Siapkah Bunda Dengan Perubahan Fisik Ibu Hamil Pada Setiap Semester Usia Kehamilan?

Perubahan-perubahan besar yang terjadi selama masa kehamilan sangatlah beranekaragam. Bahkan dapat sebuah keluhan ibu hamil yang begitu besar artinya untuk Bunda. Hal ini terlihat bukan hanya pada secara fisik saja yang terlihat gendut dan membesar pada tubuh, namun secara emosional pun dapat berubah-ubah.

Dalam sebuah ruang konsultasi dokter, Bunda pernah mendapatkan pertanyaan seorang ibu hamil pada masa trimester pertama usia kehamilan, tepatnya pada kehamilan 3 bulan. “Kenapa pusing saya gak hilang-hilang ya Dok? Dan susah banget untuk makan, padahal perut saya merasakan lapar sekali? Demikian keluh ibu hamil tersebut. Dan sang Dokter menjawab dengan senyum ramah, “Malah bagus to Bu? Jawaban yang membuat ibu hamil tersebut tambah gak karuan karena masih merasakan pusing saat itu.

perubahan fisik ibu hamil usia 1 sampai 9 bulan

Tentu sangat wajar Bu, hal tersebut menimpa ibu saat ini, dan saya yakin ini kehamilan pertama ibu” imbuh sang Dokter untuk menenangkan ibu itu. “Namun berkaitan dengan nafsu makan yang berkurang ibu saat ini, sebaiknya ibu konsumsi makanan ibu hamil yang ibu sukai, dan ingat, jangan sampai makanan tersebut merupakan makanan yang di larang untuk ibu hamil, tidak ada pantangan kok” lanjut dokter memberi motivasi.

Wanita hamil akan sangat besar terjadi perubahan pada hormon progesteron jadi meningkat, sehingga sel-sel badan pada wanita hamil cenderung menjadi tidak stabil. Karena itu pada ibu hamil akan terlihat lebih tambun atau gemuk dibandingkan biasanya. Karena pengaruh hormon itulah, cairan yang di dalam intravaskuler akan keluar, sehingga membuat ibu hamil jadi sering pusing, ususnya kembung, cairan pada alat vitalnya bertambah banyak dibandingkan dengan biasanya.

Untuk lebih gamblangnya lagi mari kita simak ulasan mengenai perubahan fisik ibu hamil selama dalam setiap trimester usia kehamilan. Karena begitu masa kehamilan terjadi pada Bunda, maka tubuh pun akan mengalami banyak perubahan dalam rangka membantu pertumbuhan calon buah hati. Dengan begitu, apa saja perubahan yang terjadi selama 9 bulan kehamilan itu. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Perubahan ibu hamil pada trimester pertama usia kehamilan

Pada trimester pertama usia kehamilan yaitu pada umur kehamilan 1 sampai 3 bulan merupakan masa yang paling sering mengalami masalah keluhan ibu hamil. Dari yang ringan dan sederhana sampai yang membuat Bunda bingung bukan kepalang dalam mengatasinya. Apa saja kah perubahan ibu hamil dalam trimester pertama?

morning sickness atau mual saat hamil

Mual dan muntah ibu hamil atau morning sickness
Keluhan ibu hamil atau dapat dikatakan perubahan ibu hamil pada trimester awal kehamilan ini sangat sesuai dengan namanya, dikarenakan keluhan ibu hamil ini paling sering terjadi pada waktu pagi hari. Keluhan yang berupa pusing kepala, mual sampai muntah bisa sangat kerap terjadi. Jangan kaget ya Bunda, hal ini disebabkan karena gangguan metabolisme pada tubuh saja. Dan cara sederhana dalam mengatasi morning sickness adalah dengan minum air putih setelah bangun tidur atau air teh yang hangat.

Perubahan yang terjadi di area alat vital
Perubahan fisik ibu hamil yang satu ini sangat lazim terjadi saat wanita hamil. Bertambahnya cairan dalam tubuh Bunda akan berpengaruh juga pada alat kewanitaan Bunda yang akan semakin basah. Tidak hanya itu, pembuluh darah pun makin banyak sehingga vagina dan vulva akan tampak semakin kemerah-merahan.

Gangguan pada pencernaan
Gangguan pencernaan pada saat hamil memang sangat mengganggu. Keadaan perut yang semakin membesar menyebabkan perut akan terasa kembung dan begah, juga akan terasa nyeri di perut bagian bawah saat memasuki usia kehamilan 12 minggu. Yang perlu Bunda ketahui, pada saat itu semua pengikat rahim akan terasa seperti ketarik, sehingga terasa nyeri dan pegal-pegal akan Bunda rasakan pada masa usia kehamilan ini.

Susah buang air kecil dan besar
Semakin membesarnya kandungan Bunda maka akan semakin nyata perubahan yang akan terjadi pada area ini. Pada saluran kencing dan saluran buang air besar akan semakin lama semakin tertekan oleh rahim yang mulai membesar. Jadi, jangan heran apabila Bunda pun akan semakin sering kencing dan mengalami gangguan buang air besar. Kenapa demikian? Dikarenakan pada usia kehamilan 12 sampai 14 minggu rahim akan keluar dari rongga panggul, namun jangan khawatir keluhan atau perubahan ibu hamil yang satu ini akan hilang dengan sendirinya.

Perubahan ibu hamil pada trimester kedua usia kehamilan

Menaiknya berat badan ibu hamil merupakan ciri yang khusus dan perlu Bunda perhatikan dalam perubahan fisik pada trimester kedua usia kehamilan. Usia kehamilan pada trimester kedua adalah 4 sampai 6 bulan. Dan perubahan apa saja kah yang biasanya terjadi dalam masa kehamilan tersebut?

pergerakan janin umur 18 minggu

Gerakan janin
Menginjak usia kehamilan 16 sampai 18 minggu ibu hamil akan mulai dapat merasakan gerakan janin. Terlebih lagi apabila kehamilan tersebut merupakan kehamilan pertama Bunda. Maka, pergerakan janin dalam kandungan akan terlihat sangat kerap terjadi. Bukan berarti untuk kehamilan kedua dan selanjutkan tidak merasakan hal ini ya Bunda. Namun, terasa sangat perubahan yang terjadi apabila hal ini yang menjadi yang pertama Bunda rasakan.

Pertambahan berat badan
Berat badan ibu hamil saat usia kehamilan minggu ke 17 akan mengalami kenaikan satu kilogram tiap bulannya. Rasa mual dan ingin muntah akan hilang pada usia kehamilan tersebut. Dan setelah memasuki bulan ke 6 usia kehamilan berat badan ibu hamil yang ideal akan naik sampai 2 kilogram setiap bulannya.

trimester kedua usia kehamilan

Dan perlu menjadi catatan penting untuk Bunda bahwa berat badan ibu hamil ideal mengalami peningkatan setiap bulannya. Memasuki usia kehamilan lima bulan sampai trimester ketiga minimal berat badan ibu hamil mengalami penambahan seberat satu kilogram.

Terjadi perubahan pada payudara
Perubahan payudara ibu hamil menginjak trimester kedua usia kehamilan akan semakin membesar yang disertai rasa nyeri. Hal ini disebabkan karena adanya timbunan air dan garam yang mendesak saraf sensoris pada ibu hamil. Pembuluh darah semakin terlihat dengan perubahan warna hitam di daerah aerola pada payudara Bunda. Selain itu, puting payudara akan semakin menonjol kedepan. Dan sangat disarankan ibu hamil pada trimester kedua usia kehamilan ini untuk menggunakan bra yang khusus untuk ibu hamil.

Pembengkakan pada kaki
Perubahan yang selanjutnya adalah pembengkakan pada kaki dan juga sangat cepat merasakan lelah, hal ini terjadi setelah usia kehamilan 20 minggu. Kenapa begitu, hal ini akibat tertekannya pembuluh darah oleh pembesaran rahim yang semakin membesar. Dimana tekanan tersebut memperlambat peredaran darah pada kaki ibu hamil.

Posisi berdiri atau duduk yang terlalu lama menjadi faktor utama perubahan ibu hamil yang satu ini. Untuk merileksasikan kaki yang dalam posisi berdiri atau duduk terlalu lama dapat diatasi saat tidur posisi kaki lebih tinggi dari tubuh Bunda.

Ibu hamil merasa nyeri di sekitar area perut
Sudah sangat pasti terjadi untuk perubahan ibu hamil yang satu ini. Rasa nyeri pada bagian perut bagian bawah kerap terjadi pada trimester kedua usia kehamilan. Keadaan rahim ibu hamil yang semakin lama semakin membesar membuat otot yang menahan rahim supaya tetap tegak akan semakin teregang. Yang mengakibatkan timbul rasa nyeri yang kian menjadi atau memburuk kalau Bunda bergerak atau bergeser dari posisi nyaman Bunda. Untuk mengatasinya adalah dengan istirahat yang cukup untuk menghilangkan rasa nyeri yang setiap saat bisa menyerang Bunda pada usia kehamilan ini.

Perubahan ibu hamil pada trimester ketiga usia kehamilan

Mendekati masa persalinan perubahan fisik yang besar di trimester ketiga atau terakhir usia kehamilan adalah adalah pembengkakan pada kaki ibu hamil. Hiperpigmentasi yang terjadi di daerah perut, serta alat kewanitaan Bunda yang serasa ambrol karena adanya kepala calon buah hati yang menekan pada daerah tersebut. Dan beberapa perubahan ibu hamil saat trimester ketiga lainnya adalah sebagai berikut:

Rasa sakit di area punggung sampai pinggang saat hamil

Rasa sakit di area punggung sampai pinggang
Inilah salah satu kehebatan wanita Bunda, saat hamil memasuki masa persalinan atau trimester ketiga usia kehamilan badan ibu hamil bagian belakang dari punggung sampai pinggang rasanya mau patah. Sakit nyeri yang tidak terkira. Namun, kembali lagi semuanya demi si calon buah hati yang Bunda dan keluarga idam-idamkan, dan dukungan dari keluarga, ini semua akan di jalani dengan penuh suka cita.

Kandungan yang semakin membesar menginjak masa persalinan akan mengubah pusat gravitasi dan meregangkan otot perut, sehingga menyebabkan punggung dan pinggang pun terasa sakit dan pegal-pegal yang sangat dan sangat mengganggu aktivitas Bunda. Sangat tidak di sarankan untuk ibu hamil pada masa ini untuk mengangkat beban yang berat dalam kesehariannya.

Susah bernafas
Perubahan wajar dan normal terjadi selanjutnya salah susah bernafat. Hal ini biasa terjadi pada masa akhir kehamilan. Tertekannya diafragma oleh rahim yang makin membesar merupakan faktor utama terjadinya hal ini. Pada usia kehamilan setelah di atas 32 minggu usia kehamilan.

Terlepas dari perubahan itu juga, keseimbangan hormon yang tidak stabil dalam tubuh menyebabkan peningkatan pada kecepatan pernafasan. Faktor ini juga yang membuat ibu hamil susah bernafas lebih dalam dan pendek. Namun jangan khawatir, karena perubahan ibu hamil ini akan mulai mereda setelah memasuki bulan kesembilan, setelah bayi mulai mapan pada tempatnya, istilah umumnya.

Demikian uraian mengenai perubahan ibu hamil pada setiap trimester usia kehamilan. Semoga dengan wacana tersebut kehamilan Bunda dapat terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat untuk Bunda terapkan dan terima kasih telah berkunjung. Dan salam Bunda sehat dengan rajin konsultasi ke dokter sesuai jadwal ya Bunda.