makanan ibu menyusui yang satu ini. karena karbohidrat sendiri adalah bahan makanan yang banyak mengandung kalori. Bahan makanan tersebut Bunda bisa didapat dari nasi, kentang, roti dan sebagainya. Agar tidak semata-mata karbohidrat saja yang masuk ke dalam tubuh, dapat juga sesekali diganti dengan makanan berbahan gandum utuh yang lebih kaya serat yang bagus untuk pencernaan.

Bahan makanan jenis ini juga banyak sekali manfaatnya untuk ibu menyusui. Salah satu yang Bunda harus tahu adalah memiliki kandungan asam folat yang memberikan manfaat yang sangat baik bagi ibu dan bayi. Sebagai contoh lain adalah nasi merah, menu makanan ibu menyusui tersebut sangat baik dijadikan alternatif dari nasi biasa karena mampu menyediakan kalori untuk produksi ASI berkualitas baik.

Cukupi kebutuhan protein Bunda saat menyusui

Makanan ibu menyusui harus lah dijaga dengan benar. Protein sangat di butuhkan sekali saat masa menyusui. Darimanakah Bunda dapatkan makanan ibu menyusui ini? Ya, sangat tersedia di sekitar kita, ikan merupakan salah satu contohnya. Makanan ibu menyusui ini sangat baik karena banyak mengandung vitamin D yang mempunyai peran penting untuk pembentuk tulang bayi Bunda.

ikan makanan sehat untuk ibu menyusui

Sedangkan kebutuhan untuk kandungan DHA, sebagai contoh makanannya dalah telur. Karena dalam telur sangat diperkaya dengan DHA yang dapat membantu membuat kecerdasan otak bayi. Dalam telur juga mempunyai kandungan asam lemak esensial yang lebih tinggi yang baik untuk bayi.

Buah dan sayuran untuk ibu menyusui

Daun katu bukan sekedar mitos untuk ibu menyusui. Jenis sayuran ini ternyata benar-benar baik di konsumsi sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui untuk memperlancar ASI. Dan jangan lupa untuk konsumsi buah dan sayuran lainnya saat masa menyusui yang mempunyai peranan penting pada masa tersebut.

buah dan sayur makanan sehat untuk  ibu menyusui

Kebutuhan serat dalam kandungan buah dan sayuran sangat baik bagi sistem pencernaan ibu menyusui. Susah buang air besar pada saat hamil juga dapat melanda ibu menyusui, jadi mengonsumsi buah dan sayuran saat masa menyusui juga sangat di butuhkan. Susah buang air besar merupakan keluhan yang paling umum terjadi pasca melahirkan bisa diatasi dengan konsumsi buah dan sayuran.

Selain dengan mengetahui apa saja makanan untuk ibu menyusui yang direkomendasikan dan boleh untuk Bunda konsumsi, Bunda juga harus mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari saat dalam masa menyusui. Makanan ibu menyusui yang harus di hindari di antaranya adalah merokok, minuman keras, meminum bahan makanan berupa kafein yang berlebih, dan satu lagi adalah ikan asin yang banyak mengandung unsur merkuri di dalamnya, sebaiknya semua makanan ibu menyusui di atas sebaiknya sangat dihindari.

Demikian ulasan menarik mengenai makanan sehat untuk ibu menyusui yang perlu Bunda ketahui. Semoga dengan membaca artikel ini Bunda dapat lebih nyaman dan aman dalam menjalani masa menyusui dengan informasi yang Bunda dapatkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Dan salam Bunda sehat.